Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar (Aziz)

Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar (Aziz)

Assalamualaikum wr.wb. Haiiii!

Kenalin namaku Siti Nurazizah teman kuliahku manggil aku Zizah tapi teman TK, SD, SMP, sampai SMA panggil aku Dija. Hal ini karena nama panggilan aku dirumah konon katanya dulu kakekku ingin memberikan nama kepada saya cucunya “Siti khadijah” tapi ibuku telah menyiapkan nama untukku ketika aku baru lahir. Jadi untuk ngehargain kakekku alhasil aku diberi nama panggilan Dija, rada-rada nggak nyambung dari nama lengkap ku memang!  Saat ini aku menempuh  perkuliahan di Universitas Negeri Makassar fakultas ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Apa yang diperlajari di Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar?

Banyak orang yang belum lumrah mengenal jurusan ku ini, bahkan ketika ditanya kamu kuliah jurusan apa? Aku jawab pendidikan luar biasa!  Mereka pada umumnya langsung spontan ahhh…  Jurusan apa itu?  Aku jelasin lah kalau PLB itu jurusan yang nantinya akan mengajar anak2 yang berkebutuhan khusus. Btw jurusan pendidikan luar biasa ini cuman ada di kampus Universitas Negeri Makassar dan se sulawesi selatan nggak ada. Aplause!!!!!

Aku sendiri kenal dengan jurusan ini pas kelas 3 SMA. Ada salah satu sepupu yang merekomendasikan karena temannya itu ambil jurusan tersebut dan katanya bagus dan besar peluangnya. Aku pun tidak tinggal diam langsung searching dan nonton youtube mengenai jurusan tersebut. Alhasil aku terpukau dengan jurusan ini dan menjadi pilihan utamaku pas daftar SBMPTN.

Stigma orang awam mengenai jurusanku masih menganggap bahwa nantinya aku akan mengajar orang yang bodoh-bodoh. But it’s not, kalian salah. Anak berkebutuhan khusus bukan hanya mereka yang mempunyai intelektual dibawa rata-rata. Banyak anak yang berprestasi tapi mungkin memiliki hambatan baik itu dari segi fisik maupun motoriknya.

schooters

Mata kuliah di Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar

Mengenai mata kuliah sebenarnya ada banyak. Kita juga belajar mata kuliah umum seperti bahasa indonesia, inggris, agama, pkn. Ada juga mata kuliah pas awal-awal masuk seperti pengantar pendidikan khusus, belajar dan pembelajaran, psikologi anak berkebutuhan khusus dll. Kita juga belajar spesialis anak berkebutuhan khusus yakni pendidikan Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, Tunalaras, Anak berkesulitas belajar, dan Anak berbakat. Pada mata kuliah tersebut kita mempelajari banyak hal terutama mengetahui penyebab, karakteristik, dan penaganannya. Banyak hal yang bikin kalian akan takjub dan sembari mengangguk-angguk dan jauh lebih bersyukur ketika belajar mata kuliah tersebut.

Nah mengenai mata kuliah yang paling berkesan buat saya yaitu mata kuliah Tunarungu karena kita harus mempelajari bahasa isyarat ketika berkumunikasi nantinya dengan teman tuli nantinya jika berkunjung ke sekolah luar biasa, saya sangat exited ketika pkkmb fakultas ada senior yang memandu indonesian raya dengan bahasa isyarat karena kebetulan ada teman Tunarungu yang juga menjadi  Mahasiswa baru, it’s amazing!!!  keren sekali aku tak henti-hentinya memandangi sampai tak terasa lagunya sudah selesai. Dan ketika anjangsana atau berkunjung ke SLB kami ada bekal setelah pelatihan sedikit bahasa isyarat sehingga mampu memperkenalkan nama ke teman-teman tunarungu I’am so happy and very antusias untuk berkunjung lagi ke SLB-SLB lain bahkan ke luar daerah Makassar it’s my dream someday.

Tips-tips untuk Maba 

Untuk mahasiswa baru nantinya kalian nggak boleh lelah akan tugas-tugas yang diberikan Dosen dan ingat jangan budayakan sistem kebut semalam, karena hasilnya pasti tidak maksimal. Dan ketika kalian kuliah akan ada banyak kegiata-kegiatan di Himpunan ikuti saja karena akan mejadi sebuah pengalaman tapi kuliah tetap number one, jika diberi tugas observasi ke SLB jangan jadikan beban tapi jalanilah pasti akan berlalu.

Prospek Kerja

Mengenai Prospek kerja, atau kita sebagai alumni nantinya, pasti akan mengabdi di sekolah-sekolah tempat anak berkebutuhan khusus dengan sebidang prestasi, jangan khawatir pemerintah akan jauh lebih memerhatikan gaji guru PLB mengingat betapa sabar dan kuatnya mentalnya dalam mendidik anak-anak tersebut yang tidak sama dengan anak-anak yang bersekolah di sekolah reguler.

Harapan saya setelah lulus

Harapan saya setelah lulus, yang pastinya ingin memanfaatkan ilmu yang telah saya peroleh, dengan menjadi seorang Guru untuk mendidik ABK, mengingat Sarjana (S1) yang kujalani saat ini sebagai Mahasiswa beasiswa Bidikmisi, jika masih ada kesempatan untuk melanjutkan Magister (S2) nantinya dengan beasiswa why not? walaupun bukan hal yang mudah pastinya.

“Always grateful,  berikan yang terbaik pada bidang yang kamu lakoni and never give up ingatlah akan 2 hal saat kamu berada pada titik nyerah, pertama ingat bagaimana susahnya kamu memulai, dan wajah orangtuamu, kedua ingat siapa yang akan menertawakanmu jika kau gagal”.

Kode Konten: X111

Komen dibawah! 14

  1. Afanin Aftawandani

    Halo kak, saya mau tanya nih apakah ada materi khusus yang diujikan untuk bisa masuk Pendidikan Luar Biasa?. Apakah ada tes wawancara dan tes bakat atau yg lainnya?

    • sitinurazizah

      Hai.. Afanin kalau pengalaman saya sih nggak ada materi khusus di ujikan untuk masuk jurusan PLB notabennya sama tes masuk PTN pada umumnya nantilah pas udah keterima di ruang lingkup PLB barulah kita diajarkan materi-materi yang berkaitan dengan ke PLB-an

  2. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Pendidikan Khusus UPI (Adinda)

    […] Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar (Aziz) […]

  3. Utisukmawati

    Kak sya mau nsnya soal apa saja sih yang akan keluar pas ujian tesnx nanti apa soalnx dulit apa gimana

    • sitinurazizah

      Mengenai soal pas ujiannya sudah pasti sulit yah karena ini tes masuk perguruan tinggi pasti level soalnya high quality jadi belajarnya harus lebih ekstra yahh semangat!

    • sitinurazizah

      Tentunya pasti SULIT pertanyaan ini sempat ada yang mempertanyakan juga saya katakan lagi bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh maka jalur untuk memasukinya juga semakin sulit apalagi PTN dengan belasan hingga puluhan ribu pendaftar berjuang untuk masuk kampus Negeri yang di idamkan. Sesuai pengalaman saya waktu itu tes nya ada saintek dan soshum saya pilih keduanya dari saintek sendiri itu ada soal matematika,kimia,fisika,biologi,bahasa indonesia,dan bahasa inggris sedangkan soshum ada sosiologi,sejarah,bahasa indonesia,dan bahasa inggris jadi umumnya sama tes masuk untuk PTN pada umumnya tes ini berlaku untuk yang daftar jalur SBMPTN yah mengenai soalnya kalian bisa browsing di internet soal2 masuk PTN walaupun belum tentu itu yang masuk lagi sebagai soal minimal ada latihan untuk bisa mengerjakan soal-soal yang sulit yang jelas jangan lelah untuk belajar enjoy at the procces..

  4. dian tamara

    kak mau nanya, biaya kuliah jurusan PLB berapa ya?

    • sitinurazizah

      Kalau masalah biaya kuliah dijurusan PLB kalau di PTN sendiri itu beragam sesuai dengan berkas-berkas yang dikumpulkan disitu akan ditinjau bagaimana kesanggupan Mahasiswa dalam hal membayar ukt intinya jika tergolong mahasiswa yang orang tuanya mampu apalagi punya jabatan atau pekerjaan yang layak maka akan semakin tinggi uktnya begitupun sebaliknya jika tergolong mahasiswa yang tidak mampu maka akan dikenakan ukt 1 yang paling rendah yakni nominalnya Rp.500.000 nah saya hampir lupa kalau lulusnya itu pada jalur Mandiri maka ukt nya pasti mentok di Rp.4000.000 dan itu sudah ketetapan karena kan namanya jalur Mandiri tidak ada subsidi dari pemerintah begitu sisitemnya sepengalaman saya kuliah selama ini, Tapi jangan khawatir ada banyak beasiswa yang bisa kalian daftar sehingga kuliahnya gratis dan dapat uang saku intinya gercep untuk cari-cari informasi tentang beasiswa SEMANGAT!!!

  5. Dila Tiva Amanda

    Kak kalau plb ini, yang dipelajari Soshum / saintek kak?

  6. Bbok

    Kak bisa gak ya sn mipa pilih jurusan ini

  7. Zalfa

    hai ka, skrg aku kls 11sma jurusan ipa
    apa tetep bisa kalau mau lanjut ke plb? sbm nya hanya soshum atau campuran?

  8. Ika Fitriani

    Hii… sekolah kami adalah sekolah inklusif yang selalu membutuhkan lulusan PLB setiap semesternya. Jika teman-teman berkenan bisa email kami di cendekiaberseri@gmail.com
    terimkasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *