Sejarah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Sejarah UPI (Ali)

Pendidikan Sejarah UPI (Ali)

Halo! Kenalin saya Ali Wahyudi dari jurusan Pendidikan Sejarah UPI angkatan 2016. Kesempatan kali ini saya akan sharing tentang perkuliahan yang saya jalani. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Sejarah UPI?

Secara garis besar bisa dikatakan jurusan saya ini berfokus pada pendidikan tentang masa lalu. Jadi kita belajar banyak tentang berbagai hal di masa lalu kemudian diambil pelajarannya untuk di masa sekarang agar menciptakan masa depan yang lebih baik, agar kesalahan di masa lalu tidak terulang kembali.

Katanya jurusan saya ini dikenal banyak yang lulus lama, tapi sekarang-sekarang ini udah banyak yang lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat.

Oh ya, di kurikulum sekarang pendidikan sejarah berfokus pada sejarah pendidikan. Jadi gak ada konsentrasi seperti sebelumnya. Kalau sebelumnya ada 2 konsentrasi yaitu sejarah pendidikan dan sejarah murni Sejarah pendidikan berfokus pada pendidikan seperti kurikulum dan pembelajaran, sedangkan sejarah murni fokus pada sejarah.

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

pendidikan sejarah upi

Tugas kuliah di Pendidikan Sejarah UPI kaya gimana?

Umum sih tugasnya kaya buat makalah, jurnal terus ada praktikum dan kuliah kerja lapangan.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit itu ada sejarah pendidikan, sejarah budaya yang diampu oleh dosen-dosen yang bisa dikatakan legenda di UPI. Ada Drs. Ahmad Iryadi yang jadi favorit karena pembelajarannya enak dan pembahasannya menarik. Kalau di sejarah pendidikan kita belajar pendidikan yang gak serta merta sekarang tapi kita lihat lini masanya, yang tadinya pendidikan bareng keluarga sampai ke lembaga pendidikan.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Banyak orang yang salah kaprah dengan jurusan ini, menganggap untuk apa belajar sejarah karena kan sudah terlewati. Ternyata kalau kita pelajari masa lalu itu bisa jadi rumit karena sejarah itu gak tunggal, jadi gak aneh juga kalau mahasiswa sejarah sering berdebat dengan dosen. Karena itu juga yang diajarkan.

Prospek kerja Pendidikan Sejarah UPI / alumni kerja dimana aja?

Prospeknya luas, gak hanya jadi guru. Bisa juga kerja di museum atau Kemdikbud.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Sukai dulu jurusan, jadi minimal harus menyukai apa yang akan dilakukan baru nanti akan menikmati di jurusan ini.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus?

Harapannya jurusan sejarah semakin berkembang dan orang orang lebih melek sejarah. Rencana pribadi saya mau cari kerja dulu setelah lulus.

Kode Konten: Y184

Komen dibawah! 18

  1. aliwahyud1

    Waalaikumsalam. Lulus cepat atau tidaknya seseorang tergantung bagaimana proses selama dia kuliah. Lulus cepat tak selalu jadi patokan. Mata kuliah yang agak susah adalah Filsafat Sejarah, di matkul ini pemahaman kita akan sejarah benar2 akan diuji

    • Eka Febri Novitasari

      Assalamualaikum kak. Saya rencana mau ambil jurusan pendidikan sejarah. Tapi belum bener bener mateng. Saya masih bingung bagaimana kuncinya menikmati belajar sejarah dan berdasarkan pengalaman kakak apa saja sih yang harus di persiapkan saat sudah masuk di jurusan ini kak

      • aliwahyud1

        Waalaikumsalam. Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan adalah menyukainya terlebih dahulu. Bagaimana kamu bisa menikmatinya kalau tidak menyukainya? Maka dari itu munculkan dulu rasa suka itu, baru kamu akan menikmatinya. Dan yang harus kamu siapkan selanjutnya adalah pemahaman kamu. Hapalan memang penting, tapi lebih diutamakan pemahaman. Karena masa lalu itu benar-benar kompleks, jadi kamu harus paham dengan apa yang akan kamu pelajari

      • aliwahyud1

        Waalaikumsalam. Untuk masuk ke jurusan sejarah yang harus kamu siapkan adalah pemahaman kamu dan bersiap dengan pemikiran yang kompleks. Karena nanti kamu akan dihadapkan pada situasi2 yang dimana kamu akan dituntut mampu menafsirkan setiap kejadian yang benar2 kompleks

  2. Rzqi Khoirunnisa

    Halo kak, apakah perlu menghafal semua kronologi sejarah? Dan apakah yang diperlukan itu lebih ke penalarannya atau apakah menghafalnya?

    Terima kasih.

    • aliwahyud1

      Hi. Menghafal memang diperlukan, akan tetapi penalaran dan pemahaman lebih diutamakan dalam sejarah. Jika hanya menghafal tapi tidak memahami akan susah mengikuti kronologisnya

  3. Wari Paujiah

    Hallo ka, apakah pendidikan sejarah untuk saat ini banyak peminatnya? Dan juga, suka dukanya belajar sejarah itu gimana sih ka?

    • aliwahyud1

      Hallo. Jurusan pendidikan sejarah UPI mengalami peningkatan peminat beberapa tahun belakangan ini. 2018 yang paling banyak. Suka dukanya belajar sejarah itu banyak. Sukanya adalah kita jadi terbantu memahami masa kini dengan sangat baik. Dukanya adalah kota harus bekerja sangat keras untuk memahami masa lalu, karena setiap peristiwanya mengandung arti

  4. Syifa Hoirunnisa

    Assalamualaikum ka, ka saya inshaallah mau masuk ke pendidikan sejarah UPI. Tapi sebelumnya saya mau tau apa d pendidikan sejarah UPI bnyak peluangnya? Atau ramai peminat nya? Tolong arahan yah ka

    • aliwahyud1

      Waalaikumsalam. Setelah lulus dari pendidikan sejarah kita akan mempunyai banyak peluang, mengingat lulusan jurusan ini sangat jarang ditemukan. Untuk peminatnya beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kamu tidak usah khawatir, jurusan ini juga terbuka untuk kamu kok jadi kamu harus tetap semangat yaaa supaya lancar

  5. Juni setiawan

    Selmat siang kk
    Kk klau kita pingin mengambil jurusan sejarah apakah kita harus pintar dibidang sejarah kk

  6. Juni setiawan

    Dulu waktu SMA saya jurusan IPS makanya saya skrng mau ngmbil jurusan sejarah,, dan apsih yg dipelajari di kampus tentang jurusan sejarah kk

    • aliwahyud1

      Yang dipelajari di jurusan sejarah itu beragam. Mulai dari sejarah indonesia sampai dunia semua dipelajari. Disamping itu kita juga belajar ilmu pendidikan untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah

  7. Achanalista

    Hallo kak selamat siang.
    Kak aku mau tanya kalau portofolio pendidikan sejarah bagaimana ya?
    Terima kasih

  8. Mufita rahmatul barokah

    Kak aku sekolahnya di Man jurusan kegaamaan apa bisa saga mau ambil jurusan pendidikan sejarah terus kalo kuliah di pendidikan sejarah bisa mengajar di madrasah ibtidaiyah (MI)

  9. Eggles Dela Hulu

    Salam kenal kak selamat Pagi
    Izin bertanya kalau kita masuk
    UPI itu pada Prodi Pendidikan Sejarah apa saja syaratnya kak, apa

  10. Eggles Dela Hulu

    Salam kenal kak selamat Pagi
    Izin bertanya kalau kita masuk
    UPI pada Prodi Pendidikan Sejarah apa saja syaratnya kak, apa harus ada alumni dari sekolah saya baru bisa masuk atau bagaimana? Apa saja jalur masuk Ke Fakultas Pendidikan Sejarah UPI berapa uang kuliah di UPI dari awal sampai selesai Kuliah kak dan yang terakhir apa ada Asrama untuk putri yang berkuliah di UPI misalnya kalau ada, setahu kakak berapa perBulan ? Hehehehe Terimakasih sebelumnya kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *