Perikanan, Universitas Gadjah Mada

Perikanan Universitas Gadjah Mada (Hanif)

Perikanan Universitas Gadjah Mada (Hanif)

Halo sobat intipers! Aku Hanif Arfian dari Perikanan Universitas Gadjah Mada angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Perikanan Universitas Gadjah Mada seperti apa?

Departemen perikanana merupakan salah satu institusi pendidikan yang aktif untuk pengembangan SDM, pengetahuan, teknologi dalam perikanan dan kelautan. Untuk saat ini departemen perikanan punya 3 program studi untuk S1, pertama program studi aquaculture, manajemen sumber daya akuatik, teknologi hasil perikanan, semuanya sudah terakreditasi A. untuk S2 atau magister perikanan baru dibuka tahun 2015 dan 2012, untuk isu yang sering terjadi banyak yang mengira kuliah di perikanan akhirnya bakal ternak lele, padahal sebenarnya banyak juga peluang terkait prospek kerja sesuai bidang keahliannya masing-masing.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Perikanan Universitas Gadjah Mada?

Dulu aku suka pelihara ikan, jadi penegn kuliah di perikanan, sampai sekarang juga masih tetap peliahara ikan, kaya ikan cupang, moli dll. Hal itu seneng banget kaya refreshing, untuk saat ini banyak yang ke rumah untuk belajar atau sekedar beli ikan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah karena ngambil aquaculture, kita bakal diajarin gimana membuat pakan ikan, penyakit ikan. Kalo di manajemen sumber daya akan bikin alat tangkap ikan, kalo di teknologi hasil belajar makanan olah ikan. Kemudian ciri khas lain, banyak praktikum dan laprak, bakal menjalani pagi sampai siang kuliah, dari siang sampai sore praktikum, kadang ada juga praktikum selesai adzan magrib, saat pulang di rumah wajib ngerjain laporan praktikum. Pernah juga aku kuliah full satu minggu karena praktikumnya ada 6, padahal kuliah ada 5 hari senin-jumat.

Sekarang ada manajemen aquaculture itu ngangenin karena aku dikasih waktu 2 bulan sama temen-temen untuk budidaya ikan, kami bikin pakan ikan, sampling panjang dan berat ikan, mengamati kualitas air, bersihin air. Kami di sini diberikan wadah dan bisa dapat waktu yang lama, saat ditutup praktikumnya kami ditugasnya hasilnya dimasak bareng-bareng, makan rami-ramai. Terus saat kita keretima di perikanan, diawal kita akan diajak untuk mengenal lebih terkait peluang kerja, saat itu aku ada hubungan dengan beberapa tempat kerja dengan industri perikanan, seperti pertambakan udang, lele.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Tiap-tiap program studi ada. Di aquaculture ada fokusnya di belajar fisiologi ikan, pengelolaan kualitas air, bidang pembenihan, pembesaran ikan dan udang, penyakit dan vaksinasi ikan. Fokusnya kita diharapkan dapat mengembangakn ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perikanan. Lulusan yang berkompetensi tinggi dalam perikanan dan mensejahterakan masyarakat sosial. Kalau di Teknologi hasil perikanan lebih belajar pengolahan dari pasca panen hingga ada hasil dalam produk hasil berkualitas tinggi. Di bidang manjemen sumber daya ada prinsip pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan. Ada juga analisis perairan, kemampuan manajerial yang adil dan berpihak pada rakyat kecil, pemahaman hukum dan perundangan, diharapkan komunikatif.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN atau udangan, SBMPTN, mandiri atau UTUL, dan jalur bibit unggul. Kalo bisa nyanyi di seni, olahraga bisa masuk jalur bibit unggul. Kemudian daya tampung di UGM ketiga program studi itu ada 180 dan dibagi tiap prodi aquaculture 60, manajemen sumber daya 60, dan teknologi hasil perikanan 60.

Ada tips buat mahasiswa baru Perikanan Universitas Gadjah Mada?

Aku dulu belajar satu bulan terus ikut SBMPTN dan Alhamdulillah keterima. Waktu satu bulan itu bener-bener belajar di maksimalin dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Tips buat mahasiswa baru di perikanan, pandangan utama saat pertama kali soal praktikum dan laporannya, banyak banget yang kaget dan agak kesulitan bagi waktu. Apalagi buat temen-temen yang ikut event, organisasi. Jadi saran ku temen-temen bikin timeline kegiatan biar bisa bagi waktu dan memanfaatkan waktu kosong mengerjakan tugas atau kegiatan lain. Temen-temen juga bisa ikut organisasi di tempat untuk berkembang dan belajar, supaya temen-temen ga rugi banyak hal dan bisa dapetin sesuatu.

Maksimalin diri temen-temen, bagaiamana memperluas koneksi serta mendalami ilmu. Mahasiswa ga cuma mikirin dapat apa untuk diri sendiri, tapi mikirin gimana bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sebaik-baiknya ilmu yang bermanfaat untuk orang lain.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya banyak seperti di balai perikanan, dinas perikanan, kementrian kelautan dan perikanan, BUMN seperti Perindo, perikana nusantara, ada juga start up yang fokus di perikanan, bisa juga membuka usaha sendiri.

Kode konten: C591

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *