Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Masyarakat UPI (Salma)

Pendidikan Masyarakat UPI (Salma)

Halo sobat intipers! Aku Salma Raidah dari Pendidikan Masyarakat UPI atau yang dulu disebut Pendidikan Luar Sekolah UPI angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Masyarakat UPI itu seperti apa?

Pendidikan Masyarakat itu fokusnya ke ranah pendidikan non formal, kan kalau SD, SMP, SMA, dan pendidikan tinggi itu pendidikan formal. Nah, kalau pendidikan masyarakat itu fokusnya di luar ranah pendidikan formal, jadi pendidikan non formal yang berjenjang dan restruktur.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Masyarakat UPI?

Setelah lulus SMA, aku pengabdian ngajar 1 tahun dan terinspirasi dari salah satu murid aku yang pengen jadi guru. Dia bilang kalau presiden yang hebat, polisi yang hebat, dan orang-orang hebat itu berasal dari guru yang hebat. Pilih Pendidikan Masyarakat itu karena penasaran dan udah tahu pendidikan formal itu seperti apa, liat prospek kerjanya juga menarik buat aku.

Slide3

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak mata kuliah yang observasi ke lapangan, sebelum UTS itu kira dikasih materi dan setelah UTS kita observasi. Nah, laporan akhirnya yang dijadikan UAS jadi bisa dibilang jarang UAS. Seru sih jadi pas dapat ilmu langsung diterapkan juga. Observasinya itu ke berbagai elemen masyarakat, mulai masyarakat umum, RT/RW, kedinasan, organisasi pemuda, anak jalanan, ke sekolah juga pernah juga pernah. Nah, kita disana nyari data sih. Misalnya mata kuliah pemberdayaan berarti ke desa tua organisasi pemuda, kalau pengendalian mutu atau pengelolaan pendidikan itu ke lembaga pendidikan non formal.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, 3 konsentrasi yaitu pelatihan atau MSDM jadi kita diajarkan untuk membuat suatu desain pelatihan, mulai dari identifikasi kebutuhan masyarakat, membuat model pelatihan, membuat evaluasi pelatihan. Ada juga konsentrasi pemberdayaan masyarakat, jadi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses pemberdayaan dan pendampingan masyarakat. Ketiga, Pendidikan Non Formal itu diajarkan mengelola lembaga pendidikan non formal seperti PKBM, bimbel, Kober. .

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3, SNMPTN, SBMPTN dan SM UPI. Info SM UPI bisa liat di pmb.upi.edu

Daya tampung di tahun kemarin itu ada 90 orang, untuk 2019 yang daftar di SBMPTN itu pendaftarnya 800 orang lebih tapi yang diterima 41 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Siapin rohani, jasmani dan finansial karena kita banyak ke lapangan. Kita juga harus bisa natur waktu karena ke lapangan itu di luar waktu kuliah, ngatur waktu sama temen sekelompok juga. Kita harus bisa fleksibel untuk bisa menentukan waktu ke lapangannya. Mental dan komunikasi sosial juga harus diasah terus buat pendekatan ke masyarakat itu gak mudah, buat wawancara aja kadang gak bisa hanya sekali.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan Pendidikan Masyarakat UPI?

Prospek kerjanya utamanya di ranah pendidikan masyarakat. Kalau konsentrasi Pelatihan itu bisa jadi mentor atau membuat lembaga pelatihan. Kalau Pemberdayaan bisa di LSM atau NGO. Kalau Pendidikan Non Formal itu bisa mengelola lembaga non formal. Kita juga diarahkan untuk membuka lapangan pekerjaan, misalnya dengan membuat lembaga non formal karena kita juga udah belajar pengelolaannya. Bisa juga kalau mau jadi akademisi.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku lagi nyari jenjang S2 di luar negeri, sambil pengen buat pemberdayaan buat masyarakat di sekitar rumah.

Kode Konten: Y267

Komen dibawah! 1

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *