Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang (Lovya)

Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang (Lovya)

Hallo intipers perkenalkan nama saya Lovya Mahesya Olfitri biasa dipanggil Lovya, mahasiswi semester 4 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Padang. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak intipers untuk mengenal jurusan pendidikan luar sekolah, dan berbagi pengalaman selama kuliah dijurusan ini.

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Secara Umum

Seperti namanya sendiri yaitu Pendidikan luar sekolah tentunya berkaitan dengan pendidikan. Akan tetapi yang menjadi pembedanya dengan jurusan pendidikan yang lain adalah pendidikan luar sekolah ini mengarah pada pendidikan non formal ataupun pendidikan masyarakat. Jurusan pendidikan luar sekolah sasaran utamanya adalah masyarakat, tidak heran loh kalo jurusan pendidikan luar sekolah ini atau disingkat dengan PLS banyak menyukseskan program pemerintah, khususnya pada jalur pendidikan nonformal.

Terutama pada masyarakat yang putus sekolah, PKBM dengan program kesetaraan (Paket A,B,C) menjadi solusi untuk masyarakat melanjutkan pendidikan. Karena pendidikan itu tidak hanya dijalur formal loh intipers, tetapi juga bisa melalui jalur pendidikan nonformal. Kemudian PLS juga memiliki program bagi masyarakat yang ingin mengembangkan potensinya, skill, kemampuan. Bisa memlalui program pemberdayaan masyarakat dengan mengikuti pelatihan yang diselegarakan oleh tenaga PLS. Bahkan PLS juga menyediakan program diklat ataupun pelatihan, bisa untuk tenaga pendidik, perusahaan, atau masyarakat yang membutuhkan. Dan PLS juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak, maka dari itu PLS juga berkontribusi pada PAUD. Jurusan pendidikan luar sekolah ini memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan masyarakat.

Selain itu juga banyak orang yang mengira bahwa jurusan PLS ini adalah jurusan Pendidikan Luar biasa, karena dari namanya tidak jauh beda PLS dan PLB. Padahal loh intipers PLS itu sasarannya adalah masyarakat, sedangkan PLB adalah anak yang berkebutuhan khusus jelas memiliki perbedaanya. Tetapi mahasiswa PLS udah terbiasa kok dibilang gini, jadi jangan heran ya.

Mata Kuliah dan Tugas Khas Jurusan PLS

Kalo bicara soal mata kuliah khas dari Jurusan PLS cukup banyak nih intipers. Pada semester awal itu PLS akan mempelajari Mk Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah (KDPLS) anak PLS UNP pasti tau nih Mk KDPLS. Tentunya sebelum memasuki mengenai pembelajaran PLS yang lebih menjurusan, kita harus belajar dulu mengenai konsep dari jurusan PLS itu sendiri, baru bisa untuk mempelajari Mk yang lebih menjurus. Kemudian ada Mk Pedagogi yang secara umum mempelajari tentang anak-anak dan pembelajaran pada anak-anak. Kemudian Mk Andragogi mengenai orang dewasa dan pembelajaran orang dewasa, selanjutnya yaitu Mk Pembangunan Masyarakat tentunya tidak pernah terlepas dengan masyarakat karena kaitannya sangat erat. Dan Mk lain seperti Indetifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar PLS, Psikologi Sosial, Antropologi Sosial, Sosiologi, PAUD, Komunikas Persuasi, Perencaan Program PLS, Perencaan Pembelajaran PLS, Pengelolaan Program PLS, Metode dan Strategi Pembelajarn PLS, Pendidikan Keluarga, Profesi PLS, Kapita Selekta, Penilain Hasil Belajar, Penilaian Program PLS, Keterampilan Ekonomi Produktif. Dari beberapa mata kuliah jurusan PLS selalu barkaitan dengan masyarakat, merencaankan program, dan mengelola program.

schooters

Nah intipers tentunya pada jurusan PLS ini tentunya juga memiliki tugas yang khas loh, terutama pada PLS UNP. Nah yang paling pertama dan utama yaitu membuat resume perkuliahan, pasti intipers engga asing dong sama resume yang hamper mirip dengan rangkuman. Kemudian yang paling terpenting tugas PLS yaitu terjun langsung ke masyarakat, atau melakukan observasi, tidak PLS dong namanya kalo tiak terjun langsung kemasyarakat. Disini mahasiswa PLS dilatih untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, mencoba masuk kedalam masyarakat itu sendiri agar nantinya bisa mengetahui apa saja kebutuhan masyarakat, kendala, dan yang diharapkan bagi masyarakat untuk kedepannya.

Konsentrasi Jurusan PLS

Pada jurusan PLS UNP terdapat 3 konsentrasi yaitu Pemberdayaan Masyarakat yang terfokus pada program-program yang akan dijalankan oleh tenaga PLS, yang tertuju pada fasilitator sebuah program,yang membahas mengenai PKBM dan lain sebagainya. Selanjutnya yaitu Diklat yang akan terfokus pada program pelatihan tentunya, baik untuk masyarakat, tenaga pendidik, maupun perusahaan yang memerlukan sebuah pelatihan. Dan yang terakhir yaitu PAUD, nah PAUD itu sendiri nanti akan terfokus pada satuan pengelolaannya, kemudian mempelajari tentang parenting untuk orang tua bisa mendidik anak dengan sebaik mungkin sejak dini.

Tips Menjadi Mahasiswa Jurusan PLS

Kalo dari saya sendiri ya intipers, ada beberapa tips nihh, yang pertama pastinya kalo udah masuk jurusan PLS harus aktif dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Terlebih lagi maba yang masih awal dari mengikuti proses perkuliahan, jangan segan untuk bertanya terutama kepada senior, enak loh intipers jika kita sudah kenal dengan senior kita bisa bertanya bagaimana mengenai tugas-tugas. Kemudian harus memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, karena gini loh intipers seperti yang sudah dijelaskan tadi PLS ini hubungannya sangat erat dengan masyarakat. Maka dari itu mahasiswa PLS harus memiliki jiwa sosial yang tinggi agar bisa melakukan pendekatan pada masyarakat. Dan tips yang terakhir perbanyak membaca artikel ataupun jurnal, agar nanti pengetahuan bisa bertambah dan menjadi lebih luas. Yokk semangat yokk, jangan pernah bersugesti tidak bisa. Jika berusaha semua akan berhasil.

Prospek Kerja Jurusan PLS

Nah intipers yang bagian ini paling penting, PLS ini sebenarnya sangat fleksibel loh karena bisa dimana saja dan bisa menjadi apa saja. Sesuai dengan yang dibutuhkan pada saat itu, berarti engga sulit dong untuk mencari kerja? Kalo masalah sulit tidaknya itu tergantung pada diri kita sendiri. Bagaimana relasi kita selama kuliah, bagaimana pengalaman kita, juga bagaimana cara kita mencari peluang dan memanfaatkan kemampuan yang kita miliki. Selain itu prospek dari lulusan PLS sendiri kita bisa menjadi tutor, fasilitator, maupun menjalan program dan membuat program PLS. Ingat ya intipers pekerjaan itu sendiri tergantung pada niat dalam diri kita sendiri, dan bagaimana cara kita menjalankannya.

Harapan Kedepannya

Harapan saya sebagai mahasiswa PLS nanti jika sudah lulus, saya bisa berbagi ilmu yang sudah saya miliki selama menjadi mahasiswa PLS. Tentunya saya akan berbagi kepada masyarakat, agar menambah pengetahuan pada masyarakat, selain itu juga harapan saya dapat mendirikan sebuah Bimbel, dan juga Rumah Belajar khususnya pada masyarakat yang putus sekolah.

Kode Konten: X484

Komen dibawah! 1

  1. Apriliani fatimah

    Kak bagaimana dengan ujian sbmptn untuk anak yg mau masuk? Terus dari mana kita bisa belajar tentang pls? Makasih kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *