Sejarah, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Sejarah UNJ (Ayu)

Pendidikan Sejarah UNJ (Ayu)

Halo sobat intipers! Aku Ayu Meyla Sari jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Sejarah UNJ itu seperti apa?

Sebenernya sejarah itu ada dua ya, ada yang versi pendidikan dan ada yang ilmu sejarah. Kita mempelajari sejarah baik itu lokal ataupun di dunia, tapi selain mempelajari sejarah, karena itu notabene nya pendidikan, jadi mempelajari juga dasar-dasar pendidikan karena nanti gelarnya itu sarjana pendidikan, jadi udah disiapkan untuk mengajar sejarah ataupun diluar itu, tergantung dari individu itu sendiri. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Secara garis besar pendidikan sejarah di UNJ itu mempelajari sejarah juga kependidikannya. Kalau pendidikan sejarah itu kan bisa juga nanti S2 nya ngambil ilmu sejarah, karena masih berhubungan. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Sejarah UNJ?

Yang pertama karena emang dari SMK udah suka banget sama sejarah. Kalau kata orang kebanyakan sejarah itu pelajaran yang membosankan, tapi tidak buat aku justru dengan kata-kata orang seperti itu membuat aku semangat, dan juga aku memilih pendidikan sejarah di UNJ ini berkat motivasi guru-guru aku dan alhamdulillah nya aku diterima SNMPTN di UNJ, terlebih lagi aku ini anak SMK yang katanya juga SNMPTN itu kan agak sulit buat masuk di PTN. 

Aku mikir kalau perkataan orang itu ada salahnya juga, enggak semuanya bener dan aku sudah membuktikan sendiri kalau pendidikan sejarah itu seru, asik. Iya jadi aku milih pendidikan sejarah ini karena udah suka dan udah berpikir untuk masuk ke jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena aku masih semester 4 seperti biasa menganalisis, karena kan di sejarah itu dituntut literasi dan jangan males untuk membaca, jadi kita diberikan seperti buku, kita review, analisis, dan ternyata sejarah itu gak sesulit yang orang-orang bayangkan, jadi kebanyakan tugasnya seperti itu. Kalau memang sudah niat dari awal, insya Allah sampai akhir juga akan semangat.

Jadi kalau misalkan pendidikan sejarah di UNJ itu ada beberapa semester yang sudah di paketkan SKS nya, jadi kita tidak bisa memilih. Kalau sudah semester 3 keatas itu sudah bisa memilih contohnya sekarang aku sedang mempelajari sejarah Indonesia masa kolonial, sejarah eropa, dan semester sebelumnya aku sudah mempelajari filsafat sejarah, sejarah asia tenggara. Selain kita mempelajari sejarah Indonesia masa kolonial, kita juga mempelajari sejarah di negara maju seperti Eropa, Jepang, China cuman bedanya kalau ilmu sejarah nanti gelarnya humaniora.

Pendidikan Sejarah di UNJ itu banyaknya hafalan?

Kalau sejarah itu menurut aku bukan pelajaran hafalan, tapi yang terpenting itu kita mengerti dan juga kita paham alur kronologi dari suatu peristiwa. Kalau hafalan itu kita pasti lupa, tapi kalau misalkan kita asudah paham dan mengerti, ketika kita terjun ke duni apendidikan itu pasti sudah melekat di pikiran kita, berbeda dengan menghafal.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Secara garis besar, kalau mau masuk di Universitas Negeri Jakarta itu SNMPTN, lalu ada SBMPTN atau UTBK, jalur mandiri, dan juga jalur prestasi.

Jelaskan konsentrasi yang ada di jurusan pendidikan sejarah UNJ?

Udah aku jelasin sedikit juga, dari semester 3 dan seterusnya itu nanti ada SKS di paketin dan ada juga SKS milih, tapi kalau misalkan milih, misalkan aku di semester ini ada 22 SKS, nah dari 22 itu aku ada yang milih sejarah asia tengaara, ada juga yang TIK sejarah, karena di pendidikan sejarah UNJ ini satu mata kuliah itu diisi 20-30 orang. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Sejarah UNJ?

Tetap semangat! Pokoknya kuliah itu bukan tentang dimana kita berada, karena semua kampus itu sama aja. Kalau kita berusaha kita bisa jadi mahasiswa yang luar biasa. Percuma juga kita kuliah di kampus yang besar tapi kita tidak bisa mengimbangi diri kita sendiri akhirnya tersaing oleh individu yang lain.  

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi dari pendidikan sejarah itu ada banyak sekali. Kalau udah minat dari awal, karena ini notabene nya jadi pendidik itu bisa menjadi guru dan dosen. Tidak menutup kemungkinan untuk memilih pekerjaan diluar itu. Banyak alumni dari pendidikan sejarah UNJ itu ada jadi pebisnis, HRD, bisa juga jadi motivator. Jadi tergantung dari individu itu sendiri. Kalau kebanyakan dari pendidikan sejarah itu ada yang mengajar juga di UNJ menjadi dosen.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau harapan aku setelah lulus itu, aku punya keinginan ke S2 pendidikan sejarah, karena aku punya cita-cita jadi guru atau dosen, aku ingin membahagiakan orangtua, bermanfaat bagi orang banyak, karen amenjadi guru kan itu adalah pekerjaan yang mulia. Selain mendidik anak-anak di sekolah, itu juga memberikan pengalaman yang berkesan dalam hidup. 

Q&A

  • Perbedaan spesifiknya sejarah peminatan dan sejarah wajib? 

Kalau di SMA itu ada sejarah minat dan sejarah wajib, kalau misalkan sejarah wajib itu yang udah ada di RPS dari sekolah itu, jadi memang sudah wajib untuk dipelajari. Sedangkan sejarah peminatan itu memang ada perbedaan sedikit istilahnya itu pengelompokkan. Kalau untuk anak SMK itu sejarahnya dijadikan satu semua, jadi hanya sejarah. 

Kode konten: C410

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *