Teknik Sipil, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Teknik Sipil UPI (Maftuha)

Pendidikan Teknik Sipil UPI (Maftuha)

 

Halo teman-teman intipers, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Maftuha alumni UPI jurusan pendidikan teknik sipil angkatan 2011, alhamdulillah saya lulus dari UPI ditahun 2015.Saat ini saya berprofesi sebagai seorang guru disalah satu sekolah swasta di Cirebon serta sedang aktif menulis.

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil UPI itu Seperti Apa?

Awalnya, saya juga tidak begitu mengetahui terkait jurusan ini. Karena saya termasuk mahasiswa putri salju (salah jurusan). Jurusan pendidikan teknik sipil terbagi menjadi tiga program studi yaitu S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Sipil dan S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Saya termasuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Banyak yang mengira bahwa jurusan teknik sipil adalah mereka yang kelak menjadi pegawai kelurahan. Dahulu saya juga berpikir demikian. Tapi ternyata bukan, Jurusan teknik sipil adalah jurusan yang berkaitan erat dengan struktur sebuah pembangunan dan perancangannya.

Apa bedanya dengan Jurusan Arsitektur

Masyarakat pada umumnya pasti mengetahui jurusan arsitektur, tapi tidak dengan teknik sipil. Bahkan masyarakat banyak yang tidak mengetahui bahwa di UPI juga memiliki jurusan non kependidikan. Perbedaan yang sangat mendasar antara teknik sipil dan arsitektur adalah terkait perhitungan suatu struktur bangunan. Meski seorang arsitektur juga bisa menghitung suatu bahan bangunan. Tapi dalam perkuliahan berbeda. Jurusan teknik sipil belajar meggambar teknik baik secara digitas maupun manual, tidak hanya menggambar mahasiswa juga belajar tentang bagaimana kekuatan sebuah kayu, beton, baja dan bahan bangunan lainnya.

Bahan bangunan tersebut dijadikan mata kuliah selama 2 SKS setiap semester. Contoh mata kuliahnya seperti struktur kayu, struktur beton, struktur baja. Semua bahan bangunan adailmunya. Jelas berbeda dengan arsitektur. Karena saya mengambil program studi pendidikan teknik bangunan, dalam perkuliahan saya juga belajar tentang ilmu-ilmu pendidikan. Tapi untuk program studi D3 Teknik Sipil dan S1 Teknik Sipil mereka tidak mempelajari ilmu pendidikan. Jurusan teknik sipil juga tidak pernah lepas dari sebuah praktikum dan hasil praktikum dirangkum menjadi buku. Dalam jusurasn teknik sipil hampir setiapsemester memiliki tugas besar. Maksud dari tugas besar ini adalah sebuah tugas perencanaan yang dibukukan.

Konsentrasi dalam Jurusan Pendidikan Teknik Sipil UPI

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, jurusan teknik sipil terbagi kedalam tiga program studi. Ketiganya memiliki konsentrasi yang sama yaitu terbagi menjadi strukur jalan dan jembatan, struktur gedung dan struktur bangunan keairan. Konsentrasi ini dimulai sejak mahasiswa duduk di semester 5 hingga lulus, kecuali untuk D3 konsentrasi sudah dimulai sejak semester 2. Jika kalian mengambil konsentrasi struktur gedung maka kalian tidak akan lagi memperlajari lebih dalam tentang struktur bangunan keairan dan struktur jalan dan jembatan. Begitupun pada konsentrasi yang lain. Dalam konsentrasi gedung mahasiswa akan lebih mendalami terkait bangunan-bangunan gedung yang pada umumnya terkait dengan bangunan apartemen, rumah tinggal, dan gedung-gedung lainnya. Untuk konsentrasi jalan dan jembatan , dari namanya sudah tergambar akan mendalami struktur-struktur jalan raya, jalan rel dan jembatan. Dan untuk konsentrasi bangunan kearian, mahasiswa akan di arahkan mendalami bangunan bending, bendungan, waduk, sampai kepada jaringan irigasi.

Tips: Lakukan Persiapan Sebelum Memutuskan menjadi Mahasiswa

Teruntuk kalian, yang berencana melanjutkan studi hingga menjadi sarjana atau bahkan lebih, alangkah lebih baik jika kalian benar-benar mengetahui jurusan yang kalian tuju. Jangan sampai kejadian yang menimpa saya (menjadi putri salju) terjadi pada kalian. Siapkan betul-betul dari hal yang bahkan sangat kecil sekalipun. Dimulai dari universitas yang akan dituju hingga mata kuliah apa saja yang akan dipelajari serta output setelah kalian melanjutkan studi di satu jurusan tersebut.

Cari informasi sebanyak-banyaknya dan jangan malu untuk banyak bertanya kepada yang sudah mengalaminya. Untuk jurusan teknik sipil sendiri, saya sarankan untuk kalian dalam hal mengerjakan suatu tugas jangan pernah ditunda. Karena jurusan ini berbeda dengan jurusan yang lain. Satu saja kalian mengabaikan mata kuliah kalian akan sangat keteteran dalam mengerjakan tugas yang lain. Karena tugas yang diberikan terkait dengan hitungan angka yang tdiak sedikit. Dan saya sarankan pula, jika kalian ingin memilih jurusan teknik sipil maka alangkah lebih baik kalian adalah lulusan SMA dengan jurusan IPA.

Expo-PTN

Lulus dari Teknik Sipil, Akan Kemana?

Salah satu tujuan akhir dari suatu pembelajaran pasti menuju kepada hasil atau feedback yang didapat langkah berikutnya adalah pekerjaan seperti apa yang kelak bisa menerima lulusan dari salah satu jurusan yang diikuti. Jurusan teknik sipil ini termasuk salah satu jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan S1 dan D3 Teknik sipil artinya yang murni, bukan pendidikan. Mereka bisa diterima sebagai seorang konsultan atau kontraktor dalam sebuah proyek dan bisa bergabung dengan perusahaan-perusahaan besar seperti PT.WIKA, PT.PP hingga BUMN seperti  Bina Marga dan PUPR.

Bagaimana dengan program studi teknik bangunan? Jelas,selain bisa bergabung dengan beberapa perusahaan swasta dalam menangani proyek, mereka juga disiapkan untuk menjadi seorang tenaga pendidik di SMK yang tersebar di Indonesia, yang memiliki jurusan terkait ke teknik sipilan. Beberapa SMK yang saya ketahui ada di Bandung yaitu SMK N 6 Bandung dan SMKN 5 Bandung. Jangka panjang dari jurusan ini adalah kalian tidak hanya dapat bekerja. Tapi kalian juga bisa membuka  sebuah bisnis kecil-kecilan seperti menerima jasa desain bangunan. Tentu dengan catatan kalian selalu mengupgrade diri dan mengasah skill yang dimiliki. Banyak yang bisa dilakukan kelak ketika kalian lulus dari jurusan teknik sipil.

Kode Konten: X120

Komen dibawah! 7

  1. Ulum

    Kakak di UPI 5 tahun ya?
    Kak,kalau masuk kuliah di usia 19 ketuaan ga sih kk?

  2. Winda

    Kak kalo perempuan bisa masuk teknik sipil ga? Kira2 berapa persen perempuan yg masuk teknik sipil?

  3. Erika Putri

    Kak,saya mau tau lebih dalam soal jurusan teknik sipil ini dong kak,trus juga mau belajar dr pengalaman kakak,please kasih tw ya kak;(

  4. Maftuha

    Mangga… silahkan… kontak saya saja. Bisa ke ig_nya @maftuha_07 atau bisa email ke fiiee07@gmail.com atau ke facebokk maftuha(fie)

  5. Rani

    Kak mau tanya memangnya jurusan pendidikan teknik sipil yang non murni tidak bisa bekerja di perusahaan besar seperti Adhi karya dll ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *