Perkantoran, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI (Angga)

Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI (Angga)

Halo intipers! Perkenalkan aku Angga Febrian Pratama dari jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB). Yuk, simak informasi lainnya yang akan aku sampaikan tentang jurusan ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI?

Jurusan ini mempelajari dua ranah ilmu, seperti pendidikannya juga kita mempelajari landasan pendidikan, kurikulum pembelajaran, dan evaluasi pembalajaran mengenai pendidikan. Manajemen perkantorannya pun kita mempelajari, seperti perkantoran, kepegawaian, dan sebagainya.

Adakah mitos atau stereotip di jurusan ini?

Universitas kita ini pendidikan, nah, banyak anak SMA atau SMK yang beranggapan jika masuk UPI lulusannya menjadi guru, padahal di jurusan manajemen perkantoran ini tidak hanya menjadi guru saja.

promo-web

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Harus terbiasa membuat makalah, powerpoint, lalu dipresentasikan, itu seperti makanan sehari-hari kita di jurusan ini.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah banyak sekali yang aku sukai, karena aku pun dari jurusan perkantoran sewaktu SMK nya, jadi memang sudah suka semua mata kuliahnya, seperti mata kuliah produktif; kesekretariatan, table manner, tata cara grooming, bahasa Inggris perkantoran, di sana kita belajar mengenai cara menulis surat menggunakan bahasa Inggris.

Dosen favoritku yaitu Miss Intan, beliau latar belakangnya jurusan bahasa Inggris, namun beliau menjadi dosen di jurusan ini dan mengajar mata kuliah bahasa Inggirs perkantoran, korespondensi perkantoran, dan bahasa Inggris murni. Walaupun beliau sedikit killer, namun cari pembelajarannya tegas, dan tugas-tugannya pun jelas.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Di tahun 2019 ini ada 4 penjurusan atau konsentrasi, yaitu:

  1. Kearsipan
  2. Kuality manajemen system (KMS)
  3. Public Relation
  4. Office Digital

Pemilihan konsentras ini bisa dipilih pada semester 3 melalui tes psikotest, tes minat bakat yang bekerja sama dengan Universitas Center (UC).

Apakah di jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI ada seragam khususnya?

Ada. Kita diminta untuk memakai seragam perkantoran selama semester 1-2; kemeja, dasi, karena masih dalam lingkup kaderisasi, dan agar kita mencirikan mahasiswa perkantoran. Lalu, akan diminta seragam khusus manajemen perkantoran yang berwarna krem. Kemudian nanti ada penjurusan, dan di sana ada lagi seragam yang harus kita punya.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Semester awal harus mnggunakan baju perkantoran, harus bisa mix and match dari baju-baju yang kita punya. Tantangan selanjutnya ada di mata kuliah bahasa Inggris, harus menguasai dari dasar. Lalu ada magang di perusahaan di semester 5 menuju semester 6. Jadi, di jurusan ini harus magang, PPL, dan KKN.

Prospek kerja Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI / alumni kerja dimana aja?

Tidak hanya menjadi guru, namun juga bisa bekerja di bank, sekretaris, bagian administrasi. Untuk menjadi guru bisa dialokasikan ke SMK di jurusan otommatisasi tata kelola perkantoran, bidang perkantoran. Untuk di bank bisa menjadi bagian kearsipan, bisa audit mutu, atau di perkantoran, kemudian administrasi terjamin di setiap perusahaan atau instansi memiliki divisi tersebut. ranahnya lebih luas karena fokusnya lebih banyak.

Harapan aku setelah lulus

Harapan saya, setelah lulus ingin menjadi guru di SMK.

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Jika Intipers ingin masuk ke jurusan ini, atau pun ke jurusan lainnya, teman-teman harus memiliki kesungguhan, karena ketika kita mau kuliah di jurusan apapun, kita harus 100% totalitas mengerjakan atau menjalani kuliah tersebut, cari tahu tentang jurusan tersebut. usaha, do’a, ikhtiar, dan tawakal.

Kode Konten: Y173

Komen dibawah! 9

  1. Syila Feby

    Hallo ka Angga…
    Ada 2 pertanyaan yg ingin saya tanyakan, semoga Kaka bisa menjawabnya dengan detail dan jelas:)
    1. di Pend.Manajemen Perkantoran UPI saat berpakaian rapi berseragam kantoran, bagi yg wanita muslim apakah menggunakan hijab atau tidak ka?
    2. pas skripsinya apakah di UPI harus menggunakan B.Inggris?

    Terima kasih atas waktu luang Kaka untuk bisa menjawab pertanyaan saya:)

  2. Pengalaman di Jurusan Pend. Manajemen Perkantoran UPI - Tari

    […] Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI (Angga) […]

  3. Umini

    Siang kak angga,, saya ingin bertanya mengenai, berapa minimal skor utbk yang harus didapat untuk jurusan pendidikan manajemen perkantoran?

  4. Melani

    Izin bertanya kang, kenapa dalam pendidikan Manajemen Perkantoran kita harus mempelajari mengenai kearsipan?
    Terima kasih kang mohon dijawab agar lebih pasti saya

  5. Chica khoirun nisa

    Siang ka angga, sya mau tanya, apa sja yang harus dipersiapkan terutama bagi saya yang tidak memiliki basic dalam bidang perkantoran dalam ilmu pengetahuan nya ka???, dan apakah syarat untuk masuk ke jurusan pendidikan managemen perkantoran ini harus pandai berbahasa inggris???, mohon jawaban nya ka:)

  6. Syifa aullia roziyah

    Hallo ka Angga…
    Ada 2 pertanyaan yg ingin saya tanyakan, semoga Kaka bisa menjawabnya dengan detail dan jelas:)
    1. di Pend.Manajemen Perkantoran UPI saat berpakaian rapi berseragam kantoran, bagi yg wanita muslim apakah menggunakan hijab atau tidak ka?
    2. pas skripsinya apakah di UPI harus menggunakan B.Inggris?

    Sebelumnya ijin mencopast dari pertanyaan sebelumnya,karena 2 pertanyaan tersebut sangat mewakili dengan pertanyaan saya terima kasih

  7. Nilam cahayati tamara

    Hallo kak, saya mau bertanya apakah di jurusan manajemen diharuskan bisa berbicara bahasa inggris? Tantangan apa saja saat memasuki jurusan manajemen?
    Terima kasih kak

  8. Dina Siti Laeha

    Hi kak! Izin bertanya, apakah ada kemungkinan bisa masuk ke jurusan ini jika saya dari SMA dan dari program MIPA sedangkan jurusan pendidikan manajemen dan perkantoran ini identik dengan IPS? Mohon dijawab ya kak.
    Terimakasih sebelumnya 🙏

  9. Ratna

    Hallo ka,apakah di jurusan manajemen harus pakai bahasa inggris?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *