Pendidikan Matematika UPI (Ami)

Hai! Nama aku Ami dari jurusan Pendidikan Matematika UPI angkatan 2017. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Matematika UPI?

Kita belajar matematika sekaligus kependidikannya, Kalau matematikanya kita belajar kalkulus, analitis, dan teori. Kalau pendidikannya itu kita belajar cara mengajarkan matematika dengan baik kepada anak dan fokusnya itu ke SMP dan SMA. Bedanya dengan jurusan matematika murni, karena kalau di sana ada 4 konsentrasi yaitu aljabar, statistika, analisis dan terapan. Kalau di Pendidikan matematika itu gak ada konsentrasi, adanya matkul wajib, pilihan dan keprofesian. Matkul keprofesian itu sepeti evaluasi pembelajaran, perencanaan pembelajarana. Kalau matkul pilihan itu contohnya kalkulus dan vektor.

Tugas kuliah di Pendidikan Matematika UPI kaya gimana?

Tugasnya itu sering observasi ke sekolah, kadang individu atau kelompok. Ada juga membuat makalah dan presentasi.

Slide5

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favorit aku Prof. Tatang, matkul favorit itu aku Aljabar Linier karena di penelitian mau ambil topik ini juga.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya itu pas nyari sekolah untuk observasi karena biasanya gak boleh sama guru matematikanya gak boleh sama. Biasanya kita mengobservasi pelaksanaan pembelajaran. Bikin RPP juga jadi tantangan, karena harus sesuai dengan kurikulum dan dosen.

Prospek kerja Pendidikan Matematika UPI / alumni kerja dimana aja?

Banyak juga yang ngira lulusan jurusan ini cuma bisa jadi guru, tapi sebenernya kita bisa eksplor bebas mau kerja di mana juga. alumni ada yang jadi guru privat atau guru di sekolah.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Banyak belajar, banyak berdoa dan ngatur strategi juga.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Insya allah pengen ngajar privat dan pengen S2 atau PPG.

Kode Konten: Y201

Komen dibawah! 4

  1. Sind Yulistia Dewi

    Assalamu’alaikum. Kak, maaf apakah memang di UPI ada jurusan pendidikan matematika? yang nantinya bisa jadi guru. Apakah jurusan pendidikan matematika nanti lulusnya bisa jadi guru sma? dan guru smp atau guru apapun?. Berapa skor nilai utbk jurusan pendidikan matematika UPI?. Apakah jurusan pendidikan matematika UPI terakreditasi A?. Batasnya sampai tahun kapan terakreditasi A nya?

  2. Khoirunnisa

    Assalamu’alaikum Kak. Aku suka matematika tapi gk ingin jadi guru. Di pendidikan matematika matkul keprofesian nya semacam simulasi(maaf kak aku gk tau bahasa yang pas šŸ™) jadi guru?
    Aku mau masuk jurusan pendidikan matematika , karena suka matematika dan ngitung cocok gk Kak?

  3. Hasan Triawan

    Assalamualaikum kak, skor minimal utbk UPI buat taun ini berapa yaa ?? Buat jurusan pendidikan matematika ??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *