Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Masyarakat UPI (Syifa)

Pendidikan Masyarakat UPI (Syifa)

Hai! Nama aku Syifa Nurul Hasanah dari jurusan Pendidikan Masyarakat UPI angkatan 2018. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Masyarakat UPI?

Biasanya banyak mahasiswa baru yang kecelakaan masuk sini, dan banyak juga yang memandang sebelah mata untuk prospek kerjanya nanti. Pendidikan Masyarakat itu dulu namanya Pendidikan Luar Sekolah, baru di angkatan saya itu diganti. Di jurusan ini kita belajar cara berhadapan dengan masyarakat apalagi masyarakat itu kan majemuk. Kita juga belajar untuk memfasilitasi mereka untuk belajar dalam hal apapun, misalnya kita membuat lembaga kursus, pelatihan, atau PAUD. Jadi, lembaganya non formal.

Tugas kuliah di Pendidikan Masyarakat UPI kaya gimana?

Tugasnya itu bisa dibilang berat tapi asik, karena sering observasi, misalnya kemarin saya wawancara ke Kelurahan dan itu tugasnya individu. Selain observasi dan wawancara ke masyarakat terus juga buat program ke masyarakat.

Slide5

Apa mata kuliah di Pendidikan Masyarakat UPI dan dosen favorit aku?

Di Penmas itu mata kuliahnya ada yang umum dan ada yang jurusan. Kalau yang umum itu matkul agama, bahasa Inggris, dll. Kalau yang jurusan itu kita belajar psikologi pendidikan, psikologi sosial, teori pembangunan sosial, filsafat juga. Favorit aku itu Pendidikan sepanjang hidup, kalau semester ini favoritnya Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Dosen favorit itu Prof. Ishak karena selalu memancing mahasiswa untuk bertanya dan berbicara, dan Prof. Nunu karena perspektifnya luas.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Kita dituntut untuk punya public speaking yang baik, berani bicara di depan umum jadi saya juga belajar mengembangkan diri baik itu googling atau praktik sendiri.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni kebanyakan di lembaga masyarakat kaya LSM, Kementrian Pemberdayaan Masyarakat, jadi dosen juga ada. Jadi motivator, fasilitator juga mendirikan lembaga.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Ingin menjadi orang yang bermanfaat dan punya lembaga kursus atau sekolah.

Kode Konten: Y205

Komen dibawah! 5

  1. Nurlita

    Untuk maba biasanya ada grup chat gak??

    • Ihsan Syauqi Adn

      Biasanya ada kak, nanti dari kating akan mengumpulkan data mahasiswa baru (maru) untuk bisa dikontak via Line atau Instant Messenger lain 🙂

  2. Puput

    Apakah pendidikan karakter anak itu termasuk ke pendidikan masyarakat?

    • Ihsan Syauqi Adn

      Pendidikan Karakter Anak tidak termasuk dalam Pendidikan Masyarakat.
      SEPERTINYA itu dipelajari pada jurusan PG PAUD dan PGSD. Kami di Pendidikan Masyarakat belajar Andragogi (seni membantu belajar orang dewasa). Ada belajar pedagogi kritis dan pedagogi dari fakultas.

  3. Ervina Damayanti

    selain prospek kerja di atas, apakah ada prospek kerja lain di jurusan pendidikan masyarakat?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *