Perbankan Syariah

Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya (Alifia)

Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya (Alifia)

Halo sobat intipers! Aku Alifia paranggi dari Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya seperti apa?

Perbankan syariah merupakan sebuah bidang studi yang fokus pada dunia keuangan seperti bank, asuransi, lembaga simpan pinjam, pasar modal, serta transaksi yang terjadi di dalamnya. Perbankan syariah di kampus saya, termasuk ke dalam Fakultas Agama Islam, jurusan ini tentu tidak sepenuhnya berbeda ataupun sama dengan perbankan biasa, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda oleh karena itu sangat penting bagi yang ingin masuk mengetahui seluk beluk perbankan syariah sendiri. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya?

Ada beberapa hal yang membuat saya tertarik memilih jurusan ini, salah satunya memiliki banyak cabang ilmu, pada umumnya prodi perbankan syariah mempelajari secara umum, sehingga kedepannya saya sudah siap untuk kerja terutama di bank syariah yang sudah banyak di Indonesia. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita diharuskan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Ada program studi yang saya suka, pertama ada sejarah perekonomian dan kedua perekonomian Indonesia, kedua ini saling berkesinambungan. Tugas yang diberikan oleh dosen sangat memicu ardenalin, kalo perkuliahan tidak menggunakan sistem daring, pasti suka sekali mempelajari dua mata kuliah ini. Juga ada beberapa program unggulan, ada praktikum laboratorium perbankan syariah, literasi ekonomi syariah, FORSEI atau Forum Komunikasi Ekonomi Syariah, dan masyarakat ekonomi syariah. Program magang, saya kemarin mencoba mendaftar dan keterima menjadi brand ambassador di sebuah perusahaan PT Komunal, untuk kampus berlaku di semester 5.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Saat ini sesuai kurikulum belum ada. 

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Saya masuk jalur raport dan nilai UTBK. Buat yang mau masuk jurusan perbankan syariah silahkan daftar secara online di website resminya Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pertama ada program reguler, bidikmisi dan beasiswa.

Ada tips buat mahasiswa baru Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya?

Sangat baik memperdalam pengetahuan tentang ilmu ekonomi. Saya merekomendasikan mencari dan menghafal ayat Al-qur’an terutama yang berhubungan dengan ekonomi. Usahakan agar tetap memahami teori matematis dan hitungan. Ga ada salahnya juga untuk memperkaya ilmu IT atau ilmu lain yang relevan dengan perbankan syariah. Intinya kerja keras harus terus dilakukan dalam menempuh pembelajaran ini, selain ilmu biasakan diri dalam kegiatan organisasi. Kalo di kampus hafalan ayat Al-qur’an tidak menjadi syarat kelulusan, tapi dalam skripsi harus mencantumkan beberapa ayat, cukup dimengerti dan dipahami.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jurusan perbankan syariah sangat menjanjikan sekali, banyak pekerjaan yang bisa diraih setelah lulus, jadi ga perlu khawatir karena prospeknya luas dan banyak perusahaan yang membutuhkan dari perbankan syariah. Kalo di kampus saya lulusnya jadi Sarjana Ekonomi, seperti menjadi peneliti, tenaga profesional di suatu perbankan syariah, akuntan, akademis, dosen, guru dan lain sebagainya. Ada beberapa alumni yang bekerja di Amil Zakat, back office dan di bank.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalo sekarang rencana kedepannya mendalami bisnis dan marketing, selain itu harapan saya setelah lulus, bisa bekerja di instansi yang diakui negara.

Kode konten: C606

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *