Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri

Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol (Rana)

Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol (Rana)

Halo sobat intipers! Aku Rana Nurulita Handra dari jurusan Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol Padang angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol itu seperti apa?

Secara garis besar mungkin masyarakat umum banyak yang belum tahu apa itu jurusan perbankan syariah. Seiring perkembangan waktu, prospek jurusan ini tuh udah banyak. Juga, jurusan ini suatu sistem perbankan yang dalam pelaksanaannya berdasarkan prinsip dan hukum islam. Jadi secara garis besar yang kita pelajari di jurusan perbankan syariah yaitu sistem operasionalnya, akad yang digunakan dalam mengimpun dana dan akad lainnya dalam perbankan syariah, belajar tentang pembiayaan, sistem manajemen, manajemen risikodan audit bank syariah.

unisa

Nah, pasti ada perbedaan perbedaan antara perbankan syariah dan perbankan konvensional. Kalau dari sistem pencatatannya, akuntansi syariah dan konvensional ini berbeda dan kita pelajari itu.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol?

Sebenernya pilihan terakhir, karena perjuangan pilih jurusan itu banyak sekali tantangannya. Saya masuk jurusan ini sudah jalur terakhir di jalur mandiri. Mungkin sudah menjadi takdir untuk Rana masuk ke jurusan ini, meskipun dulu waktu SMA jurusannya IPA.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Perbankan Syariah UIN Imam Bonjol?

Mata kuliahnya ada yang wajib dan mata kuliah jurusan. Kalau mata kuliah wajib itu seperti Bahasa Indonesia, PKN, dan mata kuliah lainnya seperti di universitas lainnya. Nah, bersyukurnya juga kalau kuliah di UIN, kita dapat 2 pengetahuan sekaligus. Pengetahuan agama Islam dan pengetahuan umum. Dari segi pengetahuan agama, kita belajar bahasa Arab, fiqih, sejarah-sejarah dan perspektif islam dalam berbagai hal.

pmb2-min

Kalau mata kuliah jurusan, secara lebih spesifik kita mempelajari akuntansi umum di matkul akuntansi 1 dan 2. Lalu, lanjut ke akuntansi khusus perbankan syariah. Kita juga belajar manajemennya, baik itu manajemen SDM, manajemen operasionalnnya, manajemen liabilitas, manajemen operasional, manajemen pembiayaannya juga.

Paling berkesan itu mata kuliah akuntansi perbankan syariah, apalagi selama sekolah dulu belum pernah belajar akuntansi. Lalu belajar akuntansi di kuliah dan merasa asyik dan gak canggung juga untuk berkecimpung di hitung-hitungan. Selain akuntansi, ada juga mata kuliah lain yang melibatkan perhitungan. Namanya juga jurusan perbankan hubungannya itu dengan uang. Mata kuliah matematika ekonomi, akuntan 1-5 juga ada hitungannya, akuntansi perbankan syariah juga.

Biasanya kalau gak pandemi mungkin kami sudah banyak praktik di lab. Praktiknya seperti simulasi menjadi CS, teller, manager, dirut bahkan nasabah bank. Nanti ujung-ujungnya buat laporan praktikum.

Selanjutnya, tugasnya gak berbeda dengan jurusan lain. Ada membuat makalah, buat resume, presentasi juga gitu. Nanti sekitar semester 7 ada PL atau praktik lapangan ke bank syariah.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada beberapa mata kuliah pilihan, sekarang saya pilih lembaga keuangan mikro syariah. Jadi gak hanya mempelajari berbagai hal di sistem perbankan syariahnya tapi kita juga mempelajari lembaga keuangan mikro. Selain itu, ada juga mata kuliah manajemen, baik itu manajemen SDM dan manajemen lainnya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Biasanya itu ada SPANPTKIN, UMPTKIN sama jalur mandiri. Jalur mandirinya ada 2 gelombang, jadi ada 4 jalur masuk. Informasi lebih lanjut bisa akses ke uinib.ac.id. Kebetulan saya masuk jalur mandiri, ada tes tulis sama kaya SBMPTN itu terdiri dari 2 sesi. Sekitar 2 minggu kemudian baru ada pengumumannya. Jurusan ini baru menerima 3 angkatan, mulai dari 2018. Jumlah penerimaan untuk satu angkatan itu sekitar 100 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kita harus terus berikhtiar untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Apapun yang terjadi kita terima dan yakini kalau itu terbaik buat kita. Kalau udah begitu, yakin semuanya pasti akan berjalan lancar. Ada juga motto hidup Rana, no action nothing happened dan tauke action miracle happened.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya bukan hanya di perbankan syariah aja, bisa di BI, OJK, bank BUMN. Kalau kita mempelajari regulasi bank syariah itu sangat baik untuk jadi komisaris atau pun bisa di MUI untuk menetapkan fatwa dalam kegiatan operasional bank syariah. Bisa juga jadi auditor sistem keuangan atau sistem operasional, bisa di lembaga bank maupun nun bak seperti pegadaian, dll.

Harapan dan rencana ke depannya?

Doakan Rana bisa segera lulus dan melanjutkan studi. Mudah-mudahan bisa mendapat pekerjaan langsung.

Kode konten: C204

Rana Nurulita Handra
Assalamualaikum Wr Wb Perkenalkan Nama Saya Rana Nurulita Handra Lahir di Padang, 30 Juli 2000, saya anak pertama dari 3 bersaudara. Mama dan Papa saya sering memanggil saya dengan sebutan Cece Rana, ntah dari mana asal panggilan Cece itu pdhal saya ga mirip lo ya dg orang China wkwk... Riwayat Pendidikan : TK Qurrata 'Ayyun di Padang TK Qurrata 'Ayun di Bengkulu Selatan SD Negeri 15 Bengkulu Selatan SMP Negeri 2 Bengkulu Selatan SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan Jurusan IPA Mahasiswi Jurusan PERBANKAN SYARI'AH Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang Thn. 2018 Banyak lika-liku yang telah dilalui untuk menempuh pendidikan di Perguruan tinggi saat ini banyak sekali penolakan yang di alami Tetapi saya tidak patah semngat terus mencoba dan berusaha serta meminta Kepada Allah SWT, dan Alhamdulilah saya bisa berkuliah di PKIN saya saat ini Ikhlas atas apa yang di kehendaki-Nya teruslah mendekatkn diri kepada-Nya dan ber Shalawat kepada Rasul-Nya insyaAllah kita akan mendapatkan Syafaat-Nya Dan jgn lupa berdoa serta meminta restu dari kedua Orang Tua, terutama doa seorang ibu do'a nya sangat mustajab lo, percayalah Serta tambah dg usaha dan kerja keras kita dalam menggapai segala impian No Action, Nothing Happen. Take Action, Miracle Happen. Wassalamualaikum Wr Wb

Komen dibawah! 2

  1. Syifana Azra

    Assalamualaikum Wr. Wb kk rana, salam kenal dari aku syifana azra dari pariaman. Aku baru lulus umptkin 2021 di jurusan perbankan syariah UIN imam bonjol padang. Apakah jurusan ini S1 atau D3 kk, soalny ada yang bilang S1 ada juga yang bilang D3. Mohon balasannya kk rana, semoga kita ketemu ya nanti hehehe. Terimakasih banyak kk rana assalamualaikum wr. Wb.

    • Rana Nurulita Handra

      Waalaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh. Salam kenal kembali Syifana…
      Wahh Alhamdulillah selamat yaa dan semangat kuliahnya…
      Baiklah kakak jawab yaa, di UIN Imam Bonjol ada 2 macam prodinya, kalau Perbankan Syariah itu (S1) nah kalau Manajemen Perbankan Syariah itu batu (D3), nah untuk jawaban lebih jelas mengenai jurusan perbankan syariah nnti simak aja saat PBAK yaa dek. Semngattt
      Mungkin itu jawaban dari pertanyaanya
      Aamiin… semoga kita nnti ketemu yaa hihii

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *