Perikanan

Pengelolaan Sumberdaya Perairan Politeknik AUP (Silvika)

Pengelolaan Sumberdaya Perairan Politeknik AUP (Silvika)

Hai. Mohon izin perkenalan diri. Saya Silvika Ivana Sari Aritonang, taruniĀ  jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan di Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Poltek AUP) Angkatan 53 (2017). Saya sudah semester 6. Yuk, simak pengalaman saya. Semoga bermanfaat šŸ™‚

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

TENTANG POLTEK AUP

Awalnya kampus ini namanya Ahli Usaha Perikanan (AUP) kemudian diganti menjadi Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan diganti lagi Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Poltek AUP). Yapss.. Kampus ini berpusat di Jakarta yang merupakan sekolah kedinasan dibawah naungan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) yang berbasis semi militer dan tinggal di asrama. Biaya perkuliahaan, asrama, makan, dll GRATIS alias dibiayain negara. Di kampus ini, hanya diperkenankan untuk pulang atau refreshing pada hari Sabtu dan Minggu saja (kadang Jumat) yang biasa menyebutnya hari PESIAR.

Kampus ini mempunyai dua sisi yang harus seimbang yaitu antara dinas dalam dan akademiknya. So, kita harus bisa ngatur waktu pastinya ya kan? Banyak banget kegiatan dinas dalam yang harus diikutin seperti kegiatan pagi, apel pagi, kegiatan sore, dan apel malam. “Disiplin bangettt” :). Ohyaa, disini sistemnya senioritas loh, ya jadi siap-siap aja ngadepin masalah sama senior yaa, bisa bikin nguras hati, waktu sama pikiran. Dan harus mematuhi aturan” yang sudah ditetapkan lohh.

Awal baru masuk, kita disebut catar/i. Catar/i itu singkatan dari Calon Taruna Taruni. Selama 3 bulan kita tidak diperkenankan membawa ataupun memakai alat komunikasi, tidak boleh keluar dari lingkup kampus. Nah setelah 3 bulan, kita langsung dilantik dan sah menjadi seorang TARUNA. Dan disitulah kita diperbolehkan memakai alat komunikasi, dan aturannya tidak seketat pas catar/i.

JURUSAN NYA APA AJA SIH?

Di Politeknik AUP Ada 6 jurusan loh:

  1. Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan (PI)
  2. Teknologi Permesinan Perikanan (MP)
  3. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH)
  4. Teknologi Akuakultur (TAK)
  5. Jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS)
  6. Penyuluhan Perikanan (PP)

Ohyaa, ada beberapa jurusan yang ditetapkan tempatnya (Jakarta, Serang, dan Bogor). Buat yang di Jakarta jurusan PI, TPH, MP. Di Serang jurusan TPS TAK. Dan di Bogor hanya jurusan PP. Tapi, kalau udah semester 6, TPS TAK dipindahkan ke kampus Jakarta.

APAKAH ADA ORGANISASI dix Pengelolaan Sumberdaya Perairan Politeknik AUP?

Tenang aja, ada kok. Buat kalian yang sudah ikut OSIS di sekolahnya, Kuy! Lanjut lagi organisasinya di kampus. Buat yang belum punya pengalaman organisasi jangan takut, disini kalian bisa belajar banyak. Di sini sendiri lumayan banyak jenis organisasi. Bahkan punya ekskulnya yang seru loh!

LULUSAN Pengelolaan Sumberdaya Perairan Politeknik AUP JADI APA YA?

Yaps.. Kebanyakan senior” disini lulus dan bekerja di sektor perikanan tentunya. Bebas mau jadi pengusaha bisa, jadi pelaut bisa, jadi juru masak bisa, jadi dosen bisa, atau mau kerja di perusahaan ternama juga bisa loh!

HARAPAN SAYA SETELAH LULUS dari Pengelolaan Sumberdaya Perairan Politeknik AUP

Jujur ya, saya belum punya rencana untuk kerja di sektor perikanan ini. Ā Kalau pilih sih, saya berharap nantinya dapat membangun bisnis budidaya perikanan sambil fokus melanjutkan kuliah S2 di negara lain. AMIN. Mohon doanya ya šŸ™‚

Kode konten: X245

Komen dibawah! 3

  1. Muhamad Riza Hikmatullah

    Izin kak, untuk jurusan yang kk sedang jalani skrg, prospek untuk di dunia kerjanya gimana kak?

  2. Roni

    Ka selama masa Catar/i selama 3 bulan apakah sudah bisa di perkenankan pulang/refresing apa belum?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *