Klimatologi, Perguruan Tinggi Kedinasan

D4 Klimatologi STMKG (Lutfi)

Halo sobat intipers! Saya M. Lutfi Aditya dari jurusan D4 Klimatologi STMKG. Kali saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan D4 Klimatologi STMKG itu seperti apa?

Klimatologi ini merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu atmosfer yang terfokus pada iklim. Namun tidak hanya iklim saja, di prodi Klimatologi makna mempelajari tentang musim dan kualitas udara. Jadi secara umum di prodi ini kita belajar tentang ilmu dinamika iklim atau perubahan iklim. Dari prodi ini akan dicetak kader kader ASN BMKG yang mampu melakukan analisis, pengolahan dan penelitian di bidang iklim dan kualitas udara. Kita akan memprakirakan kondisi iklim kedepannya, terkait perubahan iklim yang terjadi dan prakirakan musim, anomali iklim yang mana seperti yang kita tahu sekarang sudah terjadi pergesaran pola musim yang sudah tidak terlalu jelas pola antara musim hujan dan kemarau. Kemudian, kami juga akan menyebarkan informasi terkait iklim dan kualitas udara. 

Pastinya kita juga akan erkaitan dengan ilmu pertanian, perkebunan atau disebut dengan bidang agroklimat. Kondisi iklim ini kami akan membantu memetakan zona-zona agroklimat. Misalnya di kota Bogor itu tepatnya ditanami apa, waktu panen, dsb. Dengan wilayah Indonesia yang luas setiap wilayah Asti memiliki karakteristik dan keberagaman yang berbeda sehingga membutuhkan ilmu kami. Lebih lengkapnya bisa akses ke stmkg.ac.id atau @stmkgofficial.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Alasan pilih jurusan D4 Klimatologi STMKG?

Jadi ketika pendaftaran itu hanya bisa memilih satu jurusan yang diminati. Saya memilih jurusan meteorologi karena prospeknya bisa kerja di bandara, pelabuhan, jadi saya tertarik. Ya sama-sama ilmu tentang cuaca. Di tahap wawancara, kita diberi formulir yang harus diisi, salah satunya ada pertanyaan tentang jurusan lain yang kita minati, kemudian saya memilih jurusan geofisika karena saya suka fisika. Ketika pendaftaran ulang saya di juruskan ke jurusan ini, mungkin berdasarkan nilai dsb. Namun, terlepas dari itu bukan pilihan saya, saya enjoy dan suka karena bisa dibilang gak terlalu sulit dan gak terlalu mudah. Menurut saya lebih enak daripada jurusan lainnya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari D4 Klimatologi STMKG Klimatologi STMKG?

Mata kuliahnya banyak ya, pastinya berkaitan dengan iklim, musim dan kualitas udara. Kalau mata kuliah yang menjurus di bagian iklim dan musim itu di tahun kedua. Mata kuliahnya seperti klasifikasi iklim dan musim di Indonesia, analisis perubahan iklim, analisis prediksi iklim, pemodelan iklim itu kita memodelkan iklim ke depannya. Ketika sudah fokus ke mata kuliah iklim, setiap mata kuliahnya itu ada praktiknya, mengolah data excel, menganalisis dan memetakan, mengklasifikasikan iklim dan musim di setiap wilayah Indonesia.

Kemudian, di mata kuliah analisis perubahan iklim, kita menganalisis menggunakan sebuah aplikasi yang nantinya akan menghasilkan grafik. Mata kuliah pemodelan juga sama kurang lebih. Praktik lapangan langsung, secara garis besar sama kaya jurusan Meteorologi, kita melakukan pengamatan cuaca di taman alat. Ada alat-alat untuk melakukan pengamatann, kita mengamati cuaca hari ini, suhu udara, penyinaran mata hari, kecepatan anginnya bagaimana itu ada alatnya. Data hasil pengamatan itu akan disimpan dan menggunakan data itu, di bidang klimatologi menggunakan data itu secara banyak, minimal 10-30 tahun. Kita banyak berkutat dengan statistika karena menggunakan data-data cuaca yang banyak, sehingga kita bisa menganalisis perubahan yang terjadi dan prediksi ke depannya. 

Slide1

Apa saja konsentrasi di jurusan ini?

Untuk konsentrasi, sejalan dengan di BMKG yang ada kedeputian klimatologi yang memiliki konsentrasi pada bidang iklim, musim dan kualitas udara sehingga di klimatologi STMKG itu akan mempelajari ketiga hal itu. Di bidang iklim dan musim kita mempelajari perubahan iklim dan musim yang terjadi di Indonesia maupun global, menganalisis prediksi iklim dan musim ke depannya, menganalisis anomali iklim yang terjadi serta penyebaran informasi terkait iklim. Konsentrasi bidang kualitas udara, kami melakukan analisis tentang pemantauan kadar atau kandungan gas–gas di atmosfer seperti sulfur, karbondioksida dan gas rumah kaca lainnnya. Kemudian juga kami akan menganalisis dan pemantauan terkait kondisi ozon, pH air hujan di Indonesia, kabut asap juga. 

Ada saja jalur masuk ke jurusan ini?

Jalur masuk tentunya sama dengan prodi lain di STMKG karena hanya ada 1 jalur masuk ke STMKG yang dinaungi BKN. Kita pertama harus mengakses aman SCCN lalu memilih instansi yang diinginkan, mengisi formulir, lalu seleksi berkas. Jika lolos ada SKD atau seleksi kompetensi dasar itu isinya tes akademik, intelegensi, kepribadian, dsb. Jika lolos maka akan lanjut ke SKB yaitu matematika, fisika dan bahasa Inggris. Tahap berikutnya itu tes kesehatan dan wawancara juga samapta. Temen-temen akan di tes gimana fisiknya, namun tidak berat seperti Akpol tapi ada samaptanya sedikit seperti lari dsb. Terakhir, ada pantukhir, pengumuman akhir. Setelah dinyatakan lolos temen-temen bisa daftar ulang dan baru bisa diketahui temen-temen dijuruskan ke jurusan apa. 

Ada tips buat temen-temen yang mau masuk jurusan ini?

Untuk yang mau ke STMKG, terlepas dari apapun program studinya. Semua prodi ini berkaitan dengan ilmu-ilmu matematika, fisika ya hitung-hitungan lah. Jadi temen-temen harus sukai dulu mata pelajaran hitungan karena kehidupan temen-temen pastinya akan berkutat dengan hitungan, pai jangan dijadikan beban karena kita kan belajar Asti ada susahnya, ada gak bisanya. Itu bukan suatu masalah sampai buat temen-temen takut. Tipsnya, bisa latihan soal terus di internet, beli buku masuk STMKG, di internet banyak soalnya dan pasti banyak perubahan variasi soal jadi harus banyak latihan biar familia dengan soalnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan, apapun yang kita usahakan tentunnya harus dimbangi dengan doa. Minta juga doa restu dari orang tua, sama keluarga. Jangan merasa tinggi hati ketika sudah bisa terkait hitungan, karena mungkin banyak variasi soal yang temen-temen belum tahun, makanya saran saya itu latihan terus. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ketika masuk ke sekolah kedinasan, maka jelas setelah lulus akan menjadi ASN yang akan ditempatkan di masing-msing kantor sesuai bidangnya. Prodi klimatologi tentunya akan ditempatkan di BMKG, di stasiun klimatologi, ada 27 yang terbesar di Indonesia di luar dari kantor pusat BMKG dan balai besar BMKG. Kalau diakumulasi itu ada 31 kantor yang bisa ditempatkan sesuai dengan nilai dsb. Itu terjamin setelah lulus kita akan langsung ditempatkan. 

Harapan dan rencana ke depannya?

Ini mungkin harapan dari semua Taruna setelah lulus dari STMKG, yaitu mendapatkan penempatan terbaik, di kampung halaman atau di tempat yang dekat di Jakarta atau dengan Jakarta. Kalau pun saya tidak mendapatkan penempatan di sana, dimanapun saya ditempatkan semoga itu menjadi yang terbaik untuk saya. Semoga saya bisa melanjutkan pendidikan hingga S2, S3 baik di dalam negeri atau di luar negeri agar bisa mengembangkan diri saya dan memajukan instansi dengan prestasi dan penelitian saya. Di BMKG ini sangat terbuka untuk melanjutkan pendidikan, karena ada beasiswa baik itu program tugas belajar yang kuliahnya Sia dimanapun. Selain yang beasiswa, ada yang non beasiswa namanya izin belajar, jadi kita bisa kerja di BMKG sambil kuliah di universitas yang dekat dengan kantor penempatan kita nanti. 

Kode konten: C228

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *