Teknik Mesin, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Teknik Mesin UPI (Akbar)

Pendidikan Teknik Mesin UPI (Akbar)

Hai! Nama saya Akbar dari jurusan Pendidikan Teknik Mesin UPI angkatan 2018. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Teknik Mesin UPI?

Jadi mahasiswa Teknik Mesin itu pasti pernah dimintai benerin motor atau mobil temen, padahal gak semua mahasiswanya bisa.

Kita secara garis besar mempelajari tentang mesin-mesin, seperti mesin industri, mesin berat, bensin otomotif seperti motor dan mobil dan mesin refrigasi dan tata udara seperti ac, kulkas dan pendingin lainnya. Kita juga belajar tentang kependidikan, seperti psikologi pendidikan, dan masih banyak lagi.

Ada 2 konsentrasi yang bisa diambil di semester 3:

  1. Produksi dan perancangan itu fokusnya ke mesin berat
  2. Referigasi dan tata udara itu fokus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ac, kulkas dan pendingin lainnya

Namanya juga teknik gak akan jauh dari Fisika, Kimia dan Matematika. Kalau bisa dibandingkan itu lebih banyak hitungannya daripada teori, teori ini sebagai dasarnya saja.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya berhubungan dengan praktik, nah praktiknya itu contohnya membongkar aki, menghitung berat elektrolit, cara membukanya juga gimana gitu.

Apa mata kuliah Pendidikan Teknik Mesin UPI dan dosen favorit aku?

Mata kuliah saya itu lebih ke praktisi, kaya bongkar mesin, cara benerin mesin, karena saya kan awalnya dari SMA karena udah bosen teori juga. di jurusan ini banyak praktiknya mulai dari semester 2 juga udah ada praktik.

Kalau dosen favorit itu ada Pak Mumu Komaro karena beliau tegas tau waktu serius dan santai ketika kuliah.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan Pendidikan Teknik Mesin UPI menurutku?

Tantangan itu ketika praktik sendiri meskipun kita udah belajar sebelumnya itu ada aja yang belum paham dan namanya praktik gak bisa sekali langsung paham dan bisa gitu makanya harus diulangi sendiri supaya jadi mahir.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Secara garis besar karena namanya pendidikan teknik mesin, banyak yang jadi guru SMK permesinan, teknik kendaraan ringan juga ada, tapi ada juga yang masuk ke ranah industri.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Sering-sering buka youtube karena kita bisa belajar di sananya juga biar lebih ahli dan mahir praktik.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Harapannya itu jurusan ini lebih rame lagi, apalagi untuk temen-temen perempuan jangan sungkan kalau minat ke jurusan ini. Harapannya pengen jadi guru SMK di daerah asal saya.

Kode Konten: Y204

Komen dibawah! 2

  1. islahudin

    Info biaya selama pendidikan di UPI dong…

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *