Pendidikan Sosiologi Antropologi, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS (Yustika)

Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS (Yustika)

Halo sobat intipers! Aku Nira Yustika dari Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS?

Dijurusan ini kita kan dari 3 disiplin ilmu, ada dari pendidikan, sosiologi dan antropologi. Dijurusan saya fokus ke 3 keilmuan itu, tapi lebih banyak ke pendidikan dan sosiologi, namun masih dapet ilmu antropologinya. Hampir sama dengan ilmu sosiologi murni, belajar mengenai teori klasik, kajian budaya media, pendidikan dimana outputnya praktiknya kita magang kependidikan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Sosiologi Antropologi?

Sebenarnya aku masuknya lewat jalur SBMPTN. Jadi waktu itu masih milih 3 prodi kan, pilihan pertamaku ga lolos. Ekonomi Pembangunan ini ada dipilihan kedua. Aku memang suka belajar ekonomi dan ilmu sosial. Dijurusan Ekonomi Pembangunan ini lebih banyak belajar sosialnya jadi aku tertarik.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Pendidikan Sosiologi Antropologi?

Ada, misal kita membuat penelitian etnografi dimana harus terjun kelapangan dan harus mengikuti rutinitas suatu budaya. Saya dapat matkul ini disemester 6 dan selama 1 semester saya melakukan penelitian. Lalu ada microteaching untuk mempersiapkan magang kependidikan di SMA. Kalau yang khusus banget itu anak pendidikan praktikumnya microteaching tentunya, mengajarkan bagaimana mahasiswa membawa pembelajaran, menyampaikan materi dengan baik dengan berbagai macam metode. Membuat silabus dan kemudian dibreak down menjadi silabus serta RPP, kami dari jurusan pendidikan mempelajari ini. Kami juga banyak belajar metode mengajar dan bagaimana caranya kita bisa menarik siswa untuk mau belajar. Selain itu, kalau disosiologinya ada patologi sosial, praktikum lapang dimana kita menyelesaikan permasalahan sosial, waktu itu aku nulis LC di karaoke, lalu teman aku ada yang menulis tentang perjudian, pelacuran dan hal lainnya. Kalau mata kuliah antropologi yang tadi mengenai etnografi.

intipkuliah-web1

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Di UNS selain dari SNMPTN dan SBMPTN, ada juga jalur mandiri. Kalau dulu waktu 2018 saya masuk melalui jalur SBMPTN.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Tipsnya untuk adik-adik yang baru masuk, intinya selama kuliah itu manfaatkan waktu 4 tahun dengan kegiatan yang ga monoton, bisa mengikuti organisasi internal maupun eksternal kampus. Kuliah harus bisa memanage waktu baik untuk kuliah, nugas dan organisasi. Jangan terlalu memakan waktu diorganisasi karena tujuan kita kan kuliah. Cari jejaring dan komunikasi dengan dosen juga.

Untuk adik-adik yang baru mau menjadi mahasiswa, yang jelas selagi masih mahasiswa baru harus mencari formulasi belajar yang tepat bagi diri sendiri. Misal tipe audio yang lebih suka mendengar atau tipe visual dengan melihat gambar atau memberi warna pada catatan. Mulai semester 3 itu udah banyak teori yang diberikan, jadi biasanya sih disuruh membuat kelompok kecil untuk belajar bareng mengenai suatu topik atau satu buku dimana bahasannya akan dibagi-bagi lalu didiskusikan bersama. Membuat to do list setiap hari juga bisa. Lalu bisa juga membuat timeline tugas sendiri biar ga jadi deadliner.

Prospek kerja dan alumni jurusan Pendidikan Sosiologi Antropologi UNS seperti apa?

Kalau prospek prodi aku itu gacuma jadi guru SMA saja, ada juga prospek menjadi dosen atau lanjut studi. Ada yang jadi peneliti, kemudian bisa juga kerja di LSM bahkan LBH. Yang baru-baru ini alumni 2016 bekerja di staff ahli DPR. Jangan mikir kalau jurusan pendidikan itu hanya jadi guru aja. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

Kode konten: C960

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.