Perbandingan Mazhab, Universitas Islam Negeri

Perbandingan Mazhab UIN Sunan Kalijaga (Mia)

Halo sobat intipers! Aku Islamiatur Rohmah dari Perbandingan Mazhab UIN Sunan Kalijaga. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Perbandingan Mazhab UIN Sunan Kalijaga seperti apa?

Prodi perbandingan mazhab ini mungkin kurang familiar ya di telinga temen-temen, apalagi prodi ini masih terbatas ada di 16 kampus aja. Gambaran tentang prodi kami, sesuai namanya itu perbandingan, jadi kita menilai atau menimbang kesamaan kemudian kelebihannya seperti apa. Nah, mazhab itu sebuah aliran. Fiqih itu sendiri kan ada mazhab Syafii, Maliki, Hanafii, dsb. Jadi, prodi ini ingin menyajikan lebih lanjut terkait lulusan yang berkompeten dalam mengembangkan ilmu-ilmu khususnya tentang mazhab itu tadi.

Ada juga nih beberapa stigma yang bilang kalau prodi kami itu susah lulusnya, padahal itu tergantung personal masing-masing. Tergantung cara mengatur waktu, cara belajar kita jadi kita gak bisa menjudge masuk jurusan ini bakal lama lulusnya. Selain itu, banyak juga yang ngira prospek kerja lulusan jurusan perbandingan mazhab itu nantinya jadi ulama, ustadz, ustadzah aja padahal kan karena kita belajar hukum positif jadi gak menutup kemungkinan kita bisa menjadi konsultan hukum, hakim, notaris, advokat gitu.

Slide5

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

perbandingan mazhab uin

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perbandingan Mazhab UIN Sunan Kalijaga?

Awalnya cuma iseng aja, tapi di sisi lain merasa tertantang. Jurusan ini masih minim, sangat spesial dan jarang ditemukan. Apalagi berkaitan tentang kehidupan realita sosial seperti di Bali daerah asal saya. Mohon maaf mungkin masih awam, banyak yang belum tahu. Nah di sini saya ingin mengembangkan lebih lanjut terkait cara kita menyikap berbagai hal yang terjadi. Misal kita ambil contoh ketika salat, yang pada beberapa hal ada yang caranya berbeda. Di sini kita menggali alasan dan dalil yang digunakan sehingga orang bisa beralasan untuk salat dengan cara yang berbeda-beda.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Perbandingan Mazhab UIN Sunan Kalijaga?

Mata kuliahnya sangat variatif ka, mulai semester 1 sampai akhir. Di semester 1 kita mulai dikenalkan dengan pengantar perbandingan mazhab yang membahas kira-kira mazhab ini dibawa oleh siapa, bagaimana karakteristiknya begitu. Semester selanjutnya kita mulai mempelajari beberapa problematika yang cukup krusial, misalnya pernikahan. Kita bahasa pernikahan di Indonesia dan Mesir itu bagaimana dan pandangan berbagai mazhab seperti apa.

Selain belajar tentang hukum islam, kita juga belajar hukum positif, hukum nasional juga. Jadi kita ga mendapat titel sarjana hukum islam tapi gelarnya sarjana hukum. Kita mempelajari hukum perdata dan hukum pidana.

Awal masuk saya cukup kaget juga karena saya kira pure isinya hukum islam semua. Setelah didalami ternyata spesial sekali dan mau gak mau harus belajar lebih lanjut.

Awal masuk jurusan ini pengen menghindari matematika, tapi ternyata ada mata kuliah namanya Ilmu Falak. Ilmu Falak itu praktiknya menggunakan matematika, tapi saya merasa tertarik juga. Kita praktik mengukur arah kiblat, posisi salat yang benar.

Mata kuliah lain yang gak kalah berkesan itu di semester 1, matkul PPKn. Kita disuruh untuk wawancara orang sekitar, mahasiswa dan dosen juga mengenai permasalahan yang krusial waktu itu. Asik juga nih di mata kuliah Perbandingan hukum zakat dan wakaf. Nah di mata kuliah ini kita wawancara langsung sama beberapa pihak yang berkepentingan di lembaga zakat dan wakaf. Pada waktu itu kelompok kami dapat bagian di lembaga amil zakat milik Nahdatul Ulama.

Beralih ke tugas, itu bentuknya variatif. Dalam tugas kita dianjurkan menggunakan kitab induknya. Jadi kita dituntut untuk bisa belajar bahasa Arab yang lebih detail karena kitab itu jarang banget ada terjemahannya. Kita difasilitasi juga dengan mata kuliah Bahasa Arab dam Qirautul Kutub itu praktik membaca kitab yang benar. Mata kuliah itu jadi salah satu persyaratan lulusnya yaitu harus bisa baca kitab.

Adakah pilihan konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Gak ada, jadi semua belajar hal yang sama.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk ada SNMPTKIN, SPANPTKIN, UMPTKN, SBN dan jalur mandiri. Khusus prodi Perbandingan mazhab itu kalau saya pribadi masuk lewat SPANPTKIN. Temen-temen bisa situs UIN Sunan Kalijaga, untuk pendaftarannya bisa cek admisi.uinsuka.ac.id.

Biasanya kuota penerimaan tiap angkatan itu sekitar 110-120 orang. Cukup terbatas banget, jadi buat yang mau bergabung silakan dipersiapkan dari sekarang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau menurut saya, tekadkan dan bulatkan niat. Kalau gak niat nanti susah dalam menjalaninya. Kita juga harus tahu juga prodi kita itu seperti apa, karakteristiknya bagaimana, mata kuliahnya apa saja. Itu penting banget untuk pengetahuan dasar kita. Apalagi mahasiswa kan dituntut mandiri, kalau berfokus pada materi yang disampaikan oleh dosen saja, menurut saya itu kurang cukup. Maka dari itu perlu belajar ekstra.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya gak hanya jadi ahli fatwa, ulama, ustad/ustadzah. Lulusan jurusan ini bisa jadi hakim, notaris, advokat, konsultan hukum. Pas kuliah juga kita diajarkan mata kuliah mediasi, advokat, hukum lingkungan juga ada. Maka dari itu gak menutup kemungkinan untuk bekerja di ranah hukum. Berkecimpung di dunia politik juga bisa.

Harapan dan rencana ke depannya?

Doakan ya ka, youtube saya cepat mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Kalian bisa cek youtube aku islamiatur Rohimah youtube channel. Isinya tentang tutorial ngeyoutube dan dan QnA juga di sana. Rencana setelah lulus mau mondok di salah satu pesantren di Jombang. Nanti setelah 1-2 tahun mau lanjut S2.

Kode konten: C209

Komen dibawah! 1

  1. YOGI C

    Kayaknya susah ya kak,,aku bingung mau ngambil jurusan antara ,PAI,perbandingan mazhab,sosiologi agama,atau filsafat islam..butuh sarannya kak..

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *