Sejarah, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Sejarah Unimed (Charlis)

Pendidikan Sejarah Unimed (Charlis)

Hallo dan Salam Jas Merah Intipers. Perkenalkan saya Charlis Sianturi, mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed / Universitas Negeri Medan angkatan 2016. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 8 semester di Jurusan Pendidikan Sejarah. Yuk, mari simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed?

Sesuai dengan namanya, kita akan diajarkan oleh dosen-dosen mengenai peristiwa sejarah seperti sejarah lokal, sejarah indonesia dan sejarah dunia. Namun karena jurusan pendidikan sejarah termasuk jurusan pendidikan, maka bukan hanya sejarah yang diajarkan. Kita akan juga diajarkan terkait pendidikan, terutama tentang profesionalisme sebagai calon guru di masa yang akan datang. Kita akan diajarkan bagaimana menjadi guru yang kompeten dan cara menjadi guru dalam mengajari peserta didik saat sudah terjun di sekolah. Karena kita sebagai calon guru, maka tentu kegiatan  kuliah juga banyak diterjunkan ke sekolah untuk melihat bagaimana fakta yang terjadi dilapangan sebenarnya.

Slide5

Mata kuliah Jurusan Pendidikan Unimed dan dosen favorit?

Mata kuliah di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan sangat banyak sekali. Jika dijumlahkan dari semester 1 sampai semester 8, jumlah mata kuliah yang harus ditempuh sebanyak 150 SKS (Satuan Kredit Semester), baik mata kuliah sejarah dan mata kuliah pendidikan. Mata kuliah sejarah itu seperti: Sejarah Indonesia 1 sampai 5, Sejarah Asia Tenggara, Sejarah Amerika, Sejarah Eropa, Sejarah Afrika, Sejarah Asia Timur dan masih banyak lagi. Sementara mata kuliah pendidikan seperti: Psikologi Pendidikan, Pengembangan Peserta Didik, Profesi Kependidikan, Magang 1 sampai Magang 3 dan masih banyak sekali.

Mata kuliah favorit saya ada 3. Yang pertama mata kuliah Analisa Wacana dan mata kuliah Sejarah Eropa serta Sejarah Amerika. Kenapa saya suka mata kuliah Analisa Wacana? karena fakta-fakta sejarah sebenarnya akan diungkapkan dalam mata kuliah ini, dimana dakta sejarah yang dipelajari di bangku SMA tidak sama dengan fakta sejarah di perkuliahaan. Contohnya adalah fakta Indonesia tidak dijajah 350 tahun oleh Belanda, jumlah presiden Republik Indonesia, kontraversi Sumpah Pemuda dan lain sebagainya. Mata kuliah selanjutnya adalah Sejarah Eropa dan Sejarah Amerika. Kenapa saya suka mata kuliah ini? Karena tidak banyak teori-teori untuk mengunggapkan fakta-fakta sejarah sebenarnya jika mempelajari sejarah Eropa dan sejarah Amerika.

Sementara itu, dosen favorit dan paling saya suka cara ngajarnya yakni pak Hidayat. Menurut saya, walaupun cara ngajar bapak hidayat ini seperti mahasiswa S-2, tapi selama diajarkan oleh bapak ini, cara penyampainnya sangat mudah dan mengajak mahasiswa yang diajarkan untuk berpikir kritis dalam menganalisis fakta sejarah. Ada satu hal yang berkesan selama menjalani perkuliahaan di Jurusan Pendidikan Sejarah. Mahasiswa setiap semester akan menjalani kuliah lapangan untuk melihat langsung tempat peristiwa sejarah tersebut terjadi. Sambil belajar sejarah sambil kita juga refreshsing.

Tips-tips untuk mahasiswa baru Pendidikan Sejarah Unimed

Mata kuliah Jurusan Pendidikan Sejarah tidak terlepas dengan namanya peristiwa sejarah yang telah berlalu. Tentu peristiwa sejarah diketahui dengan adanya bukti sejarah. Bukti sejarah tersebut didapatkan dari sumber-sumber sejarah seperti arsip, dokumen dan buku-buku sejarah. Bukti peristiwa sejarah akan dapat diketahui dengan membaca..membaca…dan membaca dengan kritis. Oleh karena ini, satu tantangan paling utama masuk di Jurusan Pendidikan Sejarah adalah membaca harus diniatkan dan usahkan membaca menjadi hobi setiap hari.  Tanpa membaca, anda tidak akan mengetahui fakta sejarah.

Ikuti organisasi/magang

Untuk adik-adik mahasiswa baru, selain tantangan dalam perkuliahaan yang kalian hadapi dalam menjalani di Jurusan Pendidikan Sejarah. Perlu banget untuk mengikuti organisasi atau juga magang. Sangat banyak organisasi-organisasi di kampus, baik organisasi internal dan organisasi eksternal. Organisasi internal itu seperti Himpunan Mahaiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, Presiden Mahasiswa Universitas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) olahraga. Sementara organisasi eksternal itu seperti UKM Kerohanian, asal daerah dan organisasi lainnya. Ikutilah organisasi-organisasi dan magang tersebut. Jangan takut keluar dari zona nyaman, karena itu akan membantu adik-adik kedepan dengan meningkatnya softskill dan relasi adik-adik mahasiswa baru.Tips terakhir, ikuti kegiatan sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan. Tetapi ingat, jangan ambil terlalu banyak kesempatan/kegiatan! Mungkin pada awalnya, kamu akan bingung mengambil kegiatan apa yang akan diikuti, pada keadaan tersebut boleh saja kamu ambil banyak kegiatan untuk menyeleksi mana paling sesuai dengan diri kamu. Biasanya hal ini terjadi ketika masih semester awal.

Prospek kerja dan alumni biasanya kerja dimana saja?

Prospek kerja setelah menyelesaikan studi S-1 dari Jurusan Pendidikan Sejarah cukup banyak.  Alumni Pendidikan Sejarah sebagian besar menjadi guru sejarah tingkat SMA/SMK dan tingkat SMP, dosen di universitas, peneliti dan penulis sejarah, pemandu wisata, bekerja di museum dan pekerjaan sebagainya.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Banyak yang saya harapkan setelah nantinya menyelesaikan studi S-1 dari Jurusan Pendidikan Sejarah. Namun dari semua rencana dan harapan itu. Satu tekat bulat yang sudah saya tentukan adalah ingin melanjutkan studi S-2 kembali di Universitas Gajah Mada (UGM) Jurusan Sejarah atau Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jurusan Pendidikan Sejarah dengan jalur beasiswa LPDP. Doakan teman-teman semua, semoga harapan saya bisa tercapai dan saat ini sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan S-2 diantara dua kampus yang telah saya tuju. Semoga harapan saya menjadi dosen nanti di Universitas Negeri Medan bisa tercapai setelah menyelesaikan studi S-2.

Kode Konten: X368

Komen dibawah! 1

  1. Adil Akbar

    Kemarin saya kirim jurnal di BPNB Kalimantan Timur, Alhamdulillah ada feedback. Catatan nya pada penggunaan kutipan sumber. Diminta untuk menggunakan ASA style. Nah saya baru dengar tuh, ASA style. Selama ini kalau nulis artikel atau makalah suka pakai catatan kaki (footnote). Mohon bantuannya Kanda

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *