Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Brawijaya

Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya (Ruth)

Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya (Ruth)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Ruth Aulia Herawati dari Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya seperti apa?

Jurusan ini masih jarang di kenal orang, mungkin kalo di tanya dari 10 orang yang tau mungkin 5 orang, namun yang bedanya selain di ajarkan menajadi seorang guru atau pendidik juga di ajarkan tentang teknologi informasi sehingga diharpkan anatinya lulusan bisa menjadi seornag pendidik yang bisa mengajarkan teknologi informasi yang telah di pelajari ketika kuliah.

Lebih luasnya lagi dari segi pendidikan di ajarkan bagaimana mengelola kelas, mengolah nilai siswa dan diajarkan juga teknologinya seperti membuat website diajarkan bahasa pemrograman. Untuk sekarang kebanyakan di SMK, mungkin ada perubahan kurikulum dan katanya pemrograman akan dipelajari di SMA akan masuk di SMA juga. Pandangan orang ke jurusan saya, karena di fakultas ilmu komputer lulusnya akan dapat gelajar Sarjana Komputer namun lulusnya kita dapat Sarjana Pendidikan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya?

Ketika SMA saya tertarik dengan teknologi, udah banyak website, aplikasi, facebook, twitter dll, udah tertarik gimana orang buatnya, ngelolanya, apalagi dengan desain grafis, awalnya mau masuk jurusan teknik informatika namun dengan beberapa pertimbangan akhirnya masuk jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada praktik sekolah untuk pendidikan namanya PLP ada dua kali, PLP pertama nanti kita akan mengobservasi bagaiman pembelajaran di kelas, yang kedua kita akan mengajar, membuat rancangan pembelajaran, membuat soal. Kalo yang paling menarik ada desain interaksi media pembelajaran, karena saya ingin mempelajari platform pembelajaran, ada teori dan praktikum, dan praktikumnya kita diminta membuat media pembelajaran, apa kebutuhan dari pengguna dan kalo media pembelajaran itu siswa, bahwa dalam membuat suatu aplikasi tidak hanya satu analisis, namun panjang juga prosesnya supaya masalah dari calon pengguna tersebut bisa terselesaikan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, yang pertama RPL atau Rekayasa Perangkat lunak, RPL ini konsentrasi nya pada pengelolaan program pada pengolahan data, banyak pemrogramnya atau koding. Kemudian ada TKJ atau Teknik Komputer Jaringan, yang dipelajari itu jaringan, mengola kabel-kabel. Terus ada MM atau Multi Media, mempelajari tentang desain-desain, desain grafis. Bisa di ambil mulai dari semester 5. Aku berencana ngambil multi media karena saya pingin mengembangkan platform pembelajaran, biar bisa mengembangkan lebih dan untuk topik skripsi nantinya.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, SNMPTN, SBMPTN, sama SMUB atau Seleksi Masuk Universitas Brawijaya atau yang di kenal jalur mandiri. SNMPTN itu di sekolah dan bisa lebih lanjut di tanyakan ke sekolah atau bisa di website LTMPT, SBMPTN juga bisa di cek di website LTMPT, kalo SMUB ada dua jalur nilai raport dan nilai UTBK, bagi teman-teman yang belum lulus di SBMPTN bisa SMUB dengan membawa nilai UTBK kalo di anggap nilainnya tinggi atau lewat nilai raport kalo nilainya tinggi, harus di pilih salah satunya, info lebih lanjut bisa di cek di www.selma.ub.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya?

Bagi teman-teman yang berasal dari SMA karena saya SMA juga. Kebanyakan temen-temen dari SMK udah diajarin duluan kaya RPL, TKJ jadi lebih paham sistem membuat koding. Awal-awal saya grogi, SMA belajarnya biologi, fisika. Awalnya terkejut kenapa yang saya temukan pertama kali ga saya pahami, kenapa kurung-kurung dalam koding. Banyakin baca dan latihan. Kalo ga paham bisa tanya ke temen dan belajar sama temen, atau bisa belajar lewat youtube atau platform pembelajaran. Tipsnya juga semangat aja dan pahami potensi diri. Dibagian mana saya mampu, karena setelah masuk jurusan ini ada konsterasi yang harus di ambil. Makanya harus tau potensi kita dimana.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Perkembangan zaman sudah makin canggih apalagi sudah masuk revolusi industri 4.0. Jadi kalo untu IT lowongan kerjanya banyak dari berbagai sektor. Dari kating-kating yang sudah lulus kebanyakan kerja di sektor keuangan seperti bank. Tentunya ada yang jadi guru, di start-up.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan saya bisa dapat pekerjaan sebagai UI atau UX atau UI desainer atau .bisa jadi pengolah website di perusahaan atau lembaga, setelah bekerja beberapa tahun harapannya bisa melanjutkan studi S2 di Korea Selatan.

Kode konten: C493

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *