Perbankan Syariah, Uncategorized, Universitas Islam Negeri

Perbankan Syariah UIN Banten (Putri)

Perbankan Syariah UIN Banten (Putri)

Halo sobat intipers! Aku Hanundhiya Putri dari jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Perbankan Syariah UIN Banten seperti apa?

Perbankan Syariah masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, ada 3 jurusan yaitu ekonomi syariah, perbankan syariah, dan asuransi syariah. Perbankan syariah itu suatu sistem keuangan yang berdasarkan syariah, di jurusan perbankan syariah ini belajar mengenai pengelolaan mulai dari operasionalnya, akad yang digunakan dalam menyalurkan dana, dan sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Di semester 1 itu kita belajar hampir semua teori, yang itung-itungan itu kaya cuman pengantar akuntansi, pengantar manajemen, selebihnya kaya pengantar ekonomi makro, mikro, Bahasa Indonesia, kemudian mata kuliah umum lainnya.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Perbankan Syariah UIN Banten?

Saya itu orang yang gak bisa menekuni satu bidang yang spesifik. Saya ini pengen jurusan yang mempelajari ilmu multidisipliner. Perbankan syariah ini bukan ilmu yang mempelajari perbankan saja, kita belajar ekonomi, sosial, bahkan hukum, itu adalah salah satu saya memilih perbankan syariah.

Perbankan konvensional kita belajar, perbankan syariah juga belajar, jadi kita tau perbedaannya. Tapi karena ini jurusan perbankan syariah, jadi kita lebih memfokuskan untuk belajar perbankan syariah, mulai dari operasional, produk-produk yang ada di perbankan syariah, sistem informasinya pun bahkan kita belajar.

schooters

Mata kuliah yang khas di jurusan ini?

Karena kita jurusannya perbankan syariah, jadi mata kuliah yang khas banget di jurusan ini itu adalah keuangan syariah, jadi mata kuliah ini itu kita mempelajari tentang sistem operasional bank syariah, lembaga pengawasan bank syariah, dan produk yang ada di bank itu sendiri. Ada juga mata kuliah sistem informasi perbankan syariah.

Kita mempelajari sistem informasi perbankan syariah ini di mata kuliah sistem informasi perbankan syariah. Jadi kita belajar kaya anak IT nya, sekarang di perbankan syariah itu kan semakin maju, jadi teknologi juga digunakan di jurusan ini. Sekarang ada e-banking, sms banking, kita juga belajar untuk membuat itu. Jadi bukan anak IT aja yang belajar komunikasi, kita juga anak perbankan syariah mempelajarinya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di jurusan perbankan syariah UIN Banten ini gak ada pengelompokan, tapi nanti semester 5 dan 6 kita akan memilih seperti mata kuliah khusus. Misalnya ada 2 mata kuliah yang kita suruh milih salah satunya aja, jadi gak ngambil mata kuliah sekaligus.

Mata kuliah di semester 5 dan 6. Di semester 5 itu ada ekonomi internasional dan akuntansi komputer. Kemudian di semester 6 ada broadcasting dan manajemen keuangan syariah, jadi kita bisa memilih salah satunya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk untuk di perbankan syariah secara garis besar ada 3: SPANPTKIN kaya SNMPTNnya tapi untuk perguruan tinggi islam negeri, jadi pakai jalur raport seleksinya nasional, kedua UMPTKIN itu SBMPTN nya di perguruan tinggi islam negeri, PCMB mandiri, bisa di akses di pcmb.uinbanten.ac.id

Magang di jurusan Perbankan Syariah UIN Banten?

Kita di semester 7 nan ti ada magang di perbankan syariah, jadi kita magang hanya di perbankan syariah aja. Kalau untuk magang diwajibkan, biasanya nanti diacak dipilih sama jurusannya. Kita KKN nya ada yang program percepatan, jadi KKN nya di semester 5. Kalau program yang reguler, KKN nya di semester 6.

Ada tips buat mahasiswa baru Perbankan Syariah UIN Banten?

Tips buat adik-adik semester 1 & 2, jangan merasa salah jurusan hanya karena mungkin banyak hitung-hitungannya. Itu slaah besar, walaupun kita gak bisa menghitung, apa salahnya kita belajar. Ngerjain tugas jangan mepet deadline, nanti kita gak maksimal mengerjakan tugas itu. Semangat kuliahnya, man jadda wa jadda pokonya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerja itu tergantung dari individu masing-masing, tapi secara garis besar prospek kerja dari perbankan syariah ini sebenernya luas, gak harus kerja di perbankan syariah, kita juga bisa kerja di perbankan konvensional yang membutuhkan staff keuangan, manajemen, jadi gak harus di bank aja.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana saya setelah lulus, saya ingin pengalaman kerja dulu. Ingin menerapkan ilmu yang aku punya. Kalaupun saya punya rezeki berlebih, saya ingin melanjutkan S2 di Universitas luar negeri, masih rencana sih.

 

 

Kode konten: C632

Komen dibawah! 1

  1. Alvian Danar Hadi

    Mau kelanjutannya kak biar nambah wawasan pengalaman.Omong omong aku juga kuliah di jurusan perbankan syariah

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *