Perencanaan Wilayah & Kota, Universitas Diponegoro

Perencanaan Wilayah dan Kota Undip (DIAN)

Perencanaan Wilayah dan Kota Undip (DIAN)

Hai Sobat Intipers!!!. Perkenalkan nama saya Dian Nur Elisa, biasa dipanggil Dian. Saya adalah mahasiswi dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP atau Universitas Diponegoro angkatan 2018. Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman dan cerita saya selama menempuh 4 semester di Jurusan ini. Yuk disimak yaaaww.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa sih yang dipelajari di Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP?

Sebelum berubah nama menjadi perencanaan wilayah dan kota, jurusan ini awalnya bernama Planologi. Diambil dari bahasa Belanda yaitu Plan yang artinya rencana dan –ologi yang berarti ilmu. Jadi secara singkatnya planologi/PWK adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan. Lebih lengkapnya adalah jurusan yang mempelajari tentang kondisi ruang (wilayah,kota, dan kawasan) di masa kini dan merencanakannya untuk kebutuhan dimasa yang akan datang agar tercipta kehidupan yang lebih baik.

promo-web

Nah dalam konteks pelajaran, PWK Undip terbagi menjadi dua yaitu secara substansial dan metode & alat-alat yang digunakan untuk menyusun perencanaan. Secara substansial, kita akan mempelajari bagaimana wadah/ruang yang terdiri atas wilayah, kota, dan kawasan. Kemudian kita juga akan mempelajari aktivitas dan fasilitas pendukungnya seperti aktivitas ekonomi, transportasi, infrastruktur, fasilitas pelayanan, dan sebagaiannya. Secara metode dan alat kita akan mempelajari bagaimana melakukan analisis statistik, GIS, analisis perencanaan, teori perencanaan, dan spasial analysis. Wah kompleks banget ya yang dipelajari? Iyaa dong, karena dalam perencanaan kita tidak boleh hanya mempertimbangkan satu aspek. Tetapi akan banyak aspek yang terlibat dalam perencanaan seperti aspek ekonomi, sosial, budaya, geologi, hukum, dan masih banyak lagi aspek yang diperlukan. Oleh sebab itu dalam PWK akan mempelajari multidisiplin ilmu lain.

Mata Kuliah dan Tugas di Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP Gimana?

Nah lanjut ke matkul dan tugas-tugas di jurusan PWK Undip yaw. Biasanya mahasiswa PWK Undip akan mengikuti kurikulum yang sudah diterapkan oleh jurusan. Tujuan dari adanya kurikulum ini adalah supaya mahasiswa dapat memiliki target untuk lulus tepat waktu yaitu kurang dari 4 tahun. Selain itu kurikulum disusun sesuai dengan jenjang kebutuhan mahasiswa PWK Undip, bahkan kurikulum PWK Undip dirancang dan dievaluasi setiap 5 tahun sekali menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan ilmu, pemangku kepentingan, prinsip keprofesian, benchmarking, dan studi lacakan. So kurikulum ini bersifat fleksibel tergantung kebutuhan di masa yang akan datang.

Kemudian di jurusan PWK terdapat mata kuliah yang wajib banget diikuti yaitu mata kuliah praktikum studio. Wah apaan tuh? Jadi praktikum studio merupakan mata kuliah yang menjadi inti dalam jurusan PWK karena pada mata kuliah ini mahasiswa akan diberikan suatu wilayah studi untuk kemudian disurvey dan direncanakan sesuai dengan potensi dan masalah di wilayah studi. Spesialnya adalah kita akan melakukan survey dan merencanakannya secara berkelompok. Di PWK Undip, mata kuliah ini diberikan selama 3 semester yaitu semester 4,5,dan 6 yang terdiri atas studio proses perencanaan, studio perencanaan, dan studio perancangan.

Terus Bedanya Sama Arsitektur Apa?

Perbedaan mendasar antara jurusan PWK dengan jurusan arsitektur adalah PWK lebih menekankan pada perencanaan sedangkan arsitektur lebih menekankan pada perancangan. Kemudian secara keilmuan, jurusan PWK ruang lingkup wilayahanya lebih bersifat makro. Banyak konteks yang perlu dipelajari seperti penggunaan lahan, aktivitas ekonomi dan sosial, kependudukan dan lain-lain. Kalau  arsitektur  ruang lingkup wilayahnya lebih bersifat mikro dengan basicnya yaitu dimulai dari unit kawasan hingga unit bangunan. Walaupun memiliki disiplin ilmu yang berbeda terdapat satu konteks keilmuan yang dapat menghubungkan antara jurusan PWK dengan arsitektur yaitu Urban Design atau perancangan kota. Urban design dalam jurusan PWK lebih melihat  sistem dapat bekerja sedangkan urban design dalam arsitektur lebih melihat keindahan dari bangunannya. Contohnya seperti ini, seorang arsitektur ingin mendesign sebuah rumah sakit, sebelum melakukan konsep design seorang arsitek akan memeriksa kesesuaian fungsi bangunan tersebut kepada seorang perencana.

Fakta di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP

Nah, selanjutnya kita akan bahas fakta apa aja sih yang ada di jurusan PWK Undip. Berikut ini adalah beberapa faktanya.

  1. Jurusan PWK Undip merupakan jurusan tertua kedua setelah PWK ITB yang berstatus perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jurusan PWK Undip berdiri pada tahun 1992 dan merupakan pecahan dari jurusan arsitektur Undip.
  2. Kemudian jurusan PWK Undip sudah terakreditasi A sesuai dengan keputusan BAN PT No. 033/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2008
  3. Dari segi kegiatan pengembangan keilmuan dan pengabdian masyarakat, jurusan PWK Undip membaginya menjadi 4 kelompok keminatan penelitian atau laboratorium. Terdiri dari Lab.pengembangan Kota, Lab. Perancangan fisik ruang kota dan wilayah, Lab, Geomatik dan komputasi perencanaan, dan Lab. Pengembangan wilayah dan manajemen lingkungan.
  4. Biasanya KKL(kerja kuliah nyata) mahasiswa PWK Undip akan mengambil tempat di luar negeri seperti Negara Singapura, Malaysia, Thailand, dan Negara Asia Tenggara lainnya. Eits tunggu dulu, ada alasannya kok kenapa para mahasiswa PWK mengambil luar negeri untuk KKL supaya kita bisa melakukan studi banding bagaimana perbedaan kebijakan di Indonesia dengan di luar negeri serta siapa tahu kita bisa menerapkan konsep mereka.
  5. Jurusan PWK Undip merupakan bagian dari fakultas Teknik Undip dan perbedaan PWK Undip dengan yang jurusan PWK yang lain adalah terletak pada urban design Mungkin beberapa jurusan PWK di Indonesia tidak terlalu membahas akan urban design.

survey mata kuliah sistem sosial di kota lama Semarang

Tips Untuk Maba PWK Undip

Mata kuliah di PWK biasanya berbentuk kelompok jadi bagi yang belum terbiasa mengerjakan tugas secara kelompok bisa mulai dari sekarang. Selain itu di awal semester kita akan mempelajari aplikasi dasar yang biasanya digunakan seperti autocad, ArcGIS, dan aplikasi lainnya yang berhubungan dengan perencanaan. Kemudian, pada semester awal dijurusan PWK Undip biasanya akan dikenalkan dengan mata kuliah umum seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan lain-lain (hampir sama dengan mata pelajaran di SMA hehehe). Kemudian sering-sering membaca buku yang berhubungan dengan perencanaan seperti UU penataan ruang, dan lain sebagainya karena pada semester awal bisanya akan ada pengantar PWK dimana mata kuliah ini berisi tentang pengenalan PWK.

Prospek Kerja di Jurusan  PWK apa aja?

Berbicara tentang prospek atau peluang kerja di jurusan PWK, sebenarnya cukup luas karena di PWK mempelajari berbagai aspek dari ekonomi, sosial, budaya, dsb. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi lulusan PWK :

  1. Instansi pemerintahan yang bergerak pada bidang pembangunan, seperti di Kementerian PU, Bappenas/Bappeda, ATR(Agraria dan tata ruang), pemerintah pusat/daerah, dinas permukiman dan perumahan serta masih banyak lagi instansi yang menerima lulusan PWK.
  2. Pada bidang swasta bisa menjadi seorang konsultan ataupun menjadi CSR (Coorporate Social Responsibility) di perusahaan.
  3. Pada lembaga non pemerintahan seperti di World Bank, ILO, UN-Habitat, Walhi (Lembaga lingkungan), dan lembaga pemberdayaan.
  4. Selain itu lulusan PWK juga dapat bekerja di sektor lain seperti Bisnis, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Analisis bisnis dan pemasaran, pendamping bangunan, wirausaha, dan lain-lain.

Oke sekian dulu sharing pengalaman dan cerita aku ya, sampai jumpa lagii

Kode konten: X421

Komen dibawah! 13

  1. Adel tiara

    kak mau tanya, dulu masuk ke pwk undip jalur snm/sbm/mandiri? kalo snm minimal rapotnya brp? kalo sbm nilai rata2 yg aman buat masuk pwk undip brp?
    makasih kak

    • nurelisa20

      Haloo Adel, Salam kenal. Kalo dulu aku masuk lewat jalur SNM hehehe. Kalau untuk minimal raportnya aku kurang tapi kalau aku dulu sekitar kurang lebih 85. Kalo untuk SBM dari aku pribadi kurang tau juga untuk minimal nilainya.
      Mungkin bisa dicek di website Undipnya ya… Hehehe Semangat!!

  2. Furu Panji

    keren wak

  3. Azizah

    Ka aku mau tanya, di pwk itu sendiri harus dituntut jago gambar ga? Apakah gambar anak pwk hampir sama dengan anak arsi?

    • nurelisa20

      Halo Azizah, salam kenal. kalau di PWK sebenarnya tidak dituntut untuk bisa menggambar karena rata-rata tugasnya dikerjakan menggunakan aplikasi seperti Autocad, Sketchup dsb. Kemudian gambar anak PWK dengan anak arsi berbeda ya hehehe, perbedaannya adalah kalau PWK lebih mendesain suatu kawasan dengan ukuran kurang lebih 50 Ha, tetapi kalau gambar arsitektur lebih ke desain keindahan bangunannya saja.

  4. Furumiya tsubaki

    Akak, laptop yg menunjang jurusan pwk kalo ram 2gb cukup gak ya buat masang app yg dibutuhkan?

    • nurelisa20

      Haloo, salam kenal. biasanya kalau untuk laptop yang menunjang jurusan PWK min ramnya 4gb ya karena mengingat aplikasi yang digunakan cukup memakan ram banyak seperti ArcGIS, Autocad, dsb.

  5. akyla

    permisi kak, mungkin bisa dijelaskan lebih tentang bentuk tugasnya itu kirakira seperti apa, apakah lebih banyak menulis atau menggambar. lalu kira-kira apa yang cukup sulit dan menantang dari jurusan ini. terimakasih kak 🙂

  6. Dipa

    kaa mau nanya, kakak masuk pwk undip kan lewat snm nah itu sertain sertifikat atau engga ya? ada alumni yg masuk pwk jga atau engga? makasii kaak

  7. Syafiq

    bedanya pwk undip dengan pwk ugm apa ya kak?

  8. Adhitama

    Kak mau nanya, kalo di pwk undip itu sebenernya lebih mendalami di bidang apa? (Misal ITB kan kebijakannya) kalo undip apa ya ka?

  9. Affan

    Hallo kak,mau tanya dong kalo anak ips bisa g ya masuk ke pwk?terus mapel apa yah yang berpengaruh buat masuk ke pwk ini?geografi kah?atau fisika?atau gimana kak?mohon jawabannya ya kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *