Pendidikan Manajemen Perkantoran, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI (Isni)

Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI (Isni)

Halo sobat intipers! Aku Isni Apriyanti dari Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI / Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI seperti apa?

Prodi atau jurusan pendidikan menajemen perkantoran ini merupakan jurusan yang didalamnya belajar banyak, baik itu mengenai administrasi, managemen, perkantoran, dan lain sebagainya. Secara gambaran umum bisa kita liat di SMK kan di SMK ada jurusan administrasi perkantoran atau sekarang di sebut OTKP (Otomatisasi Tata Kerja Perkantoran) yang diamana outputnya banyak, ada yang jadi sekretaris kantor, tenaga administrasi, dan lain sebagainya. Namun, kalo aku backgroundnya pendidikan, jadi tetap pedagogik nya kita belajar, karena output dari jurusan ini diharapkan menjadi seorang guru SMK jurusan OTKP.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI?

Yang pertama karena pilih jurusan ini decision making yang besar, jadi aku dulu awalnya coba istikharah, minta petunjuk, karena seorang anak SMK masih bingung, labil. Jujur alasan awalnya karena ko namanya bagus, prospek kerjanya bisa jadi guru, kerja di kantoran, jadi fleksibel aja, jadi alasan memilih jurusan ini karena prospek kerja nya. Jurusan ini sesuai ekspektasi ku, dimana belajarnya seimbang, belajar pedagogik menjadi seorang guru, belajar administrasi, manajemen kantor dan lain sebagainya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tugas yang khas setiap mata kuliah khas, tapi ada yang paling menarik, mata kuliah kearsipan, belajar cara mengelola arsip dari cara menciptakan sampai dengan cara menghapus arsip harus beberapa tahap. Kenapa menjadi khas, karena beda, gampang-gampang susah, kita harus punya ketelitian yang sangat besar untuk mengerjakan tugas kearsipan ini. Sebelum aku ada mata kuliah stenografi, tapi kalo angkatan aku udah ga ada, kalo dulu menurut kakak tingkat ku yang paling khas stenografi. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, angkatan aku ada 4 konsentrasi, pertama ada office digital, kearsipan, QMS, komunikasi kantor. Office digital ini mempersiapkan kita dengan perkembangan teknologi yang masih relate dengan kegiatan kantor seperti data base kantor, website kantor, desain grafis dan lain sebagainya. Kearsipan lebih mendalami bagaiamana kita mendata arsip, mengelola arsip, karena arsip ini menjadi suatu alat yang vital dan akan dibutuhkan pada saatnya nanti. QMS atau Quality managemen sistem, kita akan belajar ISO yang mengingkatkan kualitas perusahaan, pokok nya tentang mutu dan kualitas ada di QMS. Komunikasi kantor berhubungan dengan public speaking, public relation, dan lain sebagainya. Bisa di ambil semester 6, aku ambil office digital, karena mempersiapkan diri menghadapi perkembangan teknologi yang cepat dan bukan secara formal belajar aku susah, jadi itu alasannya jadi menantang aja.

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, dan ada SM atau Seleksi Mandiri. Seleksi mandiri itu tes lagi, informasi lebih lanjut bisa di cek di website jurusan pendidikan manajemen perkantoran UPI. Untuk biaya pendidikannya beda-beda kaya SNMPTN dan SBMPTN disesuaikan dengan penghasilan orang tua sedangkan SM itu udah ada dan ada uang pangkal sekitar 28 juta.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Manajemen Perkantoran UPI?

Jangan menyerah tetap istiqomah, karena banyak mahasiswa baru salah jurusan, ga cocok, dan sebagainya. Jangan menyerah jalani aja! Mungkin nanti akan ketemu dosen yang kiler, galak, tapi kita coba sisi baiknya. Nanti mungkin akan bertemu temen-temen yang bacgroundnya dari SMK administrasi perkantoran, sementara kamu bukan. Tenang, asal kamu punya tekad, kamu bisa ikutin. Just go the flow, jangan merasa minder. Mumpung jadi mahasiswa baru coba cari temen, relasi sebanyak mungkin, karena itu akan berguna banget. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja luas, karena background pendidikan bisa jadi guru. Bisa juga sebagai tenaga administrasi di sekolah. Di kantor sebagai tenaga administrasi, atau managemen, atau manager, dsb. Belum lagi background fakultas dari prodi ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis jadi bisa juga kita bekerja di lembaga keuangan. Malah beberapa alumni dari manajemen perkantoran juga ada kerja di Bank Indonesia. Aku ikut konsentarsinya digitalisasi perkantoran, bisa juga kerja sebagai web development atau yang lainnya kalo kita belajar lebih jauh tentang konsentrasi itu.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana paling dekat lulus. Kalo rencana strategis, semua orang sama ingin menjadi bermanfaat baik untuk pribadi, keluarga atau masyarakat lebih luas. Kalo misalkan ditanya rencana strategis yang lebih jelas, kalo ada rezeki setelah lulus inginnya lanjut magister. Misal kalo rezekinya di tunda kerja dulu di perusahaan ataupun lembaga keuangan.

Q&A

  • Kakak masuk lewat jalur apa?

Jawaban: Aku masuk lewat jalur SNMPTN atau raport, persiapan panjang karena ini dari nilai raport, persiapannya 3 tahun ketika SMK, pas jaman SMK orangnya suka belajar, selain organisasi ya belajar, Alhamdulillah punya nilai raport yang masuk di prodi ini.

Kode konten: C510

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *