Pendidikan Kimia UPI (Izza)

Halo! Kenalin aku Izza Nabilatunnisa dari Pendidikan Kimia UPI angkatan 2017. Simak yuk intipers! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Kimia UPI?

Bamyak yang ngira kalau kimia itu bahaya dan katanya kita diajarin bikin bom. Itu sama sekali gak bener ya. Kimia itu sebenernya deket dengan kita karena pakaian yang kita pake itu kimia, plastik itu juga kimia.

Sebenernya pendidikan kimia gak jauh dari kimia murni sih. Belajar tentang struktur, komposisi, sifat zat, perubahan serta energinya. Tapi kita di sini ada tambahannya lagi karena kita pendidikan jadi ada matkul dasar kependidikan dan mata kuliah untuk keprofesian kita nanti.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya kayanya sama aja sih ya presentasi, tugas kelompok. Tapi di kita itu ada jurnal. Jurnal ini dibuat sebelum praktikum untuk jadi penuntun kita pas praktikum biar gak bingung, terus udah tau dasar teorinya, makenya kaya gimana gitu. Karena kita pendidikan jadi ada juga tugas analisis RPP.

Apa mata kuliah Pendidikan Kimia UPI dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit ku itu strategi belajar mengajar, kita belajar cara mengajar yang baik, ada yang namanya microteaching dan itu yang paling berkesan. Dosen favoritku itu Bu Elin karena beliau itu kreatif dan cara mengajarnya keren banget!

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Kalau aku pribadi ada satu matkul yang jadi tantangan itu Kimia Fisik karena berlanjut Kimia Fisik 1 sampai 3. Itu jadi sulit, buat lulus aja susah banget.

Prospek kerja Pendidikan Kimia UPI / alumni kerja dimana aja?

Alumninya karena ini jurusan pendidikan banyak yang kerja jadi guru atau dosen. Tapi ada juga yang kerja jadi ilmuwan atau kerja di perusahaan.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Sebenernya kaya tagline kimia aja ya “Kimia Kuat Kuat”. Jadi kita menjalaninya harus kuat kuat. Kita juga kan ada praktikum itu yang bisa nyampe 3 jam dan itu berdiri. Jadi harus kuat aja sih dan banyak belajar.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana kedepannya sih ingin lulus tepat waktu. Kalau udah lulus aku antara lanjut S2, atau PPG karena kalau jadi guru kan harus ikut program profesi ya. Aku juga pengen kerja pastinya. Impian terbesar aku sih lanjut di luar negeri.

Kode Konten: Y169

Komen dibawah! 5

  1. Mila

    Kk masuk universitas UPI melalui jalur apa ka? Oiya untuk praktikum kimia sendiri memerlukan biaya yg banyak gak ka?

    • nabilatunnisa

      Halo Mila! Saya masuk tahun 2017 melalui SBMPTN. Untuk praktikumnya sendiri tidak ada biaya ya, untuk PTN dengan jalur masuk SBMPTN&SNMPTN, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan UKT. UKT ini adalah beban biaya yang harus dibayarkan setiap mahasiswa ditiap semesternya.

  2. naa

    hai kak! taun depan aku akan mengikuti sbmptn. aku orang bandung. tetapi aku masih bingung untuk menentukan pilihan 1 dan pilihan 2. antara kimia unpad dan kimia upi. kira2 saran kakak bagaimana ya? oiya, kalau ambil jurusan kimia apa harus paham betul bahasa inggris? terima kasih kak^^

    • nabilatunnisa

      Halo! Sejujurnya bingung kalo ditanya urutan pilihan, mungkin kamu bisa cek dulu tahun sebelumnya gimana keketatan dari 2 kampus tersebut. Misal di unpad lebih ketat, kamu bisa memasukkannya ke pilihan pertama. Selain itu, mungkin kamu juga harus melakukan analisis swot seperti, apa kelebihan dan kekurangannya jika aku masuk ke kampus tersebut. Misal lebih banyak kelebihan di upi, kamu bisa milih upi di pilihan pertama. Tentunya, ini hanya saran terbatas dari aku ya. Semoga itu dapat membantu mengatasi kebingungan kamu, semangat!?

    • nabilatunnisa

      Untuk pemahaman bahasa inggris, mungkin itu diperlukan, mengingat bahan-bahan kuliah rata-rata diambil dari textbook dari bahasa inggris. Tidak perlu khawatir, pasti bisa untuk mengikutinya kok! Bahasa inggris nya masih mudah dipahami, kalo kamu memerhatikan dosen ketika menjelaskan. Itu berdasarkan pengalaman aku yaa! hehehe..

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *