Sejarah

Pengalaman Belajar Mata Kuliah Favorit di Pendidikan Sejarah

Pengalaman Belajar Mata Kuliah Favorit di Pendidikan Sejarah

Hai, perkenalkan nama saya Isti Isnaryati. Saya adalah seorang lulusan jurusan pendidikan, Sejarah dari Universitas Negeri Jakarta. Saya lulus di tahun 2013. Sejak saya SMP saya suka sekali dengan sejarah. Di tambah guru SMP saya suka menjelaskan pelajaran sejarah dengan cara  ngelawak. Mungkin kalau zaman sekarang seperti stund up comedy. Saya tekuni pelajaran sejarah sampai SMA, sehingga saya mengambil jurusan IPS. Setelah di penghujung kelas XII SMA.  Saya semakin senang dengan sejarah dan saya juga suka sekali dengan dunia anak anak. Akhirnya saya putuskan untuk mengambil perkuliahan jurusan pendidikan Sejarah. Berharap kelak bisa mengajar sejarah di dunia pendidikan.

Singkat cerita saya berhasil masuk ke jurusan pendidikan Sejarah di tahun 2008.  Saya memang suka dengan jurusan ini setiap kali ingin datang ke kampus energi saya seperti berlipat lipat tidak ada habisnya. Namun  yang namanya perjuangan tetap lah ada tantangan nya saya sempat mendapat ipk kecil sekali di awal perkuliahan. Mungkin karena saya tahap peralihan dari SMA menuju perkuliahan, jadi kaget dengan sistem pembelajaran yang baru saya temui di dunia perkuliahan . Saya tidak menyerah karena saya suka saya terus berjuang. Saya perbaiki kesalahan kesalahan saya dan akhirnya saya lulus bisa dapat ipk yang lumayan bagus.

unisa

Hampir semua mata kuliah sejarah saya suka. Tapi saya paling suka dengan mata kuliah sejarah Indonesia masa kerajaan Hindu, dan Budha. Saya suka mata kuliah sejarah Korea, Jepang, china kuno. Saya juga suka mata kuliah sejarah Indonesia zaman pergerakan. Akan saya bahas satu persatu mengapa saya menyukai nya. Saya suka sekali dengan sejarah Indonesia masa Hindu Budha, karena saya merasa seperti sedang berada di zaman itu ketika saya mempelajari nya, ketika saya melihat benda peninggalan ya. Saya merasa meski manusia di zaman itu seperti hidup di zaman yang belum modern, tapi pemikiran mereka hasil karya yang mereka buat. Menunjukkan bahwa mereka juga sudah memiliki ide dan pemikiran yang luar biasa seperti manusia modern. Contoh nya di masa kerajaan majapahit. Rumah, barang peninggalan berupa peralatan rumah tangga  kemudian candi candi yang dibuat, dan kitab kitab yang ada. Adalah hasil yang luar biasa, yang kadang untuk di zaman modern ini kita merasa gak mungkin hal hal itu dibuat di zaman dahulu. Terutama candi besar nya tinggi nya, dan mengapa mereka bisa membangun candi dengan kuat dan kokoh padahal belum ada alat atau ilmu pertukangan yang canggih di masa itu. Sungguh keajaiban pemikiran manusia yang luar biasa, ini membuktikan bahwa otak manusia dari zaman ke zaman memiliki kemampuan dan kecerdasan yang sama di tiap zamannya.

Saya juga menyukai sejarah Korea, Jepang, dan China kuno. Sama seperti rasa kagum saya pada sejarah Hindu Budha di Indonesia. Mereka hidup dengan sistem yang dibuat kadang sistem itu meninggal kan cerita sejarah yang luar  biasa. Contoh nya di dalam Kerajaan ada banyak sistem yang dibuat dan terdapat banyak intrik di sana karena banyak orang haus dengan kekuasaan. Mempelajari nya seperti saya sedang masuk ke zaman nya terbayang bayang selalu di benak saya. Saya suka dengan kita kita buatan filsafat Cina yang terkadang untuk zaman sekarang seperti belum terpikirkan tapi sudah terpikirkan di zaman mereka dulu. Saya suka dengan sejarah Jepang zaman kuno  mendengar dan mempelajari masa samurai dan ke kisaran nya membuat saya seperti berada di zaman itu. Dan dari sejarah itu saya belajar tentang kesetiaan. Maka tak heran jika orang Jepang masih memiliki sifat itu sampai sekarang. Terakhir saya sangat suka sekali dengan sejarah zaman pergerakan Indonesia. Di zaman itu banyak orang orang Indonesia yang tidak hanya pintar  dan cerdas. Tapi ikhlas melakukan perjuangan lewat pemikiran dan tenaga nya untuk Indonesia. Saya sangat suka dengan tokoh perjuangan seperti Moh Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Moh Agus Salim. Mereka membuat tulisan tulisan yang mampu merubah kebijakan pemerintah Belanda di Indonesia. Atau seperti Soekarno yang mampu menarik banyak massa alias rakyat untuk mau bersatu mengusir penjajah. Dan terkadang dari beberapa peristiwa sejarah ternyata pola nya akan terulang lagi di masa sekarang. Maka tak heran muncul peribahasa JAS MERAH jangan sekali sekali lupakan sejarah itu yang Bung Karno sampai kan. Karena seperti yang saya pelajari terkadang beberapa peristiwa di masa lalu akan terulang kembali, jadi pelajari sejarah ambil hikmahnya nya dan jadikan pelajaran untuk ke depannya. Hal ini yang selalu saya sampaikan ke anak didik saya. Sekarang saya menjadi pengajar di SMP untuk pelajaran IPS. Saya tidak terlalu memikirkan mereka harus hafal tanggal dan peristiwa sejarah, yang saya tekan adalah apa yang bisa kita ambil dari setiap peristiwa sejarah yang kita pelajari. Resapi dan masukkan ke dalam pemikiran kita agar di. Kehidupan kita kelak hal buruk yang sama tidak terjadi kembali di kehidupan kita. Dan paling penting juga memiliki keteladanan seperti para pejuang Indonesia dulu, karena saat Indonesia kekurangan manusia yang baik budi pekerti nya.

 

pmb2-min

Kode Konten : KL021

Komen dibawah! 1

  1. aliwahyud1

    Really inspiring! Thank you for sharing your experience! It’s really useful for everyone who want to apply in history department. Ditunggu konten2 menginspirasi lainnya kak!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *