Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Matematika UNJ (Nurlailatul)

Pendidikan Matematika UNJ (Nurlailatul)

Halo sobat intipers! Aku Nurlailatul Qiram jurusan Pendidikan Matematika UNJ (Universitas Negeri Jakarta) angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Matematika UNJ itu seperti apa?

Di UNJ itu ada pendidikan matematika dan matematika murni, kalau di jurusan pendidikan matematika cakupannya kami mempelajari ilmu matematika yang bisa diterapkan dalam pendidikan. Mata kuliah yang kami pelajari diantaranya matematika SD, SMP, SMA, jadi memang di pendidikan matematika itu kami tidak terlalu fokus terhadap ilmu murninya saja, tapi juga ilmu pendidikannya. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Dalam ilmu pendidikannya, kita belajar bagaimana memahami perkembangan peserta didik, cara kita mengajar, cara membuat RPP, seperti itu kurang lebih dalam ilmu pendidikan yang di pelajari di pendidikan matematika. Aku ngerasa beruntung di pendidikan matematika, karena gak terlalu pusing mikirin ilmu murni, dan lebih terbuka wawasannya ketika di pendidikan matemtika, di jurusan ini kita belajar bukan hanya cara mengajar, tapi juga bisa mengetahui peserta didik itu sendiri. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Matematika UNJ?

Sebenernya alasannya ini cukup lucu aja sih, jadi sebenernya tuh ketika aku masuk pendidikan matematika, banyak orang yang bertanya, karena aku hobinya menari dan berkegiatan sosial. Aku orang yang sangat menyukai matematika tapi tidak ahli dalam matematika, sehingga ketika SMA kelas 3 sempet bimbang antara seni tari atau pendidikan matematika. 

Akhirnya mikir lagi, belajar menari itu masih bisa di sanggar tapi belajar matematika itu gak ada ilmu khususnya kecuali kuliah, akhirnya aku memutuskan pendidikan matemtika sehingga hobi aku juga bisa berkembang, juga memang dari kecil aku sangat tertarik untuk menjadi guru, entah kenapa aku seperti punya dorongan untuk mencerdaskan anak didik bangsa buat nantinya mereka bisa belajar matematika bukan untuk menghitung, tapi belajar matematika dengan have fun¸ dan mereka bisa memiliki self-esteem yang tinggi dalam dirinya, itu sih yang memotvasi aku untuk memilih pendidikan matematika. 

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau misalnya mata kuliah yang khas dari pendidikan matematika tadi uda sempet aku singgung yang berbeda dengan murni, pastinya kita belajar mengenai ilmu kependidikan, bukan hanya tentang cara mengajar, juga kita mengetahui karakteristik dari peserta didik, juga di pendidikan matematika pasti kita mempelajari bagaimana kita menyusun RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap jenjang SD, SMP, SMA itu cara belajar matematikanya berbeda gitu, juga disini kita mempelajari pembelajaran di setiap jenjang.

Sebenernya untuk tugas khas tidak ada, tugasnya ya sama aja gak jauh-jauh dari kita bikin artikel ataupun kita ngeresume, presentasi, cuman yang membedakan di universitas lain itu walaupun sudah berkecimpung dalam dunia pendidikan matematika, tapi masih ada pelajaran mengenai biologi dan kimia dasar gitu, jadi di kampus lain itu setau aku masih ada mata kuliah tersebut, danmasih ada ngerjain laporan praktikum, dan untungnya di UNJ gak ada itu, jadi aku terbebas dari yang namanya praktikum, menurut aku itu sih yang menjadi keunggulan menjadi sebuah keuntungan untuk kami mahasiswa yang memang tidak terlalu mengerti tentang fisika, kimia, biologi, jadi kita mahasiswa nya fokus mempelajari ilmu yang sesuai jurusan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Biasanya itu di semester satu ada, cuman pilihan saja itu ada kesenian dan olahraga. Di semester dua itu tidak ada, kalau di angkatan aku itu kejuruan ada dua ada PAK dan PLH. PAK itu pendidikan anti korupsi dan PLH itu pendidikan lingkungan hidup. PAK itu membahas seputar hukum, politik dan perkorupsian, kalau PLH itu lingkungan hidup seperti geografi, lingkungan, manusia dan masyarakat kaya gitu. 

Biasanya, setiap tahun itu mahasiswa kabur ke PLH karena mereka menghindari speak up yang ada di PAK karena speak up itu tidak boleh dibantu, hanya boleh dibantu oleh power point satu slide aja. Waktu angkatan aku itu mungkin dosennya udah tau, jadi speak up itu ada di mata kuliah yang di kontrak sama satu angkatan, jadi semuanya kebagian dan sekarang beruntungnya lagi daring jadi hanya disuruh buat vidio sajatapi gaboleh nyontek dan gak boleh ada jeda. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk sebenernya hampir sama dengan seluruh jurusan yang ada. Pertama SNMPTN yaitu melalui jalur undangan. Kedua SBMPTN yaitu tes tertulis, dan ketiga ada jalur mandiri dan jalur prestasi. Hal yang membedakan kalau SNMPTN gak pake tes tertulis tapi pake nilai raport. Cuman memang kalau nilai raport kan balik lagi ya kita gak bisa menjamin berapa sih nilai minimalnya karenaternyata dari masing-masing individu yang masuk dari jalur SNMPTN ada yang tinggi dan rendah. 

Tips SBMPTN

Kalau misalnya SBMPTN tentunya kalian harus memenuhi standar nilai yang ditentukan. Kebetulan aku kemarin baru nanyain ke adik tingkat aku, kalau 2018 itu gak ada yang namanya kita mengetahui skor kita. Kalau di tahun 2019 dan 2020 itu mereka bisa mengetahui nilai  dan baru mereka bisa pilih masuk jurusan. Kalau tahun 2019 itu masuk jurusan pendidikan matematika skor SBMPTN nya sekitar 600an. Ada yang 600-650 an, tapi kalau yang tahun 2020 kemarin nilainya sekitar 570-580 an. Jadi mungkin setiap tahun itu nilainya beda-beda tergantung gimana kompetisinya aja. Terakhir mandiri juga sama sih tertulis, dan juga jalur prestasi.

Pokonya yang penting berusaha yang terbaik, optimis, dan ambil peluang sih menurut aku. Pengalaman dari aku, ketika aku SBMPTN pas 2018 aku inget banget setau aku tuh gak ada nilai minus ya. Jadi tahun aku tuh terserah kita mau jawab berapa banyak dan waktu itu sempet banyak persepsi, dan aku sempet di olok-olokin temen aku memang bimbel dan dari tempat bimbelnya itu diberitahu bahwa jangan ngasal soalnya nanti ketahuan kalau kamu itu ngasal dan nanti ketahuan terus di blacklist.

Tapi aku juga dapet motivasi lain dari guru-guru aku yang lain, kalau ini justru peluang kamu ketika kamu tau disini gak ada nilai minus, kerjain aja semua soal meskipun kamu ngasal, karena siapa tau kamu bisa bener disana. Akhirnya waktu itu aku memberanikan diri untuk menjawab semua soal, dulu tuh aku ngejawab soal fisika 10 nomor dengan jawaban D semua dan balik lagi sih kita harus berani mengambil keputusan, dan kalau memang rezeki kita itu mau gimanapun insyaa Allah akan dipermudah. 

MC of Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 Semester 113 Program Sarjana dan Magister FMIPA Universitas Negeri Jakarta

MC of Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 Semester 113 Program Sarjana dan Magister FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Matematika UNJ?

Untuk mahasiswa baru berarti untuk temen-temen yang saat ini semester dua, untuk adik tingkat aku. Beberapa hari lalu juga ada beberapa adik tingkat aku yang meminta motivasi dari aku. Ketika dalam pembelajaran ada beberapa dosen memang melihat kinerja kalian hanya sekedar UTS atau UAS. Tapi percayalah pasti mayoritas dosen tuh melihat perkembangan kalian ketika kalian di kelas. Bukan hanya nilai UTS dan UAS kalian bagus tapi melihat juga bagaimana ketika kalian menghargai para dosen. Sesimpel ketika dosen bertanya ‘apakah ada pertanyaan?” kemudian mahasiswa diem semua gak ada yang menjawab, menurut aku itu hal yang salah ya. Kalau misalkan kita gak bisa atau gak tau, lebih baik kita bilang aja gitu daripada diem. 

Aku tipe orang yang selalu aktif di kelas. Aku berprinsip bahwa sebagai bentuk aku menghargai dosen aku dan juga biar dosen aku tau bagaimana cara mereka mengajar apakah sudah membuat anak didiknya paham. Jadi pesen aku untuk temen-temen mahasiswa baru adalah kalian coba menghargai dosen. Kalian coba jawab walaupun kalian gatau, apalagi di kondisi online seperti ini dosen kalianpun sudah berusaha yang terbaik dan semaksimal mungkin. Juga berusahalah untuk aktif di kelas, jangan takut untuk salah karena hal itu wajar. Percaya atau enggak, mahasiswa yang aktif itu akan lebih unggul daripada mahasiswa yang hanya ambis tapi diem aja. Itu berdasarkan pengalaman aku. 

Untuk calon mahasiswa baru yang penting balik lagi yang udah aku sampaikan jangan lupa untuk selalu berusaha belajar semaksimal mungkin, dan tetep optimis juga cari peluang-peluang yang memang bisa membuat kalian yakin memilih jurusna tersebut. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jurusan pendidikan matematika UNJ karena UNJ dulunya IKIP, prospek kerja yang menjanjikan yaitu menjadi guru. Tidak hanya menjadi guru, bisa menjadi seorang ahli matematika atau peneliti tergantung minat dan bakatnya. Namun memang prospek kerja yang peling utamanya adalah menjadi guru matematika. 

Lulusan jurusan pendidikan matematika pun ada beberapa yang memang gak melanjutkan jadi guru matematika. Ada yang entrepreneur, balik lagi dari keinginan temen-temen sendiri. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau harapan dan rencana aku setelah lulus yang pastinya aku mau jadi guru matematika. Itu yang menjadi mimpi yang udah aku inginkan. Setelah itu aku mau banget untuk namanya ngebuat sekolah belajar gratis terutama di lingkungan 3T kaya gitu. Pengen banget untuk ngebangun komunitas untuk pendidikan gratis, bahkan dari nanti sebelum aku lulus. Intinya aku ingin setelah lulus bisa memanfaatkan ilmu yang pernah aku dapatkan di kampus ini. Aku ingin membuat temen-temen bangkit dan mereka bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari aku. 

Kode konten: C375

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *