Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan (Dimas)

Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan (Dimas)

Halo sobat intipers! Aku Dimas dari Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan angkatan 2018 . Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan seperti apa?

Jadi di jurusan Pendidikan Teknik Bangunan itu hampir sama dengan jurusan teknik sipil dan teknik bangunan. Cuma bedanya di jurusan ini, karena ada embel pendidikan di depannya berarti nanti dijuruskan menjadi tenaga pendidik. Tenaga pengajar itu tidak hanya guru, tapi bisa jadi tutor, widyaiswara dan tenaga pendidik lainnya di bidang bangunan. Kita tidak hanya belajar tentang bangunan itu sendiri tapi juga lebih mengajarkan ilmu-ilmunya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan?

Kebetulan aku dulu dari SMK bangunan, jadi aku masuk jurusan ini tuh sebagai lanjutan dari ilmu aku waktu SMK. Kalau dari SMK yang linier lebih berpeluang besar untuk masuk ke jurusannya. Misalnya kaya aku nih SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan jadi aku harus nyari jurusan kuliah yang linier. Selain itu aku pengen jadi bagian dari guru-guru vokasi di Indonesia. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah bisa dibilang di luar ekspektasi. Dulu aku aku tahu akan belajar tentang ilmu keguruan, tapi tidak tahu akan spesifik. Seperti ada mata kuliah memahami peserta didik. Jadi, selain memahami ilmu bangunan, di sini aku dituntut untuk paham cara mengajar yang baik dan menarik siswa agar mau belajar, menggunakan metode dan media pembelajaran. Selain itu, skil-skil dalam mengajar yang baik. 

Ada juga kuliah lapangan atau yang disebut PKL. Ini dilakukan di semester 6 ke 7. Selain itu tetep ada PPL. Jadi kami tetap mengajar ke sekolah. Biasanya setelah PKL dilanjutkan KKN. 

schooters

Praktikum di semester sebelumnya, ada 1 atau 2 mata kuliah. Di mata kuliah praktik itu 4 bulan pembelajaran 2 bulan teori 2 bulannya praktik ke kampus. Kami praktik dalam waktu singkat dan terbatas. Bergiliran juga waktunya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kebetulan kami di jurusan ini ada 3 prodi, yaitu S1 Pendidikan Teknik Bangunan, D3 Teknik Sipil dan S1 Teknik Sipil. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk aku 2018 coba jalur SBMPTN, tapi sebelumnya aku udah pernah ikut SNMPTN tapi gak lulus. Walaupun gak lulus tapi aku ngerasa harus coba lagi biar lulus. 

Nah selain SNMPTN, SBMPTN, ada juga jalur mandiri. Setahuku di beberapa perguruan tinggi bagian barat ada namanya SMBPTN Barat. Jadi beberapa perguruan tinggi ini membuka seleksi mandiri. Selain itu ada jalur afirmasi, bisa dibilang jalur terbatas khusus untuk mahasiswa yang berasal dari daerah 3T. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan?

Tips untuk mahasiswa baru, pengalaman aku pas masih maba, bisa dibilang aku pendatang dan belum kenal temen. Jadi kita harus berani berbaur sama temen yang lain, SKSD gapapa. Kita juga harus banyak ngumpulin informasi. Sering-sering juga komunikasi dengan senior dan teman-teman seangkatan.  

Rencana dan harapan ke depannya?

Jurusan aku kan Pendidikan Teknik Bangunan, pengennya nanti jadi tenaga pendidik. Aku bisa jadi guru atau instruktur. Kalau harapannya, kalau-kalau aku gak bisa jadi guru nanti aku bisa kerja sebagai konsultan jasa produksi. 

Kode konten: C581

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *