Sejarah

Pendidikan Sejarah Unimed (Yuni)

Pendidikan Sejarah Unimed (Yuni)

Hi sobat intipkuliah.com, perkenalkan nama saya Sri Wahyuni, biasa dipanggil Yuni. Saya dari Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed, stambuk 2016, Universitas Negeri Medan. Disini Saya akan berbagi cerita dan pengalaman selama kuliah dari semester 1-8 saat ini. Yuk, simak terus sobat. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya , jawabannya akan masuk ke email kalian kok.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed?

Saya mempelajari berbagai peristiwa sejarah yang terjadi baik sejarah lokal, Indonesia maupun Negara Lain. Di Indonesia saya belajar sejarah Indonesia pada masa pra aksara, Hindu-Budha, Islam, Pergerakan Nasional, Kemerdekaan, Pasca Kemerdekaan dan kontemporer (saat ini). Mengenai negara lain, saya belajar tentang sejarah Amerika, Eropa, Asia Timur, dan Asia Barat Daya. Menariknya, di jurusan saya selain mempelajari berbagai peristiwa sejarah kami belajar mata kuliah umum yang sebagaimana harus dimiliki oleh mahasiswa.  Mata kuliah seperti Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Statistika, Strategi Pembelajaran, Penulisan Karya Ilmiah dan berbagai mata kuliah pendukung lainnya untuk semakin memperkaya ilmu.

Images buruk mengenai pelajaran sejarah di sekolah yang dikatakan membosankan, banyak menghafal dan mencatat sebenarnya tidaklah seburuk itu. Sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, pelajaran sejarah sudah mulai berangsur mengikuti strategi belajar yang modern. Terbukti dari kami yang kuliah berusaha semaksimal mungkin memberikan ide yang menarik dalam mata kuliah stategi belajar mengajar agar pelajaran sejarah yang nantinya kami ajarkan dapat menyenangkan.

promo-web

Mata Kuliah yang Paling Berkesan dan Ciri Khas Tugasnya di Jurusan Pendidikan Sejarah

Mata kuliah yang khas adalah mata kuliah Sejarah Indonesia setiap periodenya dari periode pra aksara- kontemporer. Selain itu, Sejarah Lokal seperti Sejarah Sumatera karena UNIMED terletak di Medan, Sumatera Utara. Juga berbagai mata kuliah Sejarah Negara lain yang tidak kalah pentingnya dan wajib dipelajari. Semua mata kuliah memiliki kesannya masing-masing. Beberapa mata kuliah yang paling berkesan misalnya itu mata kuliah arkeologi. Kami pada saat itu masih semester 1 tapi sudah belajar cara ekskavasi (penggalian) dalam mengumpulkan benda-benda sejarah yang tertimbun di masa lampau. Proses penggaliannya dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok membuat batasan galian masing-masing. Jika ada yang ditemukan dari proses penggalian dikumpulkan menjadi satu dan akan di identifikasi mengenai benda tersebut.

pendidikan sejarah unimed

Foto di PLTD Kapal Apung, Aceh ketika melakukan kegiatan riset lapangan mata kuliah Sejarah Pariwisata

Mata kuliah Sejarah Perekonomian, pada mata kuliah ini kami membentuk kelompok dengan mendatangi setiap usaha atau pabrik yang sudah berkisar minimal 50 tahun ke atas. Kami mewawancarai bagaimana usahanya dapat bertahan. Diusahakan setiap kelompok dalam satu kelas tidak mendatangi usaha/pabrik yang sama maupun jenis usaha yang sama sehingga akan memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang akan di persentasikan setiap kelompok.

Mata kuliah Sejarah Pariwisata kami melakukan riset (penelitian) satu angkatan ke Banda Aceh mendatangi setiap objek wisata sejarah di Aceh. Berbagai objek wisata di Aceh kami tempuh bersama dosen pendamping dengan bus dari Medan-Banda Aceh. Kami mendatangi objek wisata seperti Masjid Baiturrahman, Museum Tsunami Aceh, PLTD Apung, Pantai Lampuuk dan lainnya

Mata kuliah Musiologi (Ilmu yang mempelajari tentang museum), disini kami di kasih tugas melakukan riset ke berbagai museum yang ada di kota Medan untuk mencari informasi dari mulai berdirinya, isi museumnya dan sesuatu yang menarik lainnya.

Rata-rata mata kuliah di jurusan pendidikan sejarah menyenangkan, dapat langsung terjun ke lapangan mendatangi  objek sejarahnya.

Tips buat Mahasiswa Baru yang Kuliah di Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed

Kuliah di jurusan Pendidikan Sejarah sangat menyenangkan. Rata-rata objek sejarahnya dapat di jumpai di dunia nyata walaupun tidak lengkap seperti dulu, paling tidak ada jejak peninggalannya. Maka sungguh-sungguhlah dalam belajar setiap mata kuliahnya karena suatu hari jika kamu datang ke tempat sejarah yang pernah kalian bahas di kelas disitulah kamu akan merasa bahwa sejarah bukan hanya sekedar omong kosong.

Selain itu, jadilah mahasiswa sejarah yang suka menulis setiap objek sejarah yang kamu jumpai dan membagikan cerita tersebut di media sosial. Hal ini agar ingatan ilmu kamu semakin kuat dan orang lain dapat mengetahuinya. Selanjutnya, rajin membaca buku dengan berbagai referensi khususnya sejarah karena banyak cerita sejarah yang dibelokan dari kebenaran.

Prospek Kerja Alumni

  • Guru

Guru sejarah memiliki peluang yang sangat besar di tingkat SMA. Saat ini sejarah di pelajari di jurusan IPA dan IPS sedangkan di SMP dapat mengambil posisi sebagai guru IPS yang merangkum mata pelajaran ilmu sosial seperti sejarah, sosiologi, geografi dan sebagainya.

  • Sejarawan

Sejarawan adalah orang yang bekerja di bidang ilmu sejarah, ini bisa kamu dapatkan jika selama masa kuliah kamu aktif di berbagai kegiatan organisasi dan penelitian yang berhubungan dengan sejarah sehingga kamu memiliki skill lebih pada ilmu sejarahnya.

  • Penulis Buku Sejarah

Penulis buku Sejarah dapat menjadi salah satu peluang kerja yang luar biasa bagi kamu. Di jurusan pendidikan sejarah di UNIMED sendiri setiap mata kuliahnya mewajibkan adanya buku pegangan sebagai bahan bacaan. Terutama untuk mata kuliah sejarahnya biasanya kamu disuruh cari 5 buku setiap mata kuliahnya. Sebenarnya ini kesempatan besar kamu bisa jadi penulis buku sejarah dengan membaca dari berbagai sumber yang kamu punya ditambah riset di lapangan maka hasil tulisan kamu pasti luar biasa bagusnya.

  • Pengamat Museum

Pengamat Museum juga dapat kamu jadikan prospek kerja dengan sudah di bekalinya dari mata kuliah musiologi yang kamu pelajari, tinggal bagaimana kamu mengembangkan ilmu itu dan mencari peluang di lapangan.

  • Pemandu Wisata Sejarah

Pemandu wisata sejarah bagi yang kuliah di jurusan pendidikan Sejarah sudah tidak asing lagi, karena dari berbagai mata kuliah sejarah biasanya memberikan tugas untuk terjun langsung ke lapangan mengumpulkan hasil penelitian sehingga untuk menjadi pemandu wisata ilmunya sudah kamu dapatkan dari pengalaman memenuhi tugas kuliah.

Jurusan Pendidikan Sejarah kaya akan prospek kerjanya apalagi jika kamu melanjutkan tingkatan kuliah S2 dengan ilmu sejarah yang lebih kamu tekuni, maka kamu akan menjadi salah satu orang yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Harapan dan Rencana Saya Setelah Lulus

Saya ingin melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya S2 dengan spesifikasi bidang ilmu pendidikan yang tidak berpatok pada bidang sejarah. Saya memiliki cita-cita menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan sehingga saya harus mampu memahami dunia pendidikan. Rencananya saya ingin melanjutkan kuliah s2 dengan beasiswa di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Saya melihat kondisi keluarga yang masih banyak adik yang ingin bersekolah dan pendapatan orang tua yang masih rata-rata. Saya memiliki rencana kedua yaitu menjadi guru sejarah yang berprestasi dengan aktif di berbagai kegiatan yang menghasilkan karya seperti buku. Serta menjadi orang yang aktif di kegiatan penulisan/blog seperti di intipkuliah.com ini.

Kode Konten: X130

Komen dibawah! 3

  1. Sri Rahayu Marpaung

    Semoga bisa seperti kk
    Aamiin

  2. sriwahyuni

    Aamiin, semangat dek @Sri Rahayu Marpaung

  3. Levia Irmayanti

    Pengalaman yang luar biasa. Sukses terus kak.. semoga bisa menjadi seperti kakak.. Aamiin Allhumma Aamiin.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *