Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Sosiologi UPI (Auliya)

Pendidikan Sosiologi UPI (Auliya)

Halo sobat intipers! Aku Auliya Kania Rachmawati jurusan Pendidikan Sosiologi UPI / Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Pendidikan Sosiologi UPI itu seperti apa?

Jadi kalau pendidikan sosiologi di UPI ini kurang lebih sama kaya di univeristas pada umummnya tapi kita ada mata kuliah yang kependidikannya jadi kita kurang lebih belajar mata kuliah sosiologi umum kaya di jurusan sosiologi di universitas lain.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Sosiologi UPI?

Alasan sebenernya dulu cari aman, karena dilihat di bimbel juga waktu itu sosiologi salah satu nilai yang paling besar dan berpeluang masuk ke PTN nya, terus pas diliat di skor ujian nasional juga dilihat dari empat mata pelajaran sosial itu, sosiologi paling besar nilainya jadi memutuskan buat milih pendidikan sosiologi UPI. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Sosiologi kan ini jurusan ilmu yang mempelajari masyarakat itu sendiri, baik dari sosialnya dan hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat, hal yang membedakan itu kalau di pendidikan sosiologi tiap tahunnya tuh ada yang namanya KKL (kuliah kerja lapangan), jadi kita turun langsung ke kelompok-kelompok masyarakat ke desa adat buat menelaah masyarakat di desa adat itu seperti apa, itu sih yang ngebedain sosiologi dengan jurusan lain.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau khususnya di pendidikan sosiologi UPI tuh gak ada konsentrasinya, jadi kita secara umum belajar sosiologi, tapi di jurusan-jurusan lain itu ada konsentrasinya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Tiga jalur masuk yang bisa diikuti calon mahasiswa, SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Sosiologi UPI?

Tipsnya jangan cape sama kepenulisan kaya bikin jurnal, artikel dll pokonya jangan capek, karena emang di kita itu dosennya pengen banget kita aktif dalam kepenulisan, menerbitkan sebuah karya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau pendidikan itu pasti identiknya dengan guru. Tidak menutup kemungkinan di bidang penelitian, ada juga yang bekerja di kemendikbud. Alumni pendidikan sosiologi UPI 2010 atau 2012 itu bekerja di kemendikbud dari pendidikan sosiologi. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencananya kalau dapet rezekinya mau lanjut S2 dan ngambil Sosiologi murninya, tapi kalau belum rezekinya kerja dulu jadi guru atau pekerjaan yang lain tapi kepengen banget lanjut S2.

Q&A

  • Di pendidikan sosiologi ada penelitian-penelitiannya gak kak?

Belum terlalu banyak sih penelitiannya, tapi selalu ada turun lapang. Kalau online itu ada tugas buat individu buat cari apa gitu tapi secara daring.

Kode konten: C366

Komen dibawah! 1

  1. Adinda Auliya Rachma

    Assalamualaikum kak auliya , mau bertanya kak . Peminat untuk masuk jurusan UPI ini banyak ngga kak ?? Tugas paling sering keluar selain dari KKL ini apa lagi kak ?? Sama yang dimaksud aktif di Kepenulisan dan menerbitkan sebuah karya itu gimana ??
    Terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *