Psikologi, Tips, Uncategorized

Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

 

Selain kesehatan tubuh, kesehatan mental juga sangat penting untuk dijaga. Terkadang mengenai kesehatan mental ini masih banyak yang memandang sebelah mata, menganggap terlalu berlebihan bahkan dianggap tidak nyata. Hal-hal seperti ini dapat menimbulkan bahaya di kemudian hari, seperti bunuh diri karena kondisi mental yang tidak stabil.

Menurut Kemenkes (Kementerian Kesehatan) Kesehatan mental yang baik adalah suatu kondisi ketika kesehatan batin kita merasa tentram dan tenang. Sehingga memungkinkan kita dapat menikmati hidup dan menghargai lingkungan sekitar. Begitupun sebaliknya, bila seseorang mengalami gangguan kesehatan mental maka kondisi atau suasana hatinya terganggu, serta kontrol emosi seseorang dapat mengacu pada perilaku buruk.

Pada tahun 2022 ini, kita telah dihantam dengan 3 tahun masa pandemi yang memiliki banyak sekali perubahan-perubahan yang kita alami. Mulai dari gaya hidup, konsumsi teknologi dan internet yang semakin meningkat, serta perubahan pada pola perilaku masyarakat. Perubahan-perubahan yang kita alami dengan cepat ini sangatlah berdampak bagi kesehatan mental masyarakat seluruh dunia. Syukurnya, kesadaran masyarakat mengenai isu-isu kesehatan mental juga semakin meningkat. namun sayangnya, masalah kesehatan mental di Indonesia tercatat semakin tinggi dibeberapa kalangan termasuk dikalangan mahasiswa.

Faktor Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Banyak faktor yang melatarbelakangi kesehatan mental bagi mahasiswa antara lain, faktor genetik, keluarga, gaya hidup, sosial, pertemanan, dan sebagainya. Akan tetapi banyak dari mahasiswa melupakan dampak positif maupun negatif dari faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut. karena terlalu fokus akan kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan tugas kuliah, berorganisasi, dan jadwal keseharian lainnya sehingga acapkali mahasiswa melupakan pentingnya menjaga kesehatan mentalnya.

intipkuliah-web1

Sebagai mahasiswa yang sedang mengalami masa transisi dari masa remaja ke masa dewasa awal kerap kali mejadi hal yang sangat sulit untuk dijalani. Oleh sebab itu, kesehatan mental merupakan peranan yang amat penting bagi seluruh lapisan mahasiswa.

Permasalahan yang timbul antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama saat ini tidaklah begitu berbeda karena mengalami transisi dari pembelajaran metode daring menjadi luring, yang mengharuskan mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, metode pembelajaran, dan tugas akhir mahasiswa yang dianggap paling memengaruhi kestabilan emosi dan pikiran pada hampir seluruh mahasiswa.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

pentingnya kesehatan mental

Maka dari itu, intipkuliah.com akan membagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental terutama bagi mahasiswa.

1. Pendekatan Spiritual

Poin pertama yang paling krusial karena sejatinya mental dan spiritual adalah hal yang tidak dapat dipisahkan karena kita semua adalah makhluk yang selalu bergantung kepada Tuhan sang Maha Pengatur. Serta kendalikan apa yang dapat kamu kendalikan dan lepas apa yang harus kamu lepas yang artinya tidak memaksakan kehendak kita sebagai manusia. Sadari apa yang dapat kita lakukan, rencanakan dengan matang dan kembalikan kepada Tuhan yang sudah menetapkan takdir kita yang terbaik.

2. Selalu Terhubung dengan Social Support

Saat kesehatan mental mulai terganggu sering menimbulkan pikiran-pikiran negatif yang membuat kita ingin menarik diri dari banyak orang. Memang kesehatan mental merupakan hal yang sensitif, tetapi baiknya kita harus tetap menjaga hubungan dengan orang-orang yang selalu mendukung kita. Dengan ini kita bisa menceritakan kondisi kamu seperti kepada orang-orang yang supportive yang kamu percaya seperti keluarga dan sahabat karib terdekat. Serta jangan sungkan untuk meminta bantuan tenaga profesional bila membutuhkan. 

3. Kerjakan Hobi

Lakukan kegiatan kegiatan yang dapat mengalihkan fokusmu dari pikiran-pikiran negatif. Mengerjakan hobi memiliki banyak keuntungan yaitu dapat meningkatkan kreatifitas, skill, mood serta masih banyak lagi. Karena mengerjakan hobi adalah mengerjakan hal yang kita sukai maka kita akan enjoy dalam mengerjakannya. Tekanan yang sedang kamu hadapi pun ikut berkurang dan digantikan dengan pikiran-pikiran positif.

berikut link rekomendasi Youtube channel membahas pentingnya kesehatan mental. klik disini

4. Olahraga teratur

Setelah mengerjakan hobi, salah satu cara yang dapat menghindari kita dari pikiran negatif adalah dengan beolahraga. Selain menyehatkan tubuh kita, dengan berolahraga yang rutin juga terbukti menjaga kestabilan emosi. Olahraga yang teratur juga dapat menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan stress.

5. Jauhi Lingkungan yang Toxic

Lingkungan dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap diri seseorang. Maka dari itu, carilah lingkungan yang memberikan dampak postif dan saling supportive. Karena dengan berada di lingkungan yang sehat kemungkinan besar dapat membantu menjaga kesehatan mental kita. namun jika kamu merasa suatu lingkungan itu tidak sehat atau toxic, maka lebih baik menarik diri atau memberikan batasan antara diri kamu dan lingkungan toxic tersebut agar lebih fokus memelihara pikiran positif pada diri kamu.

selain mengetahui pentingnya kesehatan mental, pendidikan karakter juga penting lho bagi mahasiswa. cek artikel disini

Nah dari pembahasan diatas, semoga memberikan wawasan dan diharapkan semakin menyadarkan kita akan pentingnya kesehatan mental serta cara menjaganya. Walaupun memang sebagai mahasiswa pasti merasa sulit untuk melakukannya, namun harus tetap percaya dengan mental yang baik maka akan menimbulkan hal-hal positif lainnya. Bagi kamu yang sedang merasa kondisi kesehatan mentalnya sedang terganggu, tetap berjuang dan yakinlah apapun yang kamu rasakan adalah valid dan teruslah berusaha untuk lebih baik.

 

Komen dibawah! 1

  1. Khanin

    setuju bgttt sama artikelnya👍👍, yukk jaga kesehatan mental kita, jaga dan cintai dirimuu 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.