Sosiologi, Universitas Negeri Semarang

Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Unnes (Dandy)

Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Unnes (Dandy)

Halo gaes, Perkenalkan saya Dandy Prayoga  Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Unnes (Universitas Negeri Semarang) Angkatan 2019, biasa dipanggil Dandy. Disini saya ingin membagikan informasi sekaligus pengalaman saya di jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat ya untuk para pembaca sekalian. Yuk, simak selanjutnya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang Dipelajari di Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES?

Sesuai namanya, kita diajarkan untuk mempelajari bidang ilmu Sosiologi dan Antropologi. Bagaimana sudah pernah denger sebelumnya? Ya, jurusan saya ini memang tidak biasa. Pada Perguruan Tinggi lain biasanya antara jurusan Sosiologi dan jurusan Antropologi itu dibedakan, Sosiologi sendiri dan Antropologi sendiri. Nah sedangkan di UNNES ini digabung antara Sosiologi dan Antropologi, dan juga akan dipersiapkan menjadi guru/pengajar karena masuk ke jurusan pendidikan. Tentu saja keuntungan di jurusan ini ialah dapat mempelajari 2 bidang ilmu sekaligus.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa Saja Mata Kuliah di Jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES?

Contoh mata kuliah yang akan kita pelajari di jurusan ini seperti mata kuliah Pengantar Sosiologi dan mata kuliah Pengantar Antropologi. Menurut saya, dua mata kuliah ini  sangat penting dan mendasar di jurusan saya. Dua mata kuliah ini dapat membantu mahasiswa yang sebelumnya belum mengenal dan belum mempelajari Sosiologi dan Antropologi. Contohnya saya yang berlatar belakang anak SMK. Jadi buat kalian yang belum memiliki informasi pengetahuan tentang ilmu ini tidak perlu takut. Aalkan ada niat dan keinginan yang kuat untuk belajar, maka Insya Allah akan diperlancar dalam memahaminya.

Biasanya, jika masih semester satu tugas yang diberikan ini berupa pembuatan catatan-catatan mengenai Sosiologi dan Antropologi. Kemudian untuk di semester selanjutnya barulah kita diajarkan untuk mulai mengamati fenomena masyarakat yang terjadi. Kemudian dikaitkan dengan materi yang dipelajari. Selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk artikel atau makalah dan juga terkadang dalam bentuk ppt. Tidak hanya mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan, kita juga diberi mata kuliah umum yang diwajibkan ditempuh bagi semua mahasiswa di Universitas Negeri Semarang ini. Untuk beberpa mata kuliah umum yang bersifat wajib ini contohnya seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Pendidikan Psikologi, Pendidikan Konservasi, dll.

Tips Untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi UNNES?

Nah untuk tips yang dapat saya bagikan kepada kalian ialah rajin membaca buku dan menonton berita. Di jurusan ini para dosen biasanya memberikan tugas dengan mewajibkan para mahasiswa mencantumkan sumber dari informasi dan materi yang disampaikan, sumbernya harus berupa buku, artikel ilmiah, jurnal ilmiah dan semacamnya. Tidak boleh dari blog, internet semacam itu karena belum pasti kebenarannya. Salah satu hal menarik dan unik yang saya lakukan ialah membeli buku-buku yang berhubungan dengan jurusan saya, padahal sejak saya sekolah belum pernah membeli buku demi kepentingan sekolah, tetapi sekarang rasanya jika tidak membeli itu hanya akan mempersulit kita dalam mengembangkan materi yang kita punya. Bisa juga dengan meminjamnya di Perpustakaan yang tersedia di tiap jurusan.

Dosen juga sering memberi tugas tentang laporan bacaan dari sebuah buku yang di informasikan, kemudian dikumpulkan dalam laporan bacaan. Jadi untuk kalian yang tidak terbiasa membaca di jurusan ini kalian akan lebih diajak untuk selalu membaca dan sadar akan pentingnya sebuah buku bacaan. Intinya jika kalian ada semangat belajar yang kuat maka Insya Allah rintangan apapun itu dapat kita lalui dan dibarengi dengan niat beribadah menuntut ilmu sehingga dapat bermanfaat bagi diri kita dan lingkungan sekitar. Baca juga artikel saya tentang Apa itu Sosiologi?

Prospek Kerja Pendidikan Sosiologi dan Antropologi?

Karena jurusan ini termasuk jurusan pendidikan, maka banyak alumni yang menjadi guru, dosen, pengajar bimbel karena memang sudah dibekali ilmu tentang bagaimana cara menjadi pengajar dan pendidik yang baik. Dosen di jurusan kami juga banyak yang merupakan alumni dari jurusan ini. Tapi tidak harus jadi seperti yang diatas, lulusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi berpeluang juga menjadi seorang Peneliti Sosial Budaya, Penulis Buku/Artikel, Jurnalis, Kewirausahaan Sosial, Konsultan, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN), Pegawai BUMN, Pegawai Swasta, dll. Jadi untuk kalian yang tidak mau jadi guru, tidak usah ragu untuk mendaftar di jurusan ini, karena lulusannya tidak melulu menjadi guru, banyak juga di bidang lainnya, yang penting kita dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri kita ini.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Rencana dan Harapan Saya Setelah Lulus?

Setelah lulus menjadi sarjana, saya berencana untuk melanjutkan program Magister (S2) di Universitas Gadjah Mada melalui program beasiswa LPDP. Saya bercita-cita ingin menjadi dosen, untuk itu saya perlu melanjutkan pendidikan saya. Kenapa saya memilih UGM? Karena saya memiliki impian untuk dapat belajar disana, dosen-dosen saya juga S2 S3 nya banyak yang di sana. Saya ingin menjadi seseorang yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar, kalo pun saya tidak menjadi dosen, setidaknya saya dapat menjadi orang yang bermanfaat dengan tetap berbagi pengetahuan bisa dengan menjadi guru di sekolah-sekolah, bisa juga menjadi guru bimbel dan semacamnya. Bahkan jika diberikan Umur dan Rezeki saya juga berniat untuk melanjutkan program Doctor (S3) di UGM. Karena bagi saya menuntut ilmu itu tidak akan ada habisnya, seperti kata hadist Rasulullah yang kutipannya itu kalo tidak salah berbunyi “Tuntutlah ilmu sampai keliang lahat”.

Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi para pembaca, Semangat..

Kode konten: X304

Komen dibawah! 15

  1. Nailiya

    Halo, kak… mau tanya…
    Kalo jurusan sosiologi antropologi itukan ilmunya luas banget. Bahkan di kuliah materinya lebih banyak daripada di sekolah. Apakah di jurusan sosiologi itu belajarnya sering terjun langsung di masyarakat dan membuat laporan?
    Makasih…

    • dandyp8

      Halo Nailiya.. Iyaps betul materinya tentu lebih luas lagi, sub bab yg ada disekolah seperti penyimpangan sosial, perubahan sosial budaya, lembaga sosial itu dijadikan sebagai mata kuliah, atau yg biasa kalian kenal dengan sebutan mata pelajaran. Nah untuk tugasnya biasanya kalo smt 1 itu lebih banyak mencari dan memahami teori, ya meskipun ada sih yg turun ke lapangan tapi engga banyak. Untuk smt selanjutnya banyak yg turun kelapangan mengamati fenomena sosial yg terjadi dan dikaitkan dengan teori sosiologi.
      Misalnya seperti sekarang di masa pandemi, ini bisa dilihat menggunakan teori perubahan sosial budaya karna banyak perubahan yg terjadi di kehidupan sekarang. Bagaimana de? Kalo masih ada yg kurang jelas bisa ditanyakan kembali😊😊

  2. Nickk

    Halo,kak! Mau tanya
    saya ngambil jurusan nya di pendidikn Antropologi .
    Apakah jurusan Antropologi dan pendidikan Antropologi itu sama ya?
    Apakah prospek kerja pendididkan antropologi lebih sempit dibandingkan prospek kerja jurusan Antropologi yg notabene nya bukan pendidikan?
    Karna banyak yang bilang prospek kerja jurusan antropologi maupun pendidikan antropologi sulit sekali.
    Mkasihh kak🙏🙏

    • dandyp8

      Halo Nickk. Yaps betul sama saja, hanya saja kalo Pendidikan Antropologi lebih disiapkan untuk menjadi pengajar, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalo lulusan antropologi bisa menjadi guru juga. Mata kuliahnya pendidikan antropologi pun akan ditambahkan mata kuliah pendidikan seperti misalnya Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, dll yg berhubungan dengan pendidikan. Kalo prospek sempit? Oh tentu tidak. Peluang itu ada dari mana saja, kita bisa menjadi apapun. Tinggal diri kitanya saja yg mau mentrigernya atau tidak. Contoh yg keliatan saja ada guru sma, ada dosen kamu nanti, kemudian ada nama penulis yg tertera di buku antropologi mu, dan masih banyak lagi prospeknya. Intinya lakukanlah yg terbaik selagi proses, karna hasil tidak akan menghianati proses yg sudah berjuang. Kalo masih kurang mengerti bisa lanjut bertanya ya😁

  3. Karim Abdul Jabbar

    Kak mau tanya dong, apakah jurusan pendidikan sosiologi antropologi bisa lanjut S2 ke Sosiologi murni kak?

    • dandyp8

      Bisa dong, sosio murni boleh, antro murni boleh. Alumni dan dosen kami contohnya. Mereka ada yg lulusan antropologi ugm, antropologi ui. Ada juga alumni kami yg baru diterima s2 sosiologi upi melalui beasiswa lpdp😁

  4. RITA NINGRUM

    Kak mau tanya dongg, gelar pendidikan sosiologi dan antropologi Unnes apa ya? Terimakasih kak

  5. AYYU

    ohh jadi kemungkinan bakal jadi guru sosiologi ya kak?

  6. Zahra

    Permisi kak, mau tanya untuk lulusan pendidikan sosiologi antropologi itu peluang CPNS nya apa kecil kak?

    • dandyp8

      Halo Zahra, engga kecil de. Apalagi ini 3 keilmuan sekaligus. Kamu diberi modal ilmu pendidikan, ilmu sosiologi, ilmu antropologi. Jadi seiring perkembangan zaman prodi ini pun akan terus berkembang. 😊

    • Nugroho

      Kak mau nanya perbedaan jurusan sosiologi dengan jurusan pendidikan sosiologi antropologi itu apa sih kak?
      Dan prospek kerjanya bagaimana ?

  7. Aulia Khoerunnisa

    Halo kak , mau tanya,
    Apa harus suka membaca ka, jika ingin mengambil pendidikan sosiologi antropologi??

  8. MENNE FOAN TAPATAB

    Halo teman.. mau tanya sedikit.. kalau kita yg dari luar Jawa mau kuliah di prodi pendidikan Antropologi mau daftarnya gimana?? Mohon pencerahan. Makasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *