Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri

Perbankan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Faizal)

Perbankan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Faizal)

Halo sobat intipers! Aku M. Faizal Reza jurusan Perbankan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Perbankan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu seperti apa?

Sebenernya prodi perbankan UIN Suka masih bisa dibilang sangat muda karena baru dirintis 9 tahun lalu. Perbankan syariah itu gak jauh beda ketika kita mempelajari suatu ilmu yang akan kita pelajari dalam suatu pekerjaan. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Biasanya stigma perbankan syariah yang berkembang itu sama saja dengan bank konvensional. Padahal beda banget! Kalau prodi perbankan syariah beda dengan fakultas syariah yang fokus kepada hukum. Perbankan syariah itu lebih mengacu pada praktek. Kita mempelajari pengelolaan sistem yang berkaitan khusus dengan perbankan syariah. Misalnya, manajemen personalia, ataupun menajemen marketing, manajemen keuangan. Ciri khas perbankan syariah UIN Suka kita itu ada 2 konsentrasi.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Perbankan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?

Kalau mau flashback ke sejarah saya, sebenernya saya itu orangnya agak acak-acakan. Saya kurang konsisten sama diri sendiri. Jadi waktu masa peralihan anatara setelah selesai di MA, lalu melanjutkan studi ke perkuliahan itu banyak perjuangannya. Ketika saya baru lulus dari Aliyah itu ada sekitar 7 jalur seleksi yang saya coba. Ada SNMPTN, aku pilih UGM sama UNY. Lalu SPANPTKIN, pilih UIN wali songo sama UIN malang. Itu juga belum rejeki. 

Kemudian waktu saya udah serius, saya coba cari peruntungan ketika sudah dibuka seleksi SBMPTN dan UMPTKIN. Ini sama-sama gak lolos dulu, dan waktu itu saya sudah mulai resah. Saya coba peruntungan ngambil mandiri UIN suka itu ada yang CBT, dulu saya CBT gak lulus. Saya berpkir kayanya gap year, saya coba juga di UNY dan sama-sama gak lolos. Terakhir mandiri PBT yang bener-bener terakhir, alhamdulillah saya lulus. 

schooters

Kalau latar belakang saya bisa pilih prodi perbankan syariah itu bisa dibilang sebagai tersesat. Nah tersesat dijalan yang benar. Ketika saya sudah masuk banyak ilmu yang masih liniear sama pengalaman saya pada mondok. Dulu saya pernah mondok sekitar 6 tahun. Darisitu saya belajar berbagai ilmu agama, sekarang ternyata banyak sekali mata kuliah yang bisa saya perdalam lagi dari ilmu pada saat saya mondok dulu. Contohnya misalkan ilmu ekonomi syariah, fiqih muamalah, dan juga hukum-hukum dalam akad tertentu. Nah itu sih suka dukanya saya masih menjadi anak labil. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Buat aku pribadi, menurut aku hampir semuanya sih. Dari departemennya aja bener-bener khas gitu, gak ada di universitas lain apalagi yang dipelajarinnya. Disini itu kita diajarin yang kita mungkin gak temuin di ekonomi lain. Mau yang di IPB, karena kan di IPB itu ada 5 jurusan ekonomi salah satunya ESL (ekonomi sumberdaya lingkungan), yang kita pelajari itu beda daripada yang temen-temen pelajarin yang lain. Karena mungkin kita basic  nya ekonomi ya, jadi ekonomi mikro dan makro tetep ada tapi kalau misalnya mata kuliah yang khas itu hampir semuanya khas. 

Ada ekonomi pertanian, ekonomi lingkungan, ekonomi sumberdaya, ekonomi kehutunan. Ekonomi sumberdaya nya pun dibagi-bagi lagi, ada ekonomi sumberdaya air, sumberdaya lahan, pokonya macem-macem, dan ilmunya itu bener-bener relate sama apa yang lagi dibutuhin sama dunia kerja gitu, untuk tahun-tahun yang akan datang, karena kita bisa liat sendiri kan bumi kita udah makin berumur, jadi ya bisalah kalau misalnya temen-temen mau belajar tentang sustainable.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi yang baru bener-bener ada itu ada dua. Ada satu lagi yang masih dalam tahap pengajuan. Pertama ada manajemen marketing, lalu ada manajemen personalia. Konsentrasi ini bisa temen-temen dapat ketika udah menjelang semester 5. Di pemilihan mata kuliah itu baru bisa didapat di semester 6 dan 7. Kalau temen-temen bisa memaksimalkan SKS yang ada disetiap semester,dengan ambil 24 SKS, ya kemungkinan besar bakal bisa ngambil mata kuliah penjurusan itu pada semester 5. 

Kalau manajemen marketing gak beda jauh sama yang ada di prodi manajemen. Jadi disitu kita bakal membahas terkait bagaiamana cara memasarkan suatu produk.  Kita mengembangkan strategi agar produk perbankan syariah ini laku. Manajemen personalia atau SDM itu lebih terfokus kepada orang-orang yang ada di perbankan syariahnya. Itu seperti posisi teller ataupun front office. Kita belajar menyesuaikan orang-orang yang ada di instansi linear dengan kemampuan. Kalau yang ke-3 itu insyaa allah tahun ini akan di adain yaitu manajemen keuangan perbankan syariah. Itu akan lebih fokus pada pengelolaan keuangan syariah. 

Kalau kita lihat di lapangan, sebenernya yang paling banayak dicari di bank itu adalah orang yang mau kerja, jadi kalau untuk konsentrasi itu lebi ke tambahan skill, dan lebih ke manajemen marketing sih. 

Pilihan konsentrasi saya

Kalau saya sendiri konsentrasinya manajemen personalia atau SDM, tapi ketika temen-temen udah serius memilih konsentrasi, biasanya ada suatu program khusus yang biasanya di inisiasi oleh suatu pihak bank tertentu, yaitu ODP Bank, untuk posisi yang dibutuhkan pada saat seleksi ODP ini biasanya langsung ke manajemen tingkat atas, misalkan manajemen HRD, dan Human capital. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Karena prodi perbankan syariah ini termasuk ke kategori jurusan yang konsentrasinya keagamaan islam, ada sekitar 5 jalur masuk yang bisa temen-temen coba untuk menjadi mahasiswa prodi perbankan syariah, yang pertama ada jalur UMPTKIN sama SPANPTKIN.

Tips dari saya kalau teman-teman mau mencoba peruntungan di UMPTKIN itu kan ada setidaknya 2 pilihan prodi, pastikan pasinggradenya itu untuk pilihan kedua jangan lebih tinggi dari pilihan pertama, jadi semisalkan temen-temen gak kepilih di pilihan pertamanya, jadi masih bisa dipertimbangkan di pilihan keduanya. 

Untuk jalur masuk yang disiapkan oleh kampus ada jalur mandiri sama jalur prestasi, nah untuk jalur mandiri ada CBT dan PBT, karena tahun ini masih pandemi, jadi sistem PBT dilebur ke CBT, jadi mungkin bakal ada 2 gelombang tes masuk untuk CBT. Kemudian jalur terakhir yaitu prestasi, ada sekitar 5 jalur masuk yang saya ketahui. 

Ada tips buat mahasiswa baru Perbankan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?

Mungkin temen-temen bisa mempelajari terlebih dahulu bagaimana ilmu-ilmu yang ada di dalam agama islam, karena ini prodi perbankan syariah bukan perbankan konvensional, jadi ketika temen-temen itu udah jadi mahasiswa perbankan syariah biasanya suka uring-uringan dengan mata kuliah tertentu yang berkaitan dengan ilmu keagamaan islam seperti ekonomi syariah, fiqih muamalah, ataupun alquran hadits, dan juga fiqih kontemporer, itu yang biasanya temen-temen saya pusingkan ketika baru masuk pertama kali di prodi perbankan syariah, karena mereka latar belakangnya itu SMA ataupun SMK, jadi belum ada bayangan tertentu terkait prodi yang kita pilih. 

Kalau buat yang lulusan pondok atau aliyah akan lebih gampang sih, ya lebih perdalam lagi keilmuwan temen-temen dalam agama islam, dan juga belajar banyak tentang hitung-hitungan, karena dalam prodi perbankan syariah juga bakal dijumpai mata kuliah yang berkaitan dengan hitung-hitungan, kaya matematika ekonomi, manajemen aset dan liabilitas, terus ada manajemen dana dan pembiayaan, nah itu bersangkut paut sama itung-itungan. Tips yang terakhir, jangan fokus sama nilai aja, atau cuman jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang) jadi, perbanyak juga relasi ataupun teman yang bakal temen-temen jumpai dalam organisasi, kalau saya dulu itu bergabung dengan organisasi yang sekiranya bisa menunjang akademik saya dalam perkuliahan.

Biasanya setiap fakultas ekonomi itu ada Kasei (kelompok studi ekonomi islam), di fakultas saya itu ada kasei fosepi, nah disitu saya bergabung dengan organisasi tersebut yang fokusnya bergerak langsung ke masyarakat dalam sosial movement, lalu juga ada organisasi external dan juga organisasi internal kampus, kalau yang di interal kampus, temen-temen bisa gabung sebagai himpunan mahasiswa perbankan syariah ataupun bisa bergabung sebagai dewan eksekutif mahasiswa. Apa yang akan kita dapatkan dalam organisasi itu bakal banyak membantu kita dalam memahami ilmu yang kita pelajari didalam perkuliahan, karena ilmu tanpa praktik gak akan ada gunanya.  

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau misalkan ditanay prospek kerja, sebenernya banyak sekali peruntungan yang bisa kita coba ketika kita sudah lulus dari prodi perbankan syariah. Sebenernya gak jauh beda seperti lulusan manajemen, karena disitu banyak sekali bidang ilmu yang ada di manajemen tapi sifatnya itu lebih kompleks kepada perbankan syariah.

Kita sebenernya bakal mendapat banyak sekali kesempatan di berbagai bidang. Misalkan di kementrian, ataupun di perusahaan bank syariah. Bisa juga di perusahaan-perusahaan tertentu yang membutuhkan marketing atau ahli human resource atau human capital. Prospek kerja perbankan syariah itu ada tiga macam, yaitu menjadi akademisi atau peneliti, untuk mengembankan perbankan syariah atau ekonomi syariah.

Kemudian yang kedua menjadi praktisi. Praktisi ini bisa dikatakan sebagai bankir, ataupun para penggerak perbankan syariah. Bisa juga jadi entrepreneur. Tadi kan saya udah ngejelasin kalau di prodi kita itu ada manajemen marketing. Nah disitu kita bakal diajarin juga menjadi wirausahawan handal yang tetap berpegang teguh dengan akidah keislaman. 

Kalau kita searching di google, kebutuhan SDM syariah itu cukup banyak. Perbankan syariah itu mulai booming di masa pandemi ini. Ketika semua ekonomi itu mulai merosot perbankan syariah ini masih teteap kokoh. Ya setidaknya gak terlalu kena dampak inflasi ataupun kemerosotan ekonomi. Kemudian populasi masyarakat muslim Indonesia itu lumayan banyak. Maka dari itu, pangsa pasar perbankan ekonomi syariah itu lumayan banyak juga. Nah maka dari itu membutuhkan SDM yang unggul di keilmuwan perbankan syariah. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Jadi karena saya itu orangnya gak konsisten dengan diri sendiri, jadi saya itu ingin mencoba hal-hal baru yang belum saya eksplore. Kalau buat planning jangka panjang itu sebnernya saya pengen kerja dulu, saya ingin mencoba peruntungan menjadi karyawan bank syariah, kalau misalkan nanti udah ada rezeki, saya ingin melanjutkan studi saya ke S2 di Inggris, lebih tepatnya di Universitas Durham untuk mempelajari ekonomi syariah lebih dalam lagi. Setelah itu saya ingin menjadi orang yang memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara ini.

Q&A

  • Kak kalau dari SMK bisa masuk fakultas perbankan syariah gak?

Bisa banget kok, beberapa temen-temen ada kok yang lulusannya itu SMK otomotif, ada juga yang SMK nya itu linear banget yaitu SMK Perbankan syariah.

  • Kak fakultas syariah banyak hitungannya ya?

Kalau fakultas syariah itu enggak, karena mereka itu banyak belajar teori ataupun yang bakal dipakai dalam kegiatan bermuamalah ataupun keseharian, kalau di fakultas FEB, banyak hitungannya. 

  • Kalau untuk lulusan 2016 masih ada peluang masuk gak?

Aku kurang tau ya kalau buat lulusan angkatan 2016, tapi untuk mengikuti UMPTKIN itu minimal 2 tahun terakhir lulus SMA, kalau mandiri gak terlalu banyak peraturan, jadi mungkin bisa masuk jalur mandiri. 

Kode konten: C434

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *