Pariwisata SMK

Pengalaman Kerja Razka di Travel

Pengalaman Kerja Razka di Travel

Sekarang akang kerja dimana, nih?

Saat ini saya bekerja di salah satu travel agent bernama Panorama Travel Bandung, Jl. Sudirman No. 76 D, untuk pekerjaannya sih saya di bagian Ticketing.

Kalau ticketing itu biasanya ngurusinya gimana kang?

yang paling utama di ticketing itu ngurusin tiket ya, domestik dan internasional, kita juga mengurus akomodasi mereka kaya hotel dan dokumen dokumen perjalanan seperti passport dan visa

Tantangan akan di travel agent itu apa aja kang?

Tingkat stressnya tinggi karena kita menghandle orang, selain sistem ya.. dan orang itu kan beda beda. Kedua itu ketelitian, karena bagian tiket itu harus teliti dengan menghitung, karena kalau salah hitung bisa salah jual jadi kita harus nombok juga… Kita juga harus memperdalam ilmu kita di bidang pariwisata karena terkadang ada tamu juga yang ga tau letak bandara, dll. Jadi selain ketelitian, kesabaran juga perlu ya..

Slide5

Gimana sih cara akang bisa melamar kerja ke travel agent sekarang? Tips dan trik CV dong kang?

Pertamanya sih, ikut jobfair di SMKN 1 Bandung, jadi saya tinggal drop CV dan surat lamaran.. Alternatif lain sih bisa cari lowongan lewat instagram, facebook, atau di koran juga bisa. Nah pengalamannya sih, jadi dari jobfair itu saya menunggu 1 bulan baru dipanggil, jadi gak langsung gitu.  Nah kalau CV itu tipsnya ya, harus menarik.. Foto kita harus menarik, kita cantumin yang paling itu nama, kontak dan alamat sama kelasi sedikit riwayat pendidikan dan skil kita sama pengalaman kerja.. biasanya perusahaan itu liat pengalaman kerjanya, kalau pengalaman kerjanya oke ya biasanya dipanggil.. mereka juga liat pendidikan sama prestasi kita, dan yang paling penting itu skill.. nah kita juga harus bisa membumbui sedikit gitu agar lebih menjual dan menarik. Oh iya, apa yang kita lampirkan juga diperhatikan, berkas berkasnya juga harus mendukung.

Apa sih tipsnya buat intipers yang tertarik belajar atau berkerja di bidang yang sama kaya akang?

Kalau suka pariwisata dan suka bertemu dengan orang mungkin bisa banget masuk di travel agent, karena di travel agent akan banyak bertemu orang dan kenal dengan berbagai vendor mulai dari penerbangan, hotel, destinasi wisata dan restoran dan kalian bisa dapet harga yang lebih murah atau bahkan free karena kita sebagai agent yang membantu mereka. Terus buat yang suka travelling sih kita bisa banget dengan ini jadi nambah pengetahuan dan tau hal hal baru soal destinasi wisata, jadi kalau kita traveling sendiri nanti sudah tau mau ke mana aja..

Selain bekerja, apa rencana akan ke depannya?

Rencana saya kuliah di tahun 2020 mau kuliah di STIA LAN manajemen sumber daya manusia, karena saya merasa sudah cukup di bagian front liner jadi saya pengen tahu kalau di bagian Back Office seperti apa.. nah mungkin itu jadi tantangan baru dan besar buat saya karena kan biasanya saya bertemu dengan orang, ini akan bertemu dengan data dan tidak bertemu banyak orang, hanya duduk di meja saja..

 

 

Komen dibawah! 2

  1. Astri Nurul Fitriani

    Kalau yang belum punya pengalaman kerja bagaimana ? Dan kalau yang belum pernah Traveling terutama ke luar negeri tapi memang punya cita cita untuk bisa Traveling tapi ingin kerja. Di travel?

  2. Hana

    Bagaimana dengan orang yang belum memiliki pengalaman bekerja di agen trevel.?
    Bagaimna cara meyakinkan pemimpin agent trevel tersebut bahwa kita layak bekerja walaupun belum ada pengalaman.?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *