Perencanaan Wilayah & Kota, Universitas Gadjah Mada

Perencanaan Wilayah dan Kota UGM (Ikhsan)

Perencanaan Wilayah dan Kota UGM (Ikhsan)

Halo sobat intipers! Aku Ikhsan Mauludin dari Perencanaan Wilayah dan Kota UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UGM seperti apa?

Perencanaan Wilayah dan Kota UGM berada di bawah fakultas teknik. Jurusan ini ilmu yang menjadi irisan antara teknik sipil dan arsitektur. Kita banyak merencanakan hal-hal terkait keruangan. Temen-temen pernah gak kepikiran siapa orang yang merencanakan jalan-jalan, pemukiman atau perkantoran di kota-kota di Indonesia? Jawabannya adalah para perencana wilayah dan kota.

PWK UGM itu hitungan ada di semester 1 namanya matematika untuk perencanaan, dan itu bisa dibilang dasar, kaya kalkulus dasar. Lalu, nanti ada sedikit fisika, sedikit kimia, dan sedikit biologi. Matematika fisika dan kimia itu hanya sebagai dasar.

Slide5

Mungkin biar temen-temen gak bingung juga, di UGM itu ada juga jurusan Pembangunan wilayah. Ini beda ya PWK. Kalau pembangunan wilayah lebih mengarah pada analisis dan teknis daripada PWK. Mereka akan mengkaji wilayah dari segi kependudukan, sosial dan ekonomi lebih mendalam. PWK juga mempelajari hal tersebut tapi menekankan ke perencanaan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UGM?

Pemilihan PWK UGM karena kan ada di Yogyakarta dan bisa dibilang kerakyatan sekali ya kalau UGM. Kalau pilih jurusan PWK itu memang dari dulu saya udah concern tentang hal-hal perkotaan. Di PWK tidak hanya bealjar tentang keruangan, tapi ada konsentrasinya yang membuat saya tertarik dan kompleksitasnya itu menantang.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya itu lebih menekankan terhadap designing. Kalau temen-temen suka designing tapi masih ingin ada yang berbau eksakta, PWK itu cocok. Dalam mempelajari designing, software mendasar PWK itu ada pelatihannya. Namanya pelatihan perencana muda. Di semester awal masuk itu ada bimbingan dari kakak tingkat untuk mempelajari berbagai software, dan bimbingannya itu sangat membantu.

Selain itu, kita juga belajar teori sosial kependudukan, ekonomi, hukum dan manajemen. Bisa dibilang kita itu jurusan teknik yang sosial.

Praktikumnya bisa dibilang studio. Cukup menyenangkan karena PWK itu identik dengan berjalan-jalan. Kami itu langsung studi kasus ke lokasinya, di sana kami menganalisis dan melakukan penelitian di kawasan. Kalau ada studio kota dan wilayah, kita akan datang ke kota dan wilayah yang dituju, saya sekarang ada di kabupaten Pemalang dan akan wawancara dengan Bappeda, dinas-dinasnya. Di sana bener-bener kaya kerja di bidang PWK nantinya. Praktikum ini ngasih insight karena selain jalan-jalan, juga perencanaan kota dan wilayah dilakukan matang-matang dan terjun langsung ke orang yang akan merasakan dampak terbesar dari perancanaan tersebut. Hal itu mungkin gak dirasakan sama temen-temen teknik lainnya, karena yang lain itu biasanya lebih teknikal ke infrastruktur, sedangkan kita ke lapangan langsung ke masyarakat, wawancara inginnya apa, butuhnya apa. Pendapat masyarakat itu kami tampung dan dijadikan data lalu dianalisis sehingga terbentuklah rencana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tugasnya berbeda dengan teknik yang lain, biasanya laporan tiap minggu ada. Kalau di PWK itu dalam semester itu akan ada tugas akhir berbentuk laporan, biasanya tugas kelompok. Jarang banget tugas PWK itu tugas individu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada konsentrasi keilmuan yang bisa dipilih di tingkat 3. Kita bisa ambil 2-3 konsentrasi, tapi mungkin nanti bakal ada mata kuliah yang gak sesuai tapi itu nanti dikembalikan lagi ke mahasiswanya.

  1. Transportasi, temen-temen yang minat bisa ambil mata kuliah seperti perencanaan transportasi publik, perencanaan transportasi logistik, dll.
  2. Perencanaan pariwisata
  3. Kebencanaan
  4. Pengelolaan kota
  5. Regenerasi kota
  6. Real estate
  7. Perencanaan tapak perumahan

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada SNMPTN, SBMPTN sama mandiri. Mungkin banyak yang belum tahu beberapa jalur mandiri, pertama PBU prestasi. Itu penjaringan mahasiswa baru yang punya prestasi akademik atau non akademik. Kedua, PBU afirmasi untuk teman-teman yang tinggal di daerah 3T. Terakhir OBU kerja sama untuk temen-temen yang orang tuanya bekerja di perusahaan yang bekerja sama dengan UGM. Temen-temen bisa cek di web um.ugm.ac.id. Di sana lengkap keterangannya.

Kuota penerimaan seangkatan itu bisa dibilang daya tampungnya sedikit dibanding PWK di universitas lain, hanya 80 orang. Jadi cukup ketat ya, jurusan ini masuk 10 besar peminat terbanyak juga di UGM.

Ada tips buat mahasiswa baru Perencanaan Wilayah dan Kota UGM?

Berteman dengan sebaik-baiknya karena kita bener-bener kerja sama adalah poin penting. Jangan takut belajar hal baru, karena PWK ini bisa dibilang hal baru yang di SMA/SMK belum banyak dipelajari. Lalu, bersyukur karena ketika masuk kuliah banyak yang mengeluh, kita balik lagi merefleksikan diri karena banyak yang belum bisa kuliah seperti kita. Biasanya kalau kita bersyukur atau merefleksikan diri itu semangatnya langsung balik lagi.

Bagaimana prospek kerja dari alumni Perencanaan Wilayah dan Kota UGM?

Prospek kerja itu bisa masuk ke pemerintahan di dinas tata ruang, infrastruktur dan kewilayahan. Prospeknya luas karena di Indonesia karena hal terkait pemetaan dan tata ruang itu belum terkomputasi. Jadi, lapangan pekerjaan sangat besar, bisa masuk ke developer pemukiman, pengembang transportasi, pengembang pariwisata, dll.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Harapannya pengen merencanakan tata ruang, kota atau wilayah secara lebih baik di Indonesia.

Q&A

  1. PWK ini saintek? Aku pernah denger katanya soshum juga bisa?

PWK UGM itu saintek, tapi memang yang kita pelajari bannyaknya terkait soshum. Buat yang mau masuk PWK UGM itu mau gak mau harus belajar saintek dulu. PWK ini saintek karena hal-hal keteknisan atau hitungannya itu khawatir kalau bukan dari saintek itu nanti akan bingung.

Kode konten: C166

Komen dibawah! 3

  1. Ade Setyo Harianto

    Mas,,nanya dong,,,dulu waktu menentukan pilihan kan kita dikasih 2 pilhan, nah mas ihsan pilih fakultas PWK di kedua pilihan itu apa beda pilihan fakultas, bagi tips dong mas, makasih yah

    • Ikhsan Mauludin

      Halo Setyo, kebetulan dulu aku milih beda PTN malah. Pilihan ke-1aku kebetulan kemarin ambil STEI ITB, pilihan ke-2 SAPPK ITB, pilihan ke-3 baru aku ambil PWK UGM. Dalam menentukan pilihan sih aku dulu mengacu pada capaian nilai aku di tryout yang pernah diambil. Pilihan aku sebenernya ingin masuk SAPPK ITB, tapi ternyata beberapa kali nilai try out aku udah lolos di SAPPK ITB, jadi aku menaikkan target buat ke STEI ITB. Dan pemilihan PWK UGM ini aku pilih karena memang sesuai dengan passion-ku dan capaian try-out yang perlu di capai ini tidak terlalu sulit. Semangat Setyo! 😀

  2. Syafiq

    bedanya pwk ugm dengan pwk undip apa ya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *