Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri

Perbankan Syariah Universitas Islam Malang (Pinky)

Perbankan Syariah Universitas Islam Malang (Pinky)

Halo sobat intipers! Aku Pinky Anjeli Kusuma Cahyani dari Perbankan Syariah Universitas Islam Malang angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Malang seperti apa?

Secara garis besar jurusan perbankan syariah itu suatu sistem perbankan dimana pelaksanaanya ada dasar syariah dari contohnya memberikan pinjaman tanpa ada bunga atau riba. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Malang?

Sebenarnya dulu waktu SMA jurusan IPA, di jurusan IPA ga ada pelajaran ekonomi gitu, jadi dulu aku pengen kuliah di hubungan internasional atau manajemen, aku terinspirasi dari sodara aku, terus di jurusan perbankan syariah dapat cumlaude, aku penegn juga masuk jurusan ini, dan kaya hal yang baru dan tertarik. Sempet ada halangan karena pertama kali belajar ekonomi dan agama, sedangkan dulu aku ga belajar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Waktu semester pertama, mata kuliah sejarah peradaban islam, kaya ilmu qur’an, hadist, ngafalin surat-surat Al-Qur’an tentang ekonomi.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jurusan ini masih baru, aku angkatan kedua, jadi ga ada konsentrasi jurusan. 

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuknya bisa dilihat di website unisma.ac.id atau di instagramnya PMB UNISMA, biasanya ada informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru. Kalo aku masuk lewat jalur mandiri nya raport dan ijazah. 

Ada tips buat mahasiswa baru Perbankan Syariah Universitas Islam Malang?

Semua ilmunya akan di pelajari, namun tidak ada salahnya mempersiapkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan ekonomi dan memperdalam ilmu pnegetahuan agama, karena ada juga menghafal ayat-ayat ekonomi dalam Al-qu’an, terus di skripsi wajib menghafal surat tentang riba kaya Al-Baqoroh, sebagai tanda ga ada riba. Terus ada juga mata kuliah bahasa arab.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya banyak, contohnya tenaga profesional di perbankan seperti teller, customer service, terus sebagai akuntan dan bisa sebagai pengusaha, karena kita belajar mengenai bagaimana menjadi seorang pembisnis secara islami seperti sociopreneur.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Bentar lagi aku skripsi jadi semoga bisa mendapatkan kerjaan di lembaga syariah, dan aku rencananya kalo nanti udah kerja di Bank Syariah pengen punya sampingan jadi pengusaha, karena udah jadi pengalaman di mata kuliah sebelumnya bagaiaman menjadi entrepreneur.

Kode konten: C576

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *