IAIN, Perbankan Syariah

Perbankan Syariah IAIN Tulungagung (Lia)

Perbankan Syariah IAIN Tulungagung (Lia)

Halo sobat intipers! Aku Lia Izzatunnafsi dari Perbankan Syariah IAIN Tulungagung angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Perbankan Syariah IAIN Tulungagung seperti apa?

Seperti namanya kita membahas seluk beluk perbankan. Perbankan syariah itu tentu saja berbeda dengan bank konvensional, bedanya dimana sih, yang kita pelajari itu produk-produknya harus halal, tidak  boleh ada unsur maysir, gharar dan riba. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Beda juga di akad-akadnya, disetiap transaksi syariah pasti ada akadnya, contohnya di tabungan pasti ada akad wadiah sama mudharabah, di pembiayaan kita harus tau pembiayaan ini untuk apa, misalnya untuk usaha atau konsumtif, akadnya berbeda, pelaksanaanya berbeda, kita bahas juga tentang analisis pembiayaan, kaya usaha apa saja yang bisa diberikan pembiayaan, yang kaya gimana, terus juga kalo ada pembiayaan yang macet apa yang harus di lakukan, terus ada juga pemasaran produk bank syariah juga, terus selain oprasional kita belajar tentang sistem hukum, kaya hukum jaminan, tindak pidana perdata, di bank syariah pasti ada hitung-hitungan, ya akuntasi syariah, soalnya akadnya banyak, jadi harus dibukukan masing-masing, jadi kalo ada yang bilang di bank itu harus cantik dan ganteng doang, ga dong, soalnya banyak yang harus dipelajari, rapi itu harus soalnya  masuk etika perbankan yang harus di taati. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perbankan Syariah IAIN Tulungagung?

Pertama aku tertarik dengan akuntansi di SMA ku dulu, terus kalo kita ke bank itu lihat kakaknya rapih dan keren, jadi tertarik, terus juga karena novel Tere Liye, judulnya Negeri Para Bededah, ko menarik kerja di bank itu, oke aku memutuskan jadi banker gitu. Akhirnya masuk ke jurusan ini, sampai sekarang nyaman, merasa ini pasion ku.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah khas itu ekonomi islam disemester 1-4 ada, harus tau kajian ayat dan hadist, oprasional bank syariah semester 1-6, hitung-hitungan akuntansi semester 1-6 ada, pengantar akuntasi, akuntasi syariah, akuntasi manajemen, tugas-tugasnya praktek-praktek, di IAIN Tulungagung ada mini bank sendiri, klo praktek  kita disuruh jdi custemer service, teller, melakukan kegiatan di bank gitulah, terus selain itu wawancara dengan pegawai-pegawai bank, semester 7 ada PPL, aku kemarin PPLnya ga bisa jadi PPL di rumah biasayan di koprasi syariah atau perbankan syariah.

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi ga ada, tapi mata kuliah pilihan ada, yang tentunya diluar jalur lembaga syariah, misalnya kaya aku dulu di semester 6 aku pilih analisis mikro ekonomi menengah dan manajemen keuangan, pilihan lainnya ada gadai. Manajemen keuangan tentang hitung-hitungan, gadai biasanya kaya oprasional di gadai kaya gimana mau menggadaikan sesuatu harus syariah ya barang-barangnya harus halal.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB IAIN Tulungagung. SPAN-PTKIN sudah dibuka, bisa langgsung ke instagramnya IAIN Tulungagung. UM-PTKIN itu tes masuk yang dikuti serentak oleh seluruh kampus berbasis islam. Jurusan perbankan syariah ga buka SPMB, soalnya sudah penuh dari SPAN dan UM. Jadi saranku kalo mau masuk pilih jalur SPANPTKIN dan UMPTKIN. Kalo aku dulu lewat jalur UMPTKIN kaya tes gitu, ada tes islam  aqidah ahlak, al-qur’an hadist, bahasa arab, ada soal di selesaikan kaya soal-soal berbasis islam. Kalo melampirkan sertifikat bisa masukan di jalur SPANPTKIN yang pakai raport prestasi.

Ada tips buat mahasiswa baruh  Perbankan Syariah IAIN Tulungagung?

Semester awal masih bisa dilewati dengan baik karena semester awal masih pengenalan, kaya dasar-dasar ekonomi islam, pengantar akuntasi 1, kalo temen-temen mau baca dan mau buka catetan di SMA dulu, InsyaAllah semester awal bisa dilewati dengan baik.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak yang kerja di bank syariah, ada juga di akademisi lembaga syariah kaya dosen, ada juga kaya di keuangan syariah, koprasi syariah.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapanya semoga ilmunya bisa bermanfaat, bisa digunakan. Pengennya kerja di bank syariah juga. Kalo ga paling nerusin S2 di ekonomi islam, bercita-cia ingin jadi dosen juga.

Kode konten: C306

Komen dibawah! 1

  1. Wahyu Kinasih

    Untuk mahasiswa baru jurusan Perbankan Syariah seperti ini bisa memulai pelajaran nya nanti dari mana ya kak kira-kira, soalnya saya juga bukan dari lulusan SMA atau dari lulusan akutansi?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *