Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri

Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin (Agung)

Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin (Agung)

Halo sobat intipers! Aku Agung Wahyudi dari Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten seperti apa?

Jurusan yang berkaitan dengan bank, jadi memang jurusan ini sifatnya ke bank tapi sistemnya syari’ah. Jadi jurusan ini berkaitan dengan bank syariah baik itu sistem dan pelayanannya juga.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten?

Dari dalam diri saya sendiri, dari awal basic lulusan IPA, saya pengen berkecimpung di perbankan, mungkin basicnya ga sekuat anak-anak IPS, tapi setelah di jalanin, Alhamdulillah, ya dijalanin aja, dan emang bisa kan dari IPA ke ekonomi ada hitungan dan ga jauh juga.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah lembaga keuangan syariah, mempelajari tentang rasio, likuiditas, bagaiaman perusahaan bagaimana mendapatkan keuntungan dari laba dan rugi. Ada juga mata kuliah mengenai pemasaran syari’ah.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada ka, lebih ke mata kuliah pilihan saja. Bisa dipilih di semester atas, misalnya 5 dan 6. Jadi dari mata kuliah pilihan ada dua dan harus dipilih salah satu. Kalo mata kuliah pilihan semester 5 ada ekonomi internasional sama komputer akutansi, kemudian di semester 6 ada mata kuliah boardcasting dan manajemen keuangan internasional. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Lewat SPANPTKIN, UMPTKIN dan mandiri. Kalo SPANPTKIN dominasi untuk berbasis Perguruan Tinggi Negeri berbasis islamnya. UMPTKIN kaya SBMnya anak-anak universitas islam negeri, jalur mandiri namanya beda-beda. Akses bisa langsung di cari di google. Kalo kampus saya ke UIN Bantennya langsung ada.

Ada tips buat mahasiswa baru Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten ?

Tipsnya jangan pernah nyalahin jurusan, saya salah nih, mungkin bukan kaya gitu, jadi pilihan kita tanggung jawab kita, apapun sulitnya bisa kita hadapin, bisa belajar kelompok sama temen-temen IPS kalo kita dari IPA, jangan menunda-nunda tugas, apalagi jurusan ini lebih ke akuntansinya, agak ribet.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalo saya liat dari magang semester 6 atau 7, mungkin kating-kating saya banyak magang ke perbankan, koperasi, lebih ke bank juga, dan ga menutup kemungkinan bisa di perusahaan, baik itu tentang akuntansi.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalo misalnya rencana kedepannya inggin cari pengalaman dulu, melihat jurusan saya sendiri, jadi staf akuntan, staf administrasi, kemudian harapan inggin melanjutkan bisnis atau ekonomi.

Q&A

  • Perbedaan yang paling mendalam tentang perbankan?

Jawaban: jadi kalo yang sudah saya pelajari, perbedaan perbankan syari’ah dan konvensional bedanya ke sistem aja sih, istilahnya orang-orang itu lebih banyak menggunakan konvensional dari pada syari’ah, oleh karena itu kurang banyak yang memahami perbedaannya, mungkin karena kurang sosialisasi, jadi perbedaannya lebih ke sistem apa yang digunakan oleh perbankan itu sendiri.

Kode konten: C386

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *