Pendidikan Luar Biasa, Universitas PGRI Yogyakarta

Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Yogyakarta (Satya)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Satya Zuhdialfi dari Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Yogyakarta angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Yogyakarta?

Jurusan ini lebih menekankan pendidik untuk mengajari anak berkebutuhan khusus. Kadang orang cenderungnya paham PLB itu SLB, PLB itu pendidikannya sedangkan SLB itu lembaga dimana kami nanti akan mendidik.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Luar Biasa?

Boleh dibilang sebetulnya menuruti kata hati sih. Dulu aku pengennya Sejarah atau Hubungan Internasional yang sesuai dengan hobi aku. Tapi keprihatinan mengenai kurangnya guru SLB yang tersedia, lama kelamaan aku tertarik mendaftar diprodi ini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Pendidikan Luar Biasa?

Kalau tugas khas kebanyakan observasi. Jadi kita terjun ke SLB dan berinteraksi secara intensif dengan siswanya. Kalau matkulnya di semester 2 kita belajar macam kebutuhan khusus. Jadi akan dikelompokkan berdasarkan sifat misalnya tunanetra dan tuli menjadi satu kategori, untuk autis dan hiperaktif dan sebagainya. Lalu ada pengelolaan kelas inklusif atau manajemen kelas inkliusif serta juga kita belajar psikologi pendidikan.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Yogyakarta?

Itu disebut spesialisasi. Ketika kita diterima menjadi guru SLB kita akan dikelompokkan mau berkecimpung dikebutuhan khusus apa. Misalnya mendalami tunanetra, tunarungu maupun tunagrahita. Tapi kalau pas mengajar kita bisa mengajar disemuanya sih.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Waktu tahun saya sih pakai nilai UTBK. Selain itu ada jalur tes juga. Info selengkapnya bisa dilihat di upy.ac.id

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Saran aku sih sebaiknya siapkan fisik dari sekarang. Ketika sudah jadi guru SLB kalian akan bergerak terus menangani murid yang aktif banget serta harus memperhatikan seluruh murid. Pengalaman aku, aku gabisa duduk tenang selama ngajar di kelas.

Prospek kerja dan alumni jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas PGRI Yogyakarta seperti apa?

Kalau alumni kurang tau sih. Karena ini merupakan prodi yang baru ada 4 tahun dan saya ada ditahun ketiga. Prospeknya bisa menjadi konsultan pribadi maupun guru SLB.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Pengennya sih aku lanjut S2 dan jadi dosen dan mencetak lebih banyak lulusan prodi SLB. Tapi sebelum itu aku ingin mengajar dulu dan mengabdi mengajar di SLB.

QnA

  1. Kira-kira disemester akhir nanti ketika nyusun skripsi bakal melibatkan adik-adik SLB ga kak?

Bisa jadi sih. Tergantung topik penelitiannya. Kalau aku mungkin akan meninjau pelaksanaan ujian untuk anak-anak SLB. Karena banyak hal yang dirasa kurang cocok dengan penerapannya. Kemungkinan besar ini akan melibatkan anak-anak sebagai subjeknya, ataupun mewawancarai orang tuanya untuk meminta keterangan lebih lanjut.

Kode konten: C993

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.