Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan luar biasa PGRI Yogyakarta (Dahlan)

Pendidikan luar biasa PGRI Yogyakarta (Dahlan)

Halo sobat intipers! Aku Muliana Dahlan dari Pendidikan luar biasa PGRI Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan luar biasa PGRI Yogyakarta seperti apa?

Pendidikan luar biasa belum familiar di Indonesia sendiri soalnya baru ada beberapa di Universitasnya. Nah pendidikan luar biasana ini jurusan yang mempelajari tentang anak berkebutuhan khsusu, misalnya yang punya gangguan pendengaran, penglihatan, nah itu yang kami pelajari di Pendidikan Luar Biasa atau yang biasa di singkat PLB. Selain menjadi guru di SLB, ada juga kalo ikut beberapa training bisa jadi juru bahasa isyarat atau bisa jadi dosen juga kalo mau ngambil tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan luar biasa PGRI Yogyakarta?

Sebelumnya saya ga tau bakal ada jurusan yang mempelajari anak berkebutuhan khusus, karena kalo di masyarakat sendiri, anak berkebutuhan khusus dianggap anak yang menjadi beban, setelah lulus SMA saya bingung mau lanjut jurusan apa, karena untuk masuk dunia perkuliahan kan sama sekali ga ada kenalan, akhirnya di sarani sodara gimana kalo masuk PLB, saya bilang ga dulu, saya mau kerja, dan kebetulan di tempat kerja saya itu berdampingan sama satu yayasan yang ngurus anak berkebutuhan khusus, jadi kaya gini dan kayanya seru masuk dunia mereka, lebih pengen bantu mereka. Awalnya ngerasa berat, ternyata stigma orang tentang anak luar biasa salah, anak-anaknya hebat-hebat, mau belajar, pekerja keras, keingintahuannya tinggi banget, jadi kalo kita mancing dengan materi apa, mereka semangat banget, bukan hanya mereka belajar dari kita, tapi kita juga belajar dari mereka semangatnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semester 1 ada tugas khasnya kami ke semua sekolah SLB di Jogja, kami menjelajahi satu-satu, turun ke sekolahnya, terus perhatikan gimana cara guru belajar, interaksi mereka gimana, interaksi sama guru gimana. Kuliah khsusu itu kita belajar cara membaca dan menulis brielle, itu untuk anak tuna netra, terus belajar bahasa isyarat. Seminggu ini kami ada PLP, kebetulan pandemi jadi kami cuma memperhatikan mereka lewat online.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Belum di terapkan karena kami baru semester 4, tapi semester 6 itu kayanya ada khusus belajar ketuna netraan, ketuna runguan. Untuk mengambil mata kuliah sudah di tentukan oleh jurusannya. Saya berencana mengambil ketunarunguan untuk anak-anak yang mengalami permasalahan pada pendengaran. Alasannya prospek kerjanya tinggi, kaya sekarang juru bahasa isyarat di Indonesia masih kurang, terus yang kedua menarik, mereka suka modeling, bakat mereka membuat kita tentang pembelajaran di kelas seperti ini, bahasa isyarat kaya gini dan banyak lagi. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 4 jalur, SNMPTN, SBMPTN, mandiri, prestasi dan undangan. Untuk jalur mandiri dari bulan 4 sampai bulan 8, kalo jalur undangan biasanya untuk anak-anak yang memang waktu pengenalan mengikuti jalur undangan. Terus jalur prestasi untuk anak-anak kebutuhan khsusus yang berprestasi, kaya mereka juara dari kabupaten, provinsi, nasioanl, mereka tinggal mengajukan sertifikatnya, nanti langsung di wawancara oleh kepala program jurusan. Bisa langsung ke instgramnya atau google.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan luar biasa PGRI Yogyakarta?

Awalnya berat untuk menyesuaikan diri dengan anak berkebutuhan khsusu, apalagi kebutuhan mereka itu beda-beda, saran dari saya jangan menyerah dulu, karena merkea itu anak-anak yang mau belajar, punya semangat yang tinggi, selain kita belajar, kita bisa membantu mereka untuk bersosialisasi.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kebetulan kami angkatan ke 2, baru di resmikan 2018 kemarin, untuk di prospek kerjanya ada di teman kelas saya, ada yang udah jadi guru SLB, jadi bisa kuliah sambil mengajar, kalo lulus kebetulan jurusan kami ada beberapa mitra untuk bisa bekerja sama, kedepannya bisa punya pengalaman untuk daftar guru PNS. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalo rencana pengen lanjut ke jenjang yang lebih tinggi kalo ada rezeki, untuk kedepannya semoga PLB akreditasinya bisa meningkat. Supaya lulusan di Indonesia punya daya saing yg lebih tinggi dari negara kita.

Kode konten: C497

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *