Pendidikan Sejarah, Universitas Lampung

Pendidikan Sejarah Unila (Nabila)

Pendidikan Sejarah Unila (Nabila)

Halo sobat intipers! Aku Nabila Maulidia dari Pendidikan Sejarah Unila angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Sejarah Unila?

Pertanyaan ini banyak banget ditanyain, sebenernya kalau untuk pilihan pertamaku itu ilmu sejarah, tapi kebetulan di Unila ga ada ilmu sejarah, jadi aku milihnya pendidikan sejarah. Untuk pendidikan sejarah kurang lebih sama dengan ilmu sejarah atau sejarah murni, bedanya kita belajar pendidikannya juga. Pendidikan sejarah ga cuma difokuskan sebagai lulusan guru aja, tapi bisa juga dibidang sejarahnya. Jadi kita punya pilihan lain nih terkait nantinya mau bekerja dibidang apa, ga cuma dibagian akademisi aja.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Pendidikan Sejarah Unila?

Kalau mata kuliah khas dari jurusan Pendidikan Sejarah Unila ada pastinya, yang pertama udah pasti terkait sejarah, di semester 1 itu kita belajarnya lebih konsentrasi ke sejarah secara umum, nantinya ditingkat semester yang lebih tinggi kita baru belajar pendidikan. Contoh mata kuliah khas ada metode penelitian atau metopen, nantinya kita akan dapat 2 mata kuliah metopen, yaitu metopen pendidikan dan metopen sejarah.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada mata kuliah peminatan di semester 6. Kita bisa pilih fokus jurnalistik atau pariwisata. Kebetulan aku ambil pariwisata, kalaiu teman-teman yang suka kepenulisan, bisa banget ambil peminatan jurnalistik. Yang lebih suka jalan-jalan, healing, akan seru banget tuh kalau ambil peminatan pariwisata. Jadi hobi bisa sekalian tersalurkan juga.

intipkuliah-web1

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Sejarah Unila?

Banyak sih tips yang bisa diberikan, tapi tips utama itu lebih ke banyakin literasi. Kayanya anak sekarang lebih banyak megang gadget karena kuliahnya online, lebih sering lagi yaa dibuka bukunya. Soalnya buku kan jendela dunia, saying banget kalau beli buku cuma dijadikan pajangan aja. Boleh banget kalau mau baca e-book lewat handphone, tapi baca buku fisik jangan dilupakan juga ya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan Pendidikan Sejarah Unila?

Pendidikan sejarah banyak prospeknya, yang pertama itu guru. Kalau kita lanjut kuliah S2 bisa langsung jadi dosen. Terus bisa juga jadi tour guide, atau kerja di pemerintahan, dinas pariwisata, jurnalis bahkan penulis.

Adakah rencana atau harapan setelah lulus nanti?

Rencana aku pribadi setelah lulus dari Pendidikan Sejarah Unila yaitu mau meneruskan ke ilmu sejarah, setelah lulus S1 aku mau ambil S2 ilmu sejarah atau sejarah murni, jadi aku gatelalu fokus ke pendidikannya. Tapi aku alhamdulillah sekarang sudah menjadi guru sebagai selingan kuliah. Aku menjadi guru bahasa inggris dan bahasa Lampung.

Apakah sulit kuliah sambil bekerja?

Sejauh ini sih aku ngga merasa keganggu atau kesulitan, misal aku ada kuliah dan ngajar pagi, nah itu jadwalnya bisa direschedule dari pihak sekolah ditempat aku ngajar.

Kode konten: C926

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.