Pemasaran SMK

Pengalaman Bekerja Afreal Pemasaran di SMKN 1 Bandung

Pengalaman Bekerja Afreal Pemasaran di SMKN 1 Bandung

Kakak sekarang kerja dimana kak?

Saya kerja di Sumber Alfaria Trijaya atau orang lebih kenal Alfamart, posisinya sebagai MD setingkat di bawah asisten kepala toko bagian operation

Ada ga tantangan dalam pekerjaan yang sekarang sedang dijalani?

Tantangan terberatnya sih handling complain, jadi gimana caranya kita bisa menyelesaikan komplain dari konsumen dengan baik sehingga nanti tercipta kepuasan pelanggan, nah itu ada di pelajaran pelayanan penjualan yang dipelajari di SMKN 1 Bandung hehe…  Nah sekarang kan banyak ya konsumen yang jadi smart buyer jadi kaya mereka itu lebih tau dari kita, jadi mereka kebanyakan menuntut yang enggan engga dari kita, ya itu sih..

Lalu, cara mengatasinya gimana nih?

kita cari tahu penyebab komplain konsumen itu terus kita konfirmasi ulang dan minta maaf ke konsumen ybs setelah itu kita beri solusi yang baik itu konsumen.. bukan win win solution gapapa tapi win to lose yang penting nanti saya ga kehilangan konsumen itu

Slide3

Nah tugas tugasnya apa aja?

Kalau di bagian operasi di toko sih semua dikerjain, kaya bagian transaksi, bagian penjualan sama administrasi perusahaan kaya stok of name, poin poin audit ya… pokonya mah super ribet jadi harus segala bisa… hehe kan saya lulusan SMK jadi SMK Bisa!

Pernah ga ikut pelatihan sebelum atau ketika sekarang sudah bekerja?

Belum pernah sih bu, paling seminar seminar pas sekolah tentang pendidikan dan kewirausahaan, kalau setelah bekerja paling ikut acara di kampus gitu seminar internasional karena kebetulan sambil kuliah, sama paling Training di perusahaan tentang pengembangan softskill kita..

Gimana sih ceritanya dari awal melamar kerja sampai sekarang bisa kerja sambil kuliah?

jadi, pas pertama ngelamar itu frustrasi… awalnya kan mau masuk UPI jurusan pendidikan manajemen bisnis tapi ternyata ditolak, jadi saya sempet nganggur sebulan tuh, ga pede ketemu siapa siapa, apalagi pacar, takut diomelin.. hihi

Ya saya akhirnya berpikiran mending kerja gitu kan nanti kuliah bisa sambil kerja… akhirnya saya bikin CV dan surat lamaran, terus saya konfirmasi ke tempat PKL saya dulu di Alfamart ke bagian head Office dari situ saya disuruh ikut Training gitu gak interview gak apa… mungkin karena saya lulusan PKL dari alfamart ya? tapi gak tau juga..

Apa sih tips dan trik dalam membuat CV yang menarik?

Nah kan CV itu menggambarkan kita.. nah coba masukin keahlian kita, tapi jangan semua.. yang paling menonjol saja. Point pentingnya cantumkan sesuai keahlian, jangan sampai melebih lebihkan diri sendiri, ya apa adanya..

Tips dan trik untuk adik adik yang ingin mengikuti jejak kamu bisa kerja sambil kuliah?

Pertama, yang harus dipersiapkan itu mental dan fisik, mentalnya itu kita harus bisa membagi antara kerja dan kuliah, kalau fisiknya itu kita harus siap capek. Pulang kerja itu kita harus kuliah, dan yang pasti kalian harus merelakan waktu luang sama keluarga atau pacar hihi tapi jangan khawatir.. kata dosen saya sih orang yang paling pedih itu yang paling sukses, jadi kalau misalkan sekarang kita lagi pedih ya gapapa… kita kan lagi meniti jalan menuju sukses.. Pokoknya lalui saja, semua itu tergantung prosesnya, kalau proses kita benar insya Allah dimudahkan semuanya.

Apa harapan terbesar kamu?

Karena kecil kemungkinan saya jadi guru, jadi saya ingin menjadi trainer minimal di perusahaan saya sendiri karena ingin sekali bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada teman teman lainnya, jadi kan saya bisa berguna bagi orang lain.

 

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *