Tata Busana, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Tata Busana UPI (Gissa)

Pendidikan Tata Busana UPI (Gissa)

Hai! Nama saya Gisya dari jurusan Pendidikan Tata Busana UPI angkatan 2018. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Tata Busana UPI?

Banyak yang bilang kalau kuliah jurusan pendidikan tata busana itu nantinya cuma bias jadi tukang jahit, padahal prospek kerjanya itu luas. Nanti kuliahnya itu pastinya ada ilmu pendidikan dan tata busana, di semester awal kita belajar semuanya  buat bekal penjurusan di semester selanjutnya. Semester awal itu kita belajar menjahit, disuruh bikin rok sama blouse, sebenernya aku kan dari SMA kan jadi kaget juga. Selain rok dan blouse, sejauh ini aku udah menghasilkan produk busana pesta anak, sama kemeja pria batik. Di semester lainnya pasti masih banyak. Produk-produk itu bisa dipake sama kita karena size nya itu ngikuti size kita.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Ada 4 konsentrasi yang bisa dipilih di Pendidikan Tata Busana UPI pada semester 4:

  1. Butik itu fokus belajar membuat busana etnik, adibusana dan busana pesta
  2. Desain itu fokus membuat busana karnaval gitu dan desainnya udah pake teknologi
  3. Kriya itu fokus belajar batik, jumputan, sulam, sablon, dll
  4. Tata rias itu fokus ke make up dan cara merawat tubuh

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya itu lebih banyak praktisi dan banyak observasi juga ke sekolah-sekolah. Selain praktik, tetep ada tugas buat makalah dan presentasi.

Apa mata kuliah di Pendidikan Tata Busana UPI dan dosen favorit aku?

Aku suka matkul batik dan jumputan. Dosen favorit aku itu Bu Cucu dan Bu Suci, kalau Bu Suci itu tegas dalam mengajar terus banyak banget pengalaman dan ilmunya jadi kita sangat mengagumi beliau. Kalau Bu Cucu itu lebih kaya jadi orang tua sendiri.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya pas buat kemeja pria, buat aku yang dari SMA gak punya basic menjahit jadi belum lancar-lancar banget itu susah banget, apalagi ini batik ya jadi harus menyambungkan motif kanan dan motif kiri jadi gimana caranya biar gak ada sambungan gitu.

pmb2-min

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni ada yang jadi guru SMK, membuka kursus, kerja di bagian wardrobe di TV, jadi stylist dan jadi desainer juga bisa.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Jangan sampek tugas dibiarin numpuk karena bakal kececer sama tugas yang lain karena tugasnya kan banyaknya gak bisa jadi dalam semalam dan buat penjurusan nanti itu harus bener-bener dipertimbangin sesuai minat.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Pengennya berwirausaha gitu dan jadi desainer.

Kode Konten: Y203

Komen dibawah! 87

    • Adelia Mawahdah

      Assalamualaikum kak,saya mau nanya kak kalau untuk praktek itu dalam sebulan kira kira ada berapa kali praktek ya kak,terus dalam sebulan itu menghabiskan uang berapa ya kak kalau untuk praktek

    • Ifel

      Kak, kakak kan dari SMA jurusan IPA lagi, dan setahu aku tata busana itu soshum, jd dulu waktu tes nya kan ad soal” ips itu gimana kakak?

    • Asni. Rahmawati

      Assalamualaikum kak..
      Perkenalkan nama saya Asni Rahmawati
      Saya siswi SMA Kak.. kak saya mau tanya, kalo Kaka masuk kuliahnya lewat jalur mandiri atau beasiswa kak? Kalo beasiswa boleh dong kak bagi tipsnya kak, saya minat banget kuliah di upi urusan tata busana.
      Terimakasih kak

    • Dewita Maharani

      Kak anak IPA bisa masuk Pendidikan tata busana gak? Dan klo bisa,ngambil jalur apa kak?

    • gisya

      Assalamualaikum kak! kenalin nama aku gisya. Izin bertanya kak, kalau biaya kuliah per semester nya kira² berapa juta ya kak?
      Terimakasih kak

    • fia

      hai ka aku mau nnya,klo misalnya kita dri smk mau masuk kuliahan upi, lewat jalur sbmptn atau snmptn atau mandiri,itu di test nya ttp pake materi soshum ka? mohon dibantu ya ka hehehe☺️

  1. Nuha Is'af Rosyidah

    Assalamualaikum kak, izin mau bertanya,nanti pada saat sudah mulai berkuliah apakah nanti materi yang berkaitan dengan tata busana diajarkan dari materi dasar dulu kak? Soalnya aku juga dari anak SMA takutnya nanti udah langsung keburu praktek soalnya belum ada ilmu soal tata busana. Sekian wassalamualaikum kak?

    • gissarahma

      Waalaikumsalam Nuha.
      Di awal semester semua materi yg diajarkan dari dasar, klo untuk prakteknya itu kita langsung siap buat ngejait. Pasti dengan sendirinya kita bisa langsung ngejait, cuma memang masih agak kaku, tpi ya harus banyak latihan.
      Oiya terus juga jangan malu buat minta bantuan sama dosen atau temennya yg dari SMK.
      Semoga terjawab yaa 🙂

  2. Ismi nuraini

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kak
    Ijin bertanya
    Untuk yang penjurusan misalnya aku pilih tata rias nahh lanjutan kuliah nya gimana apa akan ada pelajaran pelajaran khusus gitu kak??
    Sekian terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • gissarahma

      Waalaikumsalam ismi, terimakasih untuk pertanyaannya.
      Setiap paket jurusan sudah ada mata kuliahnya masing-masing misalnya yg tata rias nanti ada matakuliah cara merias rambut, merawat tubuh dll.

  3. Salwa

    Assalamu’alaikum kak
    Izin bertanya kalau mau masuk pend. Tata busana upi jalur sbmptn rerata nilai utbk nya berapa ya kak ?
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

  4. Siti putri jayanti

    Assalamu’alaikum kaka, izin bertanya kak, setiap praktek kira kira mengeluarkan biaya berapa kak?
    Terimakasih:)

  5. vania

    Assalamualaikum kak, izin bertanya, selama kakak praktek dulu biaya paling mahal kira-kira berapa kak?

  6. Amalia Firda Farhaniah

    Assalamu’alaikum kak aku dari MAN mau tanya tentang pend. Tata busa hal yang harus dipersiapkan ketika sekarang kan aku kls XII kata guru aku coba tanya” sama kakak klsnya tapi kakak kls aku tuh gak ada yang masuk jurusan tata busana jadi aku tuh bingung sekarang itu hal apa aja sih yang harus aku persiapin untuk ingin masuk kuliah dan aku ingin masuknya ke jurusan tata busana dan ibu aku bilang gunain KIP ( kartu indonesia pintar) itu loh kak untuk anak” yang kurang mampu supaya nanti pas kuliah itu kita membayar uang kuliahnya tidak terlalu berat. Tapi aku tuh masih belum ngerti hal apa dahulu yang harus aku lakuin sekarang???
    Maaf ya kak kalau bahasanya berbelat belit…??
    Makasih kak sebelum dan sesudahnya☺☺

    • gissarahma

      waalaikumsalam amalia ? sesuai dengan pengalaman aku, mulai latihan gambar anatomi (proporsi tubuh) atau bisa juga sama bajunya, search artikel tentang fashion, mental kita juga harus siap, biaya (karna mata kuliahnya hampir semua praktek), kalo dirumah kamu ada mesin jait boleh dilatih dari skrg karna pas kuliah nanti siap ga siap harus bisa jahit. Nanti di kuliah bisa ikut bidikmisi (KIP-K).
      semoga terjawab ya ? semangaaat !!?

    • Ghina nurul fitrillah

      Ass Kak.. Nama saya Ghina, saya dari ciamis. Saya mau bertanya .., saya kan dari ipa.., apa bisa saya ikut snmptn ke upi jurusan tatabusana? , mohon dijawab ya kak…

  7. Icaa

    Praktek itu kan pasti menggunakan mesin jahit, nah mesin jahitnya itu harus punya sendiri ? Atau emng kampus yang udah nyediain ?Makasih, smg d jwab ya kak?

  8. SABRINA HOERUNNISA

    Assalamualaikum …

    Mau tanya kak kalo di tata busana UPI masih ada beasiswa gak. (Buat tahun 2024)

    Maaf pertanyaanya langsung ke inti,, ??

    Thanks …

  9. Chairunnisa

    Assalamualaikum ka mau nanya nih,testingnya apa aja sih?apakah d terima semua setiap orang yg udah test d UPI jurusan tata busana?biayanya berapa yah ka?

  10. Hilwah

    Assalamualaikum kak aku mau nanya kalau keluar dari upi jurusan tata busana udah ada jaminan jadi desainer, satu lagi kak kalau bagian baju pesta mempelajari baju pengantin juga???

    Terimakasih sesudah dan sebelum nya?

    • gissarahma

      waalaikumsalam ? maaf baru dibls 🙁 jamin atau nggak gimana kamunya, selama kamu merancang atau mendesain maupun menghasilkan suatu produk khususnya dibidang fashion itu kamu bisa dikatakan sebgai desainer. (cerita dikit nih) ada salah satu dosen aku bilang waktu masih semester 2, kalian itu sudah bisa dikatakan sebagai desainer karna kegiatan kalian di semester 1 pun sudah membuat suatu produk. nah jadi itu menurut pendapat aku hehe.

    • gissarahma

      oiya lupa satu lagi belum dijawab hehe? kalo untuk bikin baju pengantin nanti ada dibutik (jurusan/konsentrasi)

  11. Wulandari

    Mau nanya ka,Kaka kan dari SMA,apakah kaka masuknya linjur?

  12. Alya fidelma dalimunthe

    Kk mau nanyak lebih..saya ingin kuliah tetapi pada saat lulus kuliah nnti saya tidak ingin menjadi seorang guru..jadi lebih baik milih D3 atau S1 ya kk? Saya dari SMK jurusan tata busana …jadi saya mau lanjutin jursana tata busana lagi ..
    Terimakasih kk..mohon dijawab ya kk

    • gissarahma

      tergantung kamu milih univ yg memang ada pendidikannya atau ngga. klo di upi jurusan tabus emng masuknya ke pendidikan, nanti ada mata kuliah tentang cara mengajar dan ada prakteknya, ya itu mau ga mau. trus setelah kamu lulus kuliah, ya itu terserah kamu lagi, kamu mau melanjutkan jadi guru atau ngga. karena profesi di dunia fashion itu banyak banget.

      semoga terjawab yaa ?

  13. Imanina

    Kak aku mau tanya, aku juga dari SMA, kalau mau masuk jurusan tabus itu seleksi masuknya apa aja yg di ujikan?
    Mohon dijawab ya kk?soalnya aku masih bingung sama seleksinya
    Terimakasih kk?

  14. Windiani

    Assalamualaikum Kak
    Aku mau nanya nih kak

    Aku kan dari SMA nih ya jdi kalau masuk jurusan tata busana itu materi awalnya gimana kak? Langsung disuruh buat desainnya kah atau diajarkan dari dasar kak?
    Kan anak SMA gitu kak jadi di sekolah gak ada bahas bahas tata busana hehe.
    Terus kak kalau praktek buat pakaiannya itu kain nya dari kita beli sendiri atau udah disediain kak? Kira kira habis uang berapaan kak kalau mau buat baju gitu hehe.

    Duh banyak tanya ni wkwk
    Maklumkan ya kak
    Terima kasih…
    Semoga dijawab:)
    Wassalamualaikum Kak

    • gissarahma

      waalaikumsalam

      untuk semester awal itu masih dasar2 (contohnya kita ngejait macam2 tepi kain,dll) trus ga cuma itu kita juga udh ditugasin bikin blus dan rok. kalo disemester awal kita diajarin pola dasar bukan langsung ke desain atau semacamnya. Disemester awal juga kita biasanya dikasih uang praktek yg ditentuin sama dosennya, tpi kalo untuk tugas blus dan rok itu pakeu kain batik buat blusnya dan kita dikasih kain. kalo masalah uang praktek abisnya berapa itu balik lagi sama apa yg kita buat, gabisa disamaain semua biayanya sama temen kita karena kan kebutuhannya pasti beda2.
      kalo masih ada yg kurang jelas gapapa tanya ajaa 🙂

      • Windiani

        Ohh gitu ya kak,makasih info nya ya kak

        Universitas kakak negri kan?
        Kalau boleh tau itu sehari dari jam brp sampai jam brp untuk jurusan tata busana kak?
        Terus kak kita butuh mesin jahit sendiri ga tuh kak?
        Aku kan anak ipa nih kak,kira kira kalau mau msuk univ jurusan tata busana bisa ga ya kak? Pakai jalur apa tu kak hehe?

        Semoga dijawab lagi
        Maaf banyak tanya kak wkwk:(

        • gissarahma

          iyaa UPI itu masuknya kampus negri. Hampir semua jadwal kuliah dari jam 7 pagi sampe jam 2 atau 3 sore. mesin jait butuh banget, karna kan kita ngerjainnya individu. Bisa banget kok, aku juga dulu SMA jurusannya ipa trus ga lolos jalur SNMPTN, aku ikut jalur SBMPTN tapi harus lintas jurusan karna ternyata tata busana upi masuknya ke rumpun ips (Soshum). masih ada kesempatan juga kalo belum lolo di snm atau sbm, bisa ikut tes jalur mandiri

          maaf ya baru bls hehe iya gapapa tanyain aja lagi klo masih bingung

          • Windiani

            Lintas jurusan ke ips gimana kak?
            Sbmptn itu ujian kan kak?
            Jadi kita menghadap ujian yang dipelajari anak ips gitu kak?

          • gissarahma

            misal kan kita SMA ngambilnya Ipa nah ternyata pas tes SBMPTN jurusan Tata busana masuknya ke Soshum (ips), jadi kita yg dari ipa mau ga mau pelajarin lagi tentang ips.
            iyaa itu salah satu jalur tes masuk kuliah, atau kamu bisa search di google tentang UTBK-SBMPTN.
            nah iyaa jadi semua pelajarannya anak ips kita pelajari lagi buat tes SBMPTN

          • Windiani

            Ohh gitu ya kak Oke deh makasih ya kak Oiya kak bahas mesin jahit tdi,waktu kakak awal kuliah mesin jahit kakak merk apa kak? Yg portabel kah kak?

          • gissarahma

            Siiipp sama smaa, semangaat yuk bisaa yuk ? Aku pake portable merknya butterfly

          • Windiani

            Iya kak semangaat hehe:) Walaupun 2022 Insya Allah Tamat SMA:’

  15. Sabrina azzahra

    Assalamualaikum
    Mau nanya nih kak
    Test masuk jurusan itu apa aja sih kak?

  16. Sabrina azzahra

    Jurusan tata busana kak

  17. Aprima sonia nasution

    Assalamu’alaikum kak, kak selain lewat jalur snmptn dan snmptn jalur apa lagi agar bisa masuk pendidikan tata busana? Dan apa saja yang harus dia miliki agar bisa masuk pendidikan tata busana, atau nilai apa saja sewaktu sma yang harus kita miliki

  18. maysa zia

    kak mau nanya ni biaya disana gmn ya kak

  19. Anggun

    Assalamuallaikum. Kak mau nanya.. kalau mahasiswa yang dapat beasiswa pada tata busana pas praktek buat baju itu kainya di bantu dari kampus atau dari kita pribadi yaa..?

  20. Andina

    Hallo kak, saya juga sekarang baru masuk jurusan tata busana UPI angkatan 2020, saya ingin bertanya sekarang kakak mengambil peminatan apa ya? Saya penasaran soalnya saya masih pemula dan bingung nanti mau ambil penjurusan yang mana.. Terima kasih kak

  21. Nalataksa

    Kalo jurusan tata busana upi,mahasiswanha cewe semua ya?

  22. Nezuko

    Assalamu’alaikum kak, mau tanya. Klu 1 bulan/ 1 semester itu prakteknya berapa kali kak? Trs biasanya klu mau lulus/ ada event tertentu apakah ada acara fashion shownya?

  23. Ghina nurul fitrillah

    Ass Kak.. Nama saya Ghina, saya dari ciamis. Saya mau bertanya .., saya kan dari ipa.., apa bisa saya ikut snmptn ke upi jurusan tatabusana? , atau untuk jalur snmptn hanya untuk dari ips?

  24. Ghania Salsabila

    Hai kak mau nanya untuk masuk pend. Tata busana jalur SNMPTN harus menyertakan portofolio gak? Dan untuk alat digital lebih berguna untuk tata busana Laptop atau tab ya? Terimakasih kak

  25. Eva Angelia

    Halo kak Gissa??
    Hhehe,kita samaan ya kak,aku juga dari jurusan IPA di SMA,nah aku lulusan tahun 2020,aku Gap year,dan nyoba SBMPTN 2021,aku juga mau linjur sama kek kakak,aku mau linjur ke SOSHUM tepatnya jurusan Tata Busana UPI sebagai target pertama aku,nah aku mau nanya nih kak,Kan UPI ada beberapa kampus di luar kota ya,heheh,1.Tata busana di Kampus Bandung kan kak??,soalnya aku dari Sumatera Utara,jadi belum tautau amatlah lokasi-lokasi kampus yang ada di daerah Jawa,dan 2.kenapa kakak lebih milih jurusan dari rumpun Soshum,kenapa gak sesuai jurusan kakak aja yang Mipa??
    3.kakak masuk jalu SNM atau SBM,kalo masuk jalur SBM,kesulitan apa aja sih yang kakak hadepin pas UTBK,gregetan gak sih kak,liat soal yang gak dari jurusan kita,pasti kan??

    Itu aja kak Gissa yang mau aku tanya,makasih??

    • gissarahma

      okee aku jawab
      1. ada di bandung
      2. kenapa linjur, karena pas udh kelas 12 baru nemuin jurusan yg aku minatin
      3. aku sbm, karena aku linjur pastinya hampir semua soal menantang banget apalagi mtknya hmm

      semangaatt , yuk bisa yuk!

  26. Pitri

    Assalamualaikum kak, kak mau tanya kalau yg masuk jurusan tata busana itu banyaknya yg dari smk tata busana ya? soalnya aku yg dari sma takutnya ketinggalan jauh sama yg tadinya dari smk tata busana?

  27. Ayu Lestari

    Assalamu’alaikum kak,
    Saya mau nanya kalo untuk pend. Tata busana UPI itu apakah diharuskan kita yang jago menggambar atau diajarkan dulu? Lalu untuk mesin jahit kan harus punya sendiri tuh, kira kira kita simpan di rumah untuk praktek atau disimpan di kampus untuk prakteknya kak? Terimakasih kak, semoga dijawab hehehe.

    • gissa

      Ngga harus jago, yg penting kitanya bisa dan mau belajar.
      Kalo untuk mesin jait itu dibawa, karna kan buat ngerjain tugas juga

  28. Ara

    Kaka tata busana itu gambar” baju gitu ga si?apa cuman ngejahit aja?, Soalnya saya g bisa gambar bisa ttp seimbang g ya masuk jurusan tata busana unu

  29. Shalsa

    Assalamualaikum ka.sy mau tanya
    Sy kan suka dibidang seni,sy jg udh tanya² ke keluarga cocoknya apa.dan mrka ngejawab tata busana.sy dkrng masih kls 9 dan mau lanjut sma.nah sy bingung ka harus ikut pendapat siapa.
    1.Keluarga sy blgnya ipa karna klo sy mau pindah peminatan gampang dan jurusan ipa bisa diterima di semua univ beda dri ips.
    2.sy skrng minat ke fashion disgn dan bnr² ngerancang diri buat bljr gambar².tp sy gk tau dimasa depan nanti sy minat dimana.yg sy takutkan minat sy ttp dan sy masuk ipa pasti susah ngejer ke ips nya ka.

    Jadi menurut kk sy ikut pendapat 1 atau 2?.dan alasannyanya ya ka

    Mohon dijwb ka,sy bnr² bingung

  30. Maria Bethania

    Halo ka, salam kenal ☺️. Nama aku Maria. Dari banyaknya pertanyaan yg diajukan sama kaka. Ada pertanyaan yang belum terjawab, memang benar ka kuliah tabus bisa mencapai 100-500jt ? hampir setara dengan jurusan kedokteran.
    Maria bingung ka soalnya diliat2 upi tujuan pertama karena memang untuk akreditasi jurusan tabusnya bagus, negri pula.
    Then, untuk matkul di tabus itu ada apa saja ya ka?
    Itu saja, dijawab ya ka ?
    terimakasi ka. ❤️✨

  31. putri

    Assalamu’alaikum kk,..
    Kk sya dari SMK Jurusan Teknik Computer Jaringan (TKJ), Tahun ini sya lulus angkatan 2021
    saya ingin lanjut ambil Tata Busana kk, tpi sya ragu soalnya sya dari SMK dan jurusan TKJ pula , dan sya bingung mau mendaftar lewat jalur apa??
    Tolong solusinya yah kk.???

  32. Elta indrianti

    Ka mau tanya kalau di UPI jurusan tata busana itu S1 atau apa ya?

  33. Jasmine suci firdausy

    Kak mau tanya nih.. aku kan jurusan ipa kak lahh gimana caranya biar bisa masuk jurusan tat busana yahh.. setau saya tata busana itu soshum.. tolong banget dijawab kak yahh soalnya lagi bimbang sama minat dan bakat kak takutnya nanti kalo waktu kuliah salah ambil jurusann.. makasih kak

  34. Faizah

    Assalamu’alaikum kk,aku mau tanya kk kalau jumlah yang di terima kampus untuk jurusan tata busana berapa ya kk?

  35. ina

    maaf kak izin bertanya, jurusan pend. tata busana UPI untuk gambar proporsi tubuh dan hal hal yang berkaitan dengan design/gambar apa diajarkan atau belajar otodidak?

    terimakasih…

  36. Elfa

    Hallo kak!saya mau bertanya,kalo misalkan ikut utbk-sbmptn jurusan tata busana di UPI apakah harus menyertakan portofolio?

  37. Kartika Sari Devi

    Assalamualaikum kak untuk masuk fakultas tata busana di liat dari apa nya ya kak?terus biaya kuliah sama perbulan nya itu berapa ya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *