Pendidikan Matematika

Pendidikan Matematika Universitas Mataram (Muafira)

Pendidikan Matematika Universitas Mataram (Muafira)

Halo sobat intipers! Aku Muafira Harman dari Pendidikan Matematika Universitas Mataram angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Matematika Universitas Mataram seperti apa?

Ada banyak yang bertanya pendidikan matematika sama matematika bedanya apa sih? Jadi dibilang sama, sama tapi ada beberapa hal yang berbeda, jadi pendidikan matematika itu dipegang langsung oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, kalo matematika murni di pegang langsung oleh Fakultas MIPA, dimana nantinya untuk jurusan pendidikan matematika sekitar 60% memang mempelajari matematika, 4 poin dasar ada aljabar, bilangan, geometri dan statistika, sisanya 40% itu belajar pendidikan, di mix antara matematika dan bagaimana seorang guru menyampaikan matematika supaya dimengerti. Lain halnya dengan matematika itu sendiri hampir 99% belajar ilmu matematika.

Banyak yang bilang masuk pendidikan matematika itu sulit, udah kita banyak masalah ngapain kita harus nyelesain masalah matematika, banyak stigma yang beredar, tapi ga 100% benar, kalo ga suka matematika ga usah masuk jurusan matematika, ada benernya kalo memang kita suka matematika kenapa ga, kenapa harus dengerin kata orang kalo kita ga ngerasain sendiri.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Matematika Universitas Mataram?

Jadi saya sama dengan kebanyakan orang, ada dimana fasenya kita matematika itu sulit banget, ga masuk-masuk. Saya ngerasain itu dari SD kelas 1 sampai SMP kelas 1, matematika ga bisa masuk, benci banget sama matematika, ga ketemu-ketemu jawabannya. Sampai akhirnya waktu itu lagi masa puber, suka sama temen kelas yang pinter matematika. Ini waktu kelas 2 SMP semester 1, waktu itu ga tau kenapa matematika susah banget, nanya ke dia, pedekate ceritanya, dijelasin gini-gini, coba kamu paham basicnya, paham dasarnya.

Akhirnya saya nanya ke diri saya sendiri, masa saya ga bisa, ini harus gimana, dasarnya kaya gimana, rutenya kaya gimana, penjabarannya gimana belajar sendiri, habis itu koreksi ke dia. Semangat juga ke orang yang kita suka, oh ini ni bener-bener, dari situ dia bilang coba pahami basicnya, dasarnya kaya gimana, akhirnya setelah itu baru tau kuncunya matematika itu kaya gimana, harus paham sama basicnya gimana, dia tuh kaya tingkatan gitu, kalo kita ga paham dasarnya ga bisa kita ke atas, harus satu-satu dulu, pas UTS itu nilai nya malah bisa ngalahin dia, orangnya ga dapat tapi lanjut sampai sekarang Alhamdulillah.

schooters

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada 2 mata kuliah yang bener-bener menggambarkan matematika, yang pertama ada kalkulus dan yang kedua ada aljabar, dimana nanti di pendidikan matematika untuk kalkulus di dapat di semester 2 dan 3, 4. Kalkulus itu mata kuliah lanjutan, ada kalkulus 1, 2, dan kalkulus lanjut di semster 4, kenapa bertingkat, karena itu ciri khasnya dan di setiap tingkatan itu mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda, kalo untuk kalkulus itu mata kuliah wajib.

Kemudian ada aljabar, tidak bertingkat tapi di pecah lagi ada aljabar elementer, aljabar linear, aljabar abstrak di semester 8 itu tingkat yang lebih tinggi, di semester 1 ada aljabar elementer misalnya, di smester 3 ada aljabar linear. Tugas sama kaya prodi yang lain, ga ada yang terlalu meribetkan, semua berjalan, maksudnya dosen nerangin, kita mencatat, ga ada sampai buat laporan, cuma semester ini karena ada mata kuliah program komputer dasar yang harus pakai laptop, kita buat di excel, itu yang membedakan, merasa kaya hacker nih, ada suasana baru dari ngerjain soal atau tugasnya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk saat ini  belum, masih umum. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, SNMPTN jalur undangan, SBMPTN tes UTBK, dan jalur mandiri. Kalo kuota ada 180an dimana lebih banyak dari SBMPTN dibandingkan SNMPTN dan mandiri. Untuk mandiri biasanya 2 tahun lalu masih tes tulis, dan ada wacana emarin akan pakai nilai UTBK, tapi tahun ini belum tahu, biasanya ada tes tulis dari kampus sendiri. Langsung cari di https//unram.ac.id. Saya masuk lewat jalur UTBK, pilihan pertama masuk pendidikan matematika dan Alhamdulillah masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Matematika Universitas Mataram?

Yang penting percaya sama kemampuan diri. Kita udah pilih jalan ini ya itu konsekuensinya. Kita ga boleh setengah-setengah, apapun itu kedepannya kaya gimana. Ngerasa salah jurusan ga boleh kaya gitu, itukan pilihan kita sendiri. Sejauh ini belum pernah sih berpikir kaya gitu.

Perkuat basic matematika, banyakin ngeshare ke orang lain apalagi ini pendidikan matematika bukan matematika. Kita pinter matematika itu bagus sekali, tapi ada juga beberapa orang yang pintar matematika ga bisa atau kurang menyampaikan matematika ke orang biar paham. Jadi banyak share ke orang.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak alumni kita jadi guru, PNS, tapi kalo kita-kita yang ga bisa diem, nunggu lama sebagai tenaga pendidik. Rata-rata kita mengajar di suatu bimble. Bahkan dari semester bawah pun banyak yang jadi tutor disuatu lembaga, tapi ujung-ujungnya sama jadi tenaga pendidik.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sebelum masuk matematika kita harus udah tau kedepannya gimana, jadi kalo untuk aku sendiri tunggu selesai, untuk sekarang udah mulai jadi tutor di suatu bimbel karena kita harus mempersiapkan dari awal, kita mau jadi guru masa ga latihan dari awal.

Kode konten: C498

Komen dibawah! 4

  1. mirza muhammad

    assalamualaikum kak saya mau bertanya. jika ada seorang mahasiswa yang ingin belajar matematika dengan cara apa pengajaran yang mudah di pahami dan agar cepat paham kak?… dan prospek kerja apa lagi dari alumni jurusan ini selain tenaga pendidikan dan tutor bimbel kak?…, sekian dan terima kasih

    • hnmuafira

      Wa’alaikumussalam. Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk metode belajar agar memahami matematika, itu tidak bisa disamaratakan antara yang satu dengan yang lainnya. Kenapa? Karena kemampuan, cara belajar, dan cara berpikir untuk mengolah informasi dari seorang individu itu berbeda2. Maka yang bisa digunakan adalah mencari metode belajar yang cocok pada tiap diri individu. Untuk prospek, sebenarnya jurusan ini bisa merangkap bidang mana saja, tetapi karena porsi terbesarnya dari pendidikan, maka memang dipersiapkan sebagai tenaga pendidik.

      • mirza muhammad

        owh begitu ya kak… kira-kira kalau mau bimbel sama kakak gimana ya caranya?… makasih kak fira atas jawabannya… wassalamualaikum

        • hnmuafira

          Langsung bisa pc ig @muafirahn yaaa, nanti lanjut disana aja. Sekalian sama2 sharing ilmu, terimakasih kembali. Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *