Tari, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Tari UPI (Gaung)

Pendidikan Tari UPI (Gaung)

Halo sobat intipers! Aku Gaung Rizki Gustiaji dari Pendidikan Seni Tari UPI angkatan 2016.. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Tari UPI itu seperti apa?

Kita mempelajari ilmu kependidikan dan seni tari tentunya. Ilmu kepenididkannya itu ada mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, dan lain lain. Keterampilan menariny dari gerak dasar tari untuk putra putri dan Taian dari nusantara. Suasana belajarnya itu serius tapi santai jadi menyenangkan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Tari UPI?

Sebenernya dulu aku mau masuk Biologi, tapi setelah konsultasi dengan guru BK akhirnya nyari jurusan lain, karena aku juga lebih banyak prestasi di bidang tari makanya pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yaitu Pendidikan Seni Tari di UPI Bandung.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyka mata kuliah yang gak ada di prodi lain. Tugasnya itu yang khas berupa pagelaran, hampir tiap semester ada pagelaran. Semesster 1 kita belajar dasar-dasar dan belum ada matkul yang bentuk ujiannya pagelaran, tapi bisanya mahasiswa baru mengadakan pagelaran yang dibimbing oleh himpunan. Semester 2 ada pagelaran matkul tari mancanegara, semester 3 gak ada pagelaran tapi ada pagelaran tata rias, jadi selain ilmu tari kita juga belajar tata rias dan tata busana.

Kegiatan apa aja yang ada di jurusan Pendidikan Seni Tari?

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun itu Isola 12 Jam Menari nah itu kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Seni Tari, ini sebagai hajat besar seni tari sekaligus jadi ajang silaturahmi seniman yang sudah berskala nasional. Ada juga festival yang langsung dipimpin oleh dosen, Bandung Isola Performance Festival jadi kita menampilkan beberapa karya yang sudah diseleksi dan kegiatannya berskala internasional. Banyak juga seminar dan workshop yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Sama dengan jurusan lain, Pendidikan Seni Tari menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN dan SM UPI. Biasanya daya tampung tiap tahunnya itu bertambah tiap tahunnya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kuliah di Seni Tari itu harus menyiapkan fisik dan mental, karena kuliahnya tidak semudah yang dipikirkan, banyak rintangan dan tantangan tapi selama melaksanakan bersama-sama pasti bisa. Mahasiswa Seni Tari itu terkenal dengan kekompakannya dengan teman angkatan, antar angkatan bahkan dengan alumni.

Tantangan terberatnya itu soal membagi waktu, karena kuliahnya padet banget. Biasanya pagi kuliah baik teori atau praktik, setelah kuliah perlu latihan juga apalagi kalau mau ada acara. Jadi bisa latihan sampai malam, bahkan di hari H pagelaran itu kita menjadi panitia sekaligus tampil juga. Yang sering dilupakan itu waktu makan, jadi banyak yang kait makanya harus bisa mengatur waktu.

Tubuh yang sehat dan prima itu jadi hal yang penting di Seni Tari, selain itu kita juga perlu mempersiapkan properti menari seperti sinjang atau sampur, dan nanti juga pasti ada arahannya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja utamanya jadi guru SBK, bisa jadi seniman, koreografer atau penarinya itu sendiri, namun banyak juga alumni yang sukses jadi MUA, pengusaha di bidang produksi atau penyewaan kostum tari, membuka sanggar sendiri, bekerja di perusahaan di bidang seni.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalau bicara keinginan setelah lulus pengen lanjut S2, tapi saya juga pengen mencari pengalaman kerja terlebih dahulu.


Q&A

  1. Pendidikan Seni Tari itu basic nya harus anak sanggar tari gak? Aku pengen masuk tapi cuma punya basic autodidak dari ekskul

Sebenernya gak harus orang-orang yang terlatih dari sanggar, banyak juga temen-temen saya yang keterampilannya dari autodidak atau ekstrakurikuler. Jadi jangan khawatir juga karena kita belajar dari awal.

  1. Skor UTBK minimal untuk masuk jurusan ini berapa?

Saya gak dapet data pasti soal skor UTBK untuk masuk jurusan ini, hanya setahu saya rata-rata skor UTBK untuk masuk UPI itu 500, tapi tidak hanya skor UTBK yang diperhitungkan ada juga portofolio dan praktik. Portofolio itu kalau SNMPTN kita mengirimkan video tari baik itu solo maupun berkelompok, biasanya tari tradisional atau kreasi. Kalau SBMPTN biasanya praktisi langsung, jadi nanti ada instruktur dari kakak tingkat dan nanti dinilai oleh dosen juga ada wawancara. Kalau tahun ini teknisnya sendiri belum tahu akan seperti apa.

Kode Konten: Y258

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *