Perhotelan

Perhotelan Akademi Pariwisata Pertiwi (Sarotun)

Perhotelan Akademi Pariwisata Pertiwi (Sarotun)

Hii pecinta baca…. Pasti diantara kalian sangat suka jalan-jalan. Sekedar untuk menghilangkan suntuk yang terkadang membuat stress atau jalan bersama keluarga dan kerabat.

Jalan tidak selalu untuk berbelanja lho, Pendaki gunungpun akan melakukannya jika rindu dengan alam.Devinisi jalan bukan hanya dengan kendaraan ataupun kaki yang mengacu untuk pergi jauh. Bagi mereka yang suka membaca buku pun bisa berjalan dengan imajinasinya.

Waoooow….Luar biasa bukan?

Slide3

Sebelum jauh berbagi cerita seperti apa serunya kuliah di kampus pariwisata perhotelan, alangkah baiknya membuka informasi sedikit tentang biodata penulis. Teman-teman biasa memanggil aku “sarah” walaupun sebenarnya nama aslinya “Sarotun”. Sarah kelahiran Cilacap 1994, memulai kuliah dengan bekal nekat dan tekad yaitu di Kampus PERTIWI tepatnya di Jl. Dewi Sartika No.Kav. 2-3, RT.6/RW.7, Cililitan, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kampus PERTIWI menaungi 3 Institusi berbeda yaitu: STBA, STIE, dan AKPAR PERTIWI.

Disini sarah salah satu mahasiswa (AKPAR) Akademi Pariwisata Pertiwi Jurusan D3 Perhotelan Angkatan tahun 2017. Meskipun saat ini sarah sedang bersiap mengerjakan Tugas Akhir. Teman-teman pernah dengar anak kampus malam? Sarah termasuk anak kampus malam karena kerja sambil Kuliah, kalo pagi sampai sore kerja dan pulangnya langsung bersiap untuk kuliah. Sarah akan meluangkan waktunya membagikan pengalaman kuliah untuk teman-teman yang mungkin baru akan duduk di bangku kuliah dan kalian yang masih kuliah di universitas lain dengan jurusan yang berbeda sama sarah.Teman-teman juga bisa mengunjungi blog sarah di akpar sarotun94 https://sarotun994.blogspot.com .

MENGENAL JURUSAN KULIAH PARIWISATA PERHOTELAN

Sebelum masuk perkuliahan kampus akan mengadakan Matrikulasi yakni menjelaskan semua aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa persemester. Seperti halnya BLT untuk mahasiswa baru, Field Trip, KKN atau OJT bagi mahasiswa yang akan masuk semester akhir.

Pada Mata kuliah perhotelan kita mempelajari seputar hotel dan beberapa bidang pelajaran yang bersangkutan dengan Pariwisata seperti; Kewirausahaan, Mice, Management Pemasaran,dll. karena hotel termasuk sarana pokok kepariwisataan (main tourism superstructures), Jurusan Pariwisata Perhotelan akan membuat  kita  terbiasa dalam bekerja di lingkungan internasional  dengan jaringan yang luas. Saat Kuliah kita tidak akan menggunakan pakaian bebas seperti kuliah pada umumnya. Ada seragam  yang wajib di pakai atau aturan berpakaian seperti Almamater, dasi, dan sepatu pantofel agar terlihat menawan,elegan dan rapih. Seperti yang mungkin kalian ketahui ketika pergi ke hotel, karyawan mengenakan seragam sesuai dengan departementnya.

Pada kuliah perhotelan ini, kita akan memperdalam ilmu  tentang Departement  yang ada dalam hotel seperti F&B, Housekeeping, Enginering, Front Office dan lain-lain.

MATA KULIAH PERHOTELAN MENYENANGKAN

Adakah dari kalian yang penasaran Mata kuliah apa saja yang di pelajari? Seperti yang udah sarah tulis di atas yaitu ”Hotel termasuk sarana pokok kepariwisataan”. Jadi Mata Kuliah Perhotelan mencakup beberapa hal yang bersangkut paut dengan pariwisata seperti Kewirausahaan, Management kehumasan, Continental food Production, Pastry, Mice, Management Pemasaran Hotel dan masih banyak lagi.

Kita bisa belajar banyak hal dan tidak mematok satu titik. Proses belajar perhotelan di kampus juga ga selalu di kelas. Ada Mata kuliah yang akan membawa kita keluar dari zona membosankan seperti: kunjungan Hotel, pergi ke tempat wisata yang berbau budaya dan yang menariknya lagi setiap semester selalu ada praktek, baik itu praktek memasak, membuat kue dan praktek bersih-bersih. Bersih-bersih juga ada tekniknya loh, Pada Mata Kuliah Housekeeping akan di bahas mulai dari dasar kebutuhan apa saja yg perlu di siapkan dan bagaimana cara penggunaan & pemakaian. Jadi untuk kita yang suka bersih-bersih ga harus malu ya menunnjukan bakatnya dengan memperdalam ilmu perhotelan.

Mata kuliah favorit

Salah satu mata kuliah yang sarah suka yaitu Continental food production.  banyak banget kata magic (nama lain) yang perlu di ingat atau bahkan di hafal. Ini adalah Mata kuliah Continental food. Kata magic disini adalah menyangkut Bahasa.seperti yang kita ketahui dunia pariwisata sangatlah cepat pertumbuhannya bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Bukan hanya untuk berbicara di luar ruangan,untuk bahan dasar dalam dapurpun menggunakan Bahasa inggris.Contoh: Bawang putih (Garlic), Daun Salam (Bay leaf).

Kalo boleh jujur, sebelumnya sarah ga pernah ngerti kata magic itu. Tapi sekarang udah tahu sedikit banyak. Meskipun begitu nilai plus disini adalah ketika praktek memasak. Kita akan pakai baju kitchen seperti cheff sungguhan. Di sela praktek memasak akan terselip fotografer dadakan dalam 2 jam. Mulai dari awal masak sampai makan-makan. Karena disini biasanya kita kumpul semua. Anak yang biasanya telat atau bahkan masuk sebelum kelas selesai bisa datang lebih dulu kalo praktek masak,ajaib bukan hihihi. Aatu fakta terpendam buat kita anak kos yang tidak diperbolehkan masak di kosan, terus uang jajan jadi utuh karena makan di kampus.

KULIAH PARIWISATA PERHOTELAN MAHAL?

“Jika terus di gali, Ilmu adalah tambang emas”

Sebagian orang mengatakan jika kuliah perhotelan itu mahal.

Pertama kali sarah masuk kampus yang dilihat adalah jurusan, kenapa? Karena jurusan itulah yang akan mengarahkan kita untuk mewujudkan keinginan, walaupun mungkin akan meleset nantinya. Kuliah memang mengeluarkan uang banyak tapi teman-teman ga perlu khawatir, karena kampus menyediakan program beasiswa.

Percayalah Ilmu yang kita dapatkan lebih mahal dari biaya yang saat ini keluar. Selama kita mengasah bakat yang kita miliki, selama kita tidak sungkan menggunakan apa yang telah kita dapat semua akan terbayar. Jika terus di gali,Ilmu adalah tambang emas.

TIPS MENJADI ANAK PARIWISATA PERHOTELAN

Pariwisata ini sangat menantang,

Yang pasti masuk jurusan Pariwisata perhotelan itu harus siap dengan Bahasa asing dan siap dengan dunia terbuka. Jadi buat teman-teman yang akan bergabung menjadi anak pariwisata perhotelan pikirkan matang-matang dan jangan pernah ragu dalam mengambil keputusan. Harus percaya diri.

Ikuti program BEASISWA selagi bisa untuk meringankan biaya kuliah.

Untuk kalian yang akan kuliah sambil kerja, pilihlah kosan yang dekat dengan kampus.karena akan menghemat pengeluaran dan waktu.

PROSPEK KARIR PARIWISATA PERHOTELAN

Sebagian besar dari senior yang sudah lulus, mereka langsung bekerja di hotel yang sebelumnya memberikan kesempatan untuk melakukan OJT. Ada juga alumni yang bekerja di pelayaran.

Seperti yang kita tahu pariwisata memiliki jaringan yang luas.begitu juga dengan pekerjaan.

Beberapa bidang karir yang bisa kita ambil setelah lulus dari jurusan Pariwisata Perhotelan adalah:

Agen travel, Pemandu Wisata, Pelayaran,guru/Dosen, melakukan Wirausaha, dan untuk Perhotelan sendiri ada, FO (Front office),Housekeeper, F&B (restoran), Engineering,Steward dll.

HARAPAN SETELAH LULUS

Bekerja di perhotelan selama satu tahun untuk mengumpulkan dana, agar tahun berikutnya bisa  berwirausaha.

Hal yang menyenangkan di dunia adalah ketika kita bisa berbagi satu sama lain. Layaknya saat ini, sedikit pengalaman yang sarah share buat teman-teman semoga bisa bermanfaat. Salam sejahtera dari Anak Pariwisata, sarah Mahasiswa AKPAR(Akademi Pariwisata) PERTIWI.

Kode Konten: X190

sarotun
Hidup Dengan Prinsip, Tanamkan Konsisten Dalam Berkomitmen Dan Bijak Dalam Bertindak.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *