Arsitektur, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Teknik Arsitektur UPI (Riska)

Pendidikan Teknik Arsitektur UPI (Riska)

Halo sobat intipers! Aku Riska Susan Safiti dari Pendidikan Teknik Arsitektur UPI, kebetulan sudah lulus. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur UPI itu seperti apa?

Pendidikan Teknik Arsitektur ini hanya ada satu di Indonesia, karena kampus lain itu kebanyakan membuka jurusan Arsitektur murni. Kita mempelajari ilmu pendidikan dan ilmu arsitektur, beda dengan jurusan Arsitektur murni. Gelarnya sendiri S, Pd. Bedanya lagi, kalau di sini kita ada 4 studio dan sisanya tentang ilmu pendidikan.

Alasan dulu milih jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur UPI kenapa?

Dulu aku basic nya SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan dan memang dari SMP itu ingin kuliah, jadi memang pengen ngebuktiin juga kalau lulusan SMK bisa masuk kuliah gak harus langsung kerja. Dari awal saya pengen masuk jalur SNMPTN karena kalau SBMPTN harus belajar lagi dari awal, saya mulai belajar dengan giat dan akhirnya bisa keterima di SNMPTN.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur UPI ?

Ada matkul Gambar Arsitektur yang kita belajar awal mensketsa bangunan, jadi temen-temen gak harus jago gambar untuk masuk jurusan ini, asal bisa basic nya juga gapapa karena kita belajar dari awal. Nah, kita juga sambil jalan-jalan di sekitar Kota Bandung untuk menggambar bangunan-bangunan bersejarah. Lalu, kita juga ada dua praktik yaitu PPL dan Praktik Industri. Kalau PPL kita praktik kerja mengajar di sekolah, sedangkan Praktik Industri itu kita praktik ke lapangan, bagaimana menjadi seorang arsitek.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kebetulan untuk angkatan saya sampai 2020 ini gak ada konsentrasi.

schooters

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada tiga jalur, SNMPTN, SBMPTN, dan uji mandiri di UPI, sama seperti yang lain kurang lebih. Angkatan saya itu kuotanya 50, maksimal kuota mahasiswa itu 2 sampai 3 kelas. Peminatnya juga banyak.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Jangan males asistensi, karena penting banget apalagi asistensi gambar. Meskipun gambar temen-temen bagus tapi asistensinya kurang itu belum tentu diterima, dan lewat asistensi ini kita bisa dapet ilmu lebih karena kalau di kelas itu didapetnya. Jangan menunda tugas ya temen-temen karena kalau semakin mendekati deadline itu biasanya dikerjain asal beres saja, sedangkan tugas itu nanti bisa jadi portofolio untuk melamar kerja, makanya harus dikerjakan semaksimal mungkin supaya gak cape lagi harus buat portofolio lagi. Temen-temen kalau ikutan sayembara itu bisa buat nambah portofolio, ilmu dan pengalaman yang luar biasa.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya gak hanya menjadi guru aja, bisa kalau melamar di bidang kontraktor, jadi konsultan, desain interior, jadi wirausaha properti kearsitekturan, dan banyak lagi. Intinya, pas kuliah itu jangan sampek kurang bersosialisasi dan berorganisasi, karena kalau kerja itu yang paling itu pengalaman baik itu organisasi dan prestasi. Selain itu yang penting manajemen waktu juga penting.

Apa rencana dan harapan ke depannya?

Saya dulu ingin menjadi guru, dan Alhamdulillah setelah lulus saya bisa menjadi guru. Saya juga ingin S2, kebetulan di UPI sudah membuka prodi S2 Arsitektur.

Q&A

  1. Kalau prospek kerja lebih jadi guru atau gimana? Kalau di UPI ada jurusan Arsitekturnya aja gak?

Kalau di PTA ini bisa jadi guru atau arsiteknya dan banyak juga orang yang belum tahu kalau kuliah di UPI itu gak selalu jadi guru karena ada program pendidikan dan non kependidikan. Di UPI ada jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur yang bergelar S,Pd. dan Teknik Arsitektur murni bergelar S, Ars.

  1. Nilai UTBK di jurusan ini berapa? Dasar apa aja yang harus dipunya untuk masuk jurusan ini?

Kalau gak salah minimal 600 ke atas, info lebih lanjut bisa liat di web arsitektur.upi.edu. Dasar yang harus dimiliki itu harus bisa gambar, tapi gak perlu bagus-bagus asal tahu menggambar yang baik dan benar, matematika dasar dan fisika dasar juga bisa lebih dipelajari.

  1. Konteks teknik di sini itu apa? Apa cocok dengan yang gak suka Fisika?

Maksudnya kita belajar dari dasar banget, kita belajar dari awal kaya menggambar garis dan titik sampai bisa menggambar garis lurus tanpa penggaris. Sebenernya gak harus yang jago banget Fisika ya, di sini kita hanya belajar Fisika Dasarnya aja itu pun hanya satu semester, matkulnya Fisika Bangunan dan itu gak terlalu banyak hitungan dan gak rumit banget Fisikanya.

Kode Konten: Y241

Komen dibawah! 12

  1. Amet

    Assalamualaikum, kak mau nanya dong hehe kalo arsitektur murni UPI dengan PTA UPI itu peminatnya lebih banyak mana sih kak? Dan kalo soal prestasi itu lebih tinggi arsitektur murni atau PTA? Makasih kak hehe

    • rsusansafitri

      Waalaikumsalam, kalau dari peminatnya sendiri sih suka beda-beda ya tiap tahun, kalau di tahun saya banyaknya PTA. untuk info lebih updatenya lagi nanti bisa liat http://arsitektur.upi.edu/

      Dan kalau untuk prestasinya sendiri lebih banyak di anak TA / Arsitektur Murni, kenapa karena untuk anak TA itu lebih fokus belajar pada desain perencanaan arsitekturnya dan fokusnya enggak ke bagi 2 sama mata kulaah tentang pendidikannya. dan anak TA lebih banyak mengikuti sayembara.

  2. ddwina

    halo kak, aku mau nanya dong. katanya untuk jurusan arsitektur ga boleh minus matanya, bener ga sih ka? pendidikan teknik arsitektrur juga sama atau engga? terima kasih 🙂

    • rsusansafitri

      Hai, Dwina sebenernya gapapa sih asalkan gambaranya masih bisa benar dan rapih justru kebanyakan pas masuk arsitektur malahan jadi minus karena sering ada di depan laptop terus, malahan bisa seharian tuh di depan laptop terus ehehe, dan sama aja anak TA sama PTA juga 🙂

  3. Avip Iqbal Maulana

    Assalamualaikum… Kak mau nanya, kl yg jurusan arsitektur itu seringnya menggambar manual atau udh pake digital kakk ?
    Dan kl di dunia kerja rata2 mengandalkan kemampuan menggambar manual atau digital ?
    Terimakasihh

  4. Fikrihr

    assalamualaikum, mau tanya kalau lulusan dari pendidikan arsitektur bisa ikut daftar menjadi anggota IAI ( Ikatan Arsitek Indonesia ) tidak nantinya ? atau hanya dari arsitektur murni saja ?

    • Ropi

      Sejauh ini IAI dan LPTB belum memperbolehkan orang yang bergelar SPd untuk mendapatkan sertifikasi arsitek, Jika Alumni UPI yang bergelar SPd ingin mendapat sertiffikat keahlian arsitektur saat ini satu satu nya jalan adalah dengan mendapatkan gelar S.Ars, jadi bisa ekstensi atau kuliah lagi sehingga jadi double degree

  5. thoyib

    Assala mu ‘alaikum ….. Kebetulan putri saya kuliah di UPI dengan jurusan sama dengan Mba Riska dan alhamdulillah sekarang sudah masuk semester 5, putri saya sudah punya niatan langsung S2, saya sebagai orang tua sangat bangga putri saya bisa masuk di UPI dengan jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur.
    nantinya putri saya mau mengajar atau mau kerja sepeuhnya saya serahkan pada putri saya, dan saya sebagai orang tua hanya bisa mengarahkan dan mensupport, semoga saya bisa di berikan umur panjang serta rejeki yang halal agar bisa mensupport keinginan putri saya……amin…. salam dari tangerang.

  6. Nazwa

    Ka mau tanya, matematika dasar sama fisika dasar nya materi tentang apa aja ya? Dasar nya itu maksud nya yang kayak gimana? Makasiih sebelumnya ka♡

  7. Maulana

    Assalamu’alaikum kak mau nanya,…. Untuk Pendidikan Teknik Arsitektur itu biasanya didominasi oleh mahasiswa cowok atau mahasiswi cewek?

  8. DHELYANA RACHMANIA

    Assalamualaikum ka, emang gapapa kalo kita mau masuk arsitektur tetapi kita kurang bisa dalam menggambar dan juga ga punya prestasi apapun di bidang menggambar? Terimakasih ka semoga kaka menjawab yaa:)

  9. Jen

    Halo kak, mau nanya, sya sebwlumnya mendaftar sbmptn UPI dan sya bru tau di upi itu sendiri terbagi pend.arsi dan arsi murni, sya mendaftar di upi dgn jurusan S1 ARSITEKTUR dan saya mau masuk di bagian arsi.murni nya dgn gelar S.Ars, apakah klw kita dinyatakan lulus sbmptn UPI akan tinggal di sampaikan sja bilang bahwa sya akan masuk di bagian arsi murni dan tidak ingin masuk di pend.arsinya kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *