Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan (Azhari)

Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan (Azhari)

Halo sobat intipers! Aku M. Azhari Panjaitan jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan itu seperti apa?

Mungkin adik-adik banyak yang berpikir kalau matematika itu sulit, padahal setelah saya masuk di pendidikan matematika tidak sesulit yang dipikirkan gitu. Jurusan pendidikan matematika itu tidak banyak berhitung tapi lebih banyak yang namanya membuktikan teorema, rumus, jadi belajarnya tidak lagi tentang berhitung. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Karena saya latarnya pendidikan, pasti banyak juga mempelajari tentang psikologi pendidikan, bagaimana perkembangan peserta didik, jadi dicantumkan sekalian berkaitan dengan matematikanya. 

promo-web

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan?

Alasan pertama saya mungkin waktu tamat SMA itu pengennya kedokteran tapi tidak lulus, dan pilihan kedua saya itu pendidikan matematika karena saya lihat ketika saya masuk ke dunia matematika apalagi berlatar pendidikan, karena itu salah satu tujuan saya ingin menjadi guru ataupun guru besar nantinya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau untuk mata kuliah mungkin hampir sama dengan jurusan pendidikan matematika di universitas lain, paling khas itu mungkin di kita ada strategi pembelajaran, perkembangan peserta didik itu secara pendidikannya ada psikologi pendidikan. Kalau untuk matematikanya paling kita belajarnya tentang kalkulus, aljabar, aljabar linier, struktur aljabar, kemudian ada persamaan diferensial, integral, dan juga nanti ada praktikum namanya praktikum spss pengolahan data itu biasanya semua kita dapatkan di seluruh jurusan karena natikan menggunakan spss untuk di skripsinya dan begitu juga ada praktikum di lab.

Untuk tugas mungkin disinilah menjadi ciri khas anak-anak Unimed kami memiliki tugas yang lumayan banyak, karena satu mata kuliah itu kami mendapatkan enam tugas, jadi bayangkan ketika kami memilih 7 mata kuliah dalam satu semester, berarti kami memiliki 42 tugas yang harus dikerjakan setiap minggunya. Tugas yang kami miliki itu yang pertama ada CBR (Critical Book Report), kaya baja buku kemudian kita kritisi buku tersebut dan kita review.

Kemudian ada Critical Journal review itu juga sama cuman bedanya ke jurnal-jurnal, kemudian ada rekayasa ide kaya menumbuhkan ide baru apa dan setelah ide baru itu yang dilakukan adalah mini riset kaya penelitian kecilnya nanti buat laporan dan akhirnya dari semuanya itu nanti kita buat projek. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di jurusan pendidikan matematikanya tidak ada lagi konsentrasi. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Ada tiga jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN, kemudian jalur mandiri. Dari tiga jalur tersebut, penddikan matematika memiliki peringkat ke tiga peminat yang terbanyak. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan?

Tipsnya pertama tetaplah fokus belajarnya karena ketika masuk kampus bukan seperti yang kaya di tv tv. Ternyata realitanya luar biasa, dan perjuangannya juga harus luar biasa. Jangan sampai nanti sudah masuk di unimed adik-adik terkejut dengan tugas-tugas yang ada. 

Intinya adik-adik harus fokus, semangat! Jangan pernah melawan dengan dosen karena banyak tipe-tipe dosen yang harus kita ketahui. Satu lagi jangan lupa untuk cari kakak tingkat agar bisa sharing dan tau tips belajar yang ada di pendidikan matematika.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Menjadi guru matematika, dosen, dan bisa juga berbisnis. Masih banyak lagi prospek kerjanya, dan sangat luas sebenarnya kalau berbicara tentang prospek kerja. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Planning selanjutnya sebenernya saya sedang melanjutkan S2 di UPI Bandung, tapi sedang daring jadi saya masih di Medan. Saya berharap mendapatkan beasiswa PMDSU yang Magister langsung Doktor, dan dari sekarang dipersiapkan mana tau rejeki disitu juga ada jadi bisa langsung melanjutkan doktoral dan menjadi dosen atau guru besar. 

Kode konten: C359

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *