Pendidikan Matematika

Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta (Novi)

Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta (Novi)

Halo sobat intipers! Aku Nutfah Faijah dari Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta seperti apa?

Banyak yang beranggapan kuliah di jurusan pendidikan matematika itu susah, setiap harinya belajar tentang hitung-hitungan. Kenyataannya kita tidak melulu belajar tentang hitungan, apalagi ini jurusannya kependidikan. Kita juga belajar tentang pendidikan, psikologi perkembangan peserta didik, bahkan kita juga belajar mata kuliah seperti PAI, bahasa Inggris. Jadi tuh gak melulu belajar hitungan. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Ada lagi anggapan, katanya kalau orang yang kuliah jurusan Matematika atau Pendidikan Matematika itu pinter segala hal. Sebenernya kita sama aja sama temen-temen dari jurusan lainnya. Pasti kan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, dia bisanya di matematika, tapi Mann belum tentu dia bisa di bidang seni. Begitu pun sebaliknya. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Dari dulu saya paling suka hitungan dan tantangan. Kalau kita mengerjakan soal matematika itu ada tantangannya tersendiri. Itu sih yang lebih membuat aku pengen masuk ke jurusan matematika. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta itu ad mata kuliah wajib umum, mata kuliah fakultas dan prodi yang bersifat wajib dan konsentrasi yang bersifat pilihan. 

Contoh mata kuliahnya itu ada ilmu kependidikan, kepemimpinan,. Kalau mata kuliah prodi pendidikan matematika ada praktikum statistika deskriptif. Di mata kuliah ini kita diajarkan mengolah data, menyajikan data menggunakan aplikasi SPSS dan aplikasi lainnya. Kita diajarkan membuat pembelajaran multimedia bersifat android menggunakan aplikasi. 

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Praktikumnya beragam di jurusan ini, selain praktikum statistika ada juga praktikum strategi pembelajaran matematika. Itu kita microteaching, menjadi guru dan mahasiswa yang lain menjadi murid. Nah, kalau terkait tugas itu dibilang susah enggak, dibilang gampang juga enggan. Standar aja kaya jurusan lainnnya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 2 konsentrasi, yaitu multimedia pembelajaran matematika dan etno matematika. Di multimedia pembelajaran matematika kita belajar tentang desain komunikasi visual dan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Adapun etno matematika itu membahas mengenai implementasi atau antropologi budaya matematika, kaya gaya hidup yang digunakan maupun diwariskan. Konsentrasi itu bisa dipilih di semester akhir. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Sekarang lagi di buka 3 gelombang pendaftaran. Gelombang pertama dibuka di bulan Februari sampai Mei. Kalau gelombang kedua dibuka tanggal 17 Mei sampai Juli. Gelombang 3 dibuka perangah Juli sampai 6 September. Bisa daftar secara online maupun offline. Bisa cek ke website Universitas Mercubuana Yogyakarta atau langsung ke kampusnya. Di jurusan pendidikan matematika ini kita juga menawarkan beberapa program beasiswa, kaya beasiswa potongan 25%, beasiswa putra putri guru, beasiswa bakat dan minat juga beasiswa berprestasi. Mungkin nanti info lebih lanjut bisa dicek di instagram Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Matematika Universitas Mercubuana Yogyakarta?

Tipsnya sih jangan menyerah pada setiap prosesnya. Kalau misalnya kita kurang mengerti sama satu materi, jangan takut untuk minta ke dosen biar kita bisa paham. Jangan gampang menyerah. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya tidak hanya menjadi guru. Kita bisa menjadi edupreneur, membuat media pembelajaran matematika. Kemarin ada alumni yang menjadi copy writer. 

Kode konten: C564

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.