Perikanan, Universitas Padjadjaran

Perikanan Unpad (Fia)

Perikanan Unpad (Fia)

Haloo guys!..Kenalin, saya Lutfia Rahmannisa (Fia), saat ini sedang menempuh tahun ke-4 di Unpad. Saya jurusan perikanan Unpad. Perikanan ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Pada kesempatan ini saya ingin membagikan apa yang saya dapat selama kuliah di jurusan ini. Semoga bermanfaat! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

PERIKANAN = DOKTER IKAN

Tiap ada yang tanya,”Kak, jurusannya apa?” saya dengan bangga menjawab “dokter ikan.”. HAH emang ada?. Ada dongs! Buktinya saya sama kok kaya dokter, bedah ikan, cari tahu organnya seperti apa, mempelajari penyakit pada ikan, harus peka terhadap gejala kalau ikan sakit (hayoo susah gak tuh peka sama ikan? Sama doi aja susah ye gak? #peace), dll. Nah, jadi gak salah kan kalau saya jawab “dokter ikan”. Hehehe… Meskipun demikian, susahnya kita yaitu ikan gak bisa ngomong kalau dia sakit guys! Wajib di highlight ya “Harus Peka”. Tapii kami gak melulu harus di laboratorium lho! Boleh dibilang dari semua fakultas, FPIK yang paling banyak field tripnya. Berhubung Unpad jauh dari laut, jadi kami seringgg belajar sambil travelling.

MATA KULIAH TERWOW di Perikanan Unpad!

Kalau lihat sekilas penjelasan di atas, pasti kebayangnya mata kuliah perikanan berarti di laboratoriun terus ya?. Enggak guys! Misalnya, di tahun pertama kami ke Pantai Karapyak. Ngapain? Kami belajar tentang Avertebrata Laut. SERU! Kami bisa cari dan lihat langsung terumbu karang, bintang laut, aneka kerang, dll. Terus di tahun kedua kami ke Pelabuhan di Pekalongan mata kuliah Alat Penangkapan Ikan, disana kami mengamati jenis alat tangkap dan proses pendaratan ikan. Hoo jadi gitu proses setelah ikan ditangkap nelayan, dikeluarkan dari palka, ditimbang, dimasukan ke pendingin, akhirnya nanti sampai deh ke tangan pedagang. Oh iya, buat temen-temen yang masih asing dengan perikanan, tenang di semester awal akan ada mata kuliah dasar kok.

Slide5

JURUSAN PERIKANAN UNPAD ADA APA AJA?

Di Unpad agak sedikit berbeda guys! Kalau kalian lihat di beberapa FPIK di PTN lainnya, ada yang jurusannya sudah dipisah sejak awal alias saat kalian memilih PTN, namun ada beberapa yang sama. Hah gimana? Jadi gini, ada di Institut X, disana gak ada jurusan Perikanan, tapi adanya spesifik ke Budidaya Perikanan, Pengolahan Perikanan, dll. Kalau di Unpad, kalian baru bisa pilih peminatan di semester 4. Jadi saya selama 2 tahun kuliah belajar semuanya mulai dari penangkapan, budidaya, manajemen sumber daya perairan, sosial ekonomi perikanan, dan pengolahan dan pengemasan produk perikanan. Nah nanti di semester 4 saya wajib memilih satu untuk dijadikan spesialisasi saya dalam penyusunan scriptsweet (tugas akhir kuliah sarjana).

Saya jelaskan singkat di bawah ini ya gengs!
– Penangkapan ikan : disini saya belajar tentang alat tangkap, navigasi kapal, biota laut, mekanisme pendaratan ikan, wilayah pengelolaan perikanan, mekasime terbentuknya arus, dll.
– Budidaya : matkulnya tentang penyakit ikan, pakan ikan, memilih benih yang bagus, genetika ikan, pengobatan pada ikan, dll.
– MSP : kualitas air, perairan umum daratan, ekologi perairan, bahan tercemar di perairan, system rantai makanan di laut, dll.
– Sosial ekonomi perikanan: bagaimana memulai bisnis perikanan yang menguntungkan? Aspek ekonomi perikanan apa saja, analisa usaha perikanan, cara sosialisasi ke nelayan, dll.
– TPHP : menjaga mutu ikan, pengawetan ikan, membuat produk berbahan dasar ikan, dll.

TIPS UNTUK MABA FPIK UNPAD

Saya mengucapkan SELAMAT buat kalian yang berhasil masuk ke Perikanan Unpad. Oh iya, dulu pas saya ada: ospek fakultas dan jurusan (di Unpad rata-rata begitu). Tenaang, jalani dengan baik saja. Pokoknya positive thinking saja bahwa itu mengajarkan pendewasaan pada kita dan supaya kita gak kaget lagi pas jadi mahasiswa. Ingeeet, ospek S1 adalah yang terakhir lho! Kan gak mungkin kuliah S2 di ospek. Hehe…

Di awal perkuliahan akan ada praktikum yang melimpah. Jujur saya sendiri suka banget sama praktikum. Jadi saya gak keberatan soal praktikum ini. Anggap aja moving class ke lab. Praktikum di FPIK Unpad gak selalu di lab, kadang ke cekdam (danau depan Unpad), Ciparanje, Waduk, Pantai, Pelabuhan, dll. Jadi keep enjoy!

Nah di masa-masa libur semester, boleh banget kalian pakai buat MAGANG. Magang itu paling sebentar 2 minggu (untuk dapat sertifikat. FYI sertifikat ini berharga banget setelah lulus nanti). Kalau di kuliah biasanya kita dapat teori A-Z, di praktikum kita tahu simulasinya, di magang ini kita tahu aplikasinya. Magang ini bisa banyak orang, waktu saya semester 3 saya magang 12 orang di Pangandaran. Seruu banget lho, magang sekalian snorkeling. Biasanya saya gunakan waktu libur kuliah yang kurang lebih 2 bulanan itu dengan magang 2-3 minggu. Tempat magangnya bebas, mau di Balai Perikanan, di Perusahaan Perikanan, dll.

ORGANISASI.

Percayalah, dengan berorganisasi banyak hal yang kalian tidak dapatkan di bangku kuliah. Buat kalian yang sudah ikut OSIS di sekolahnya, Kuy! Lanjut lagi organisasinya di kampus. Buat yang belum punya pengalaman organisasi jangan takut, disini kalian bisa belajar banyak. Di Unpad sendiri banyaaak banget Unit Kegiatan Mahasiswanya (sejenis ekskul). Bahkan per fakultas punya ekskulnya masing-masing seru lho!.

Tiap bulan, hampir semua fakultas di Unpad mengadakan SEMINAR. Saya sarankan kalian ikut. Gakpapa kalau yang ngadainnya fakultas lain. Misal Fakultas Ekonomi lagi bahas tentang saham. Harus banget kita tahu tentang itu. Buat apa? Nanti kalau jadi pengusaha perikanan atau kita mau coba nanem saham, kita sudah tahu mekanismenya. Atau kalau gak berhubungan sama perikanan gimana? Gakpapa ikutin aja. Ilmu itu gak ada yang sia-sia gengs.

IKUT LOMBA.

Saya sangat menyarankan ini. Saat ini, IPK bagus gak cukup, organisasi banyak juga orang lain bisa berorganisasi, tapi kita harus punya value lebih. Coba keluar dari zona nyaman (jangan nyanyi ya). Cari tim lomba yang sepemahaman, cari dosen pembimbing yang asik, dan cari topik yang menarik. Pelan-pelan dulu gakpapa, sekala fakultas dulu gakpapa. Oh ya, di Unpad ada pendanaan khusus lomba, jadi kalau kalian mau lomba tapi transportasinya mahal, tenaang bisa ngajuin dana ke Unpad langsung atau ke FPIK.

LULUSAN PERIKANAN UNPAD, JADI APA? TERNAK LELE?

Eits.. kenapa memangnya dengan ternak lele? Apakah ada yang salah? FYI saya banyak menemukan teman-teman dari fakultas lain yang sangat tertarik dengan ternak lele lho, mereka sampai rela belajar di UKM kami. Ternak lele = pengusaha perikanan biar lebih enak disebutnya ya. PNS, sabi banget yang minat jadi PNS terlebih Kementrian Kelautan dan Perikanan saat ini berdiri sendiri tidak digabung dengan Peternakan dan Pertanian, otomatis peluang lebih banyak. Peneliti, yang suka ngelaaab nih cocok banget, terebih saat ini perikanan sedang naik daun. Atau mau kerja santai tapi menghasilkan, sekarang bisa jadi konsultan perikanan, kalau client ada di pulau A, biaya akomodasi kalian GRATIS+Gaji tentunya. SUka masak? Mau buka rumah makan? Atau mau bikin produk perikanan? Bisaa. Bahkan bisa eksport ke negara tetangga sampai mancanegara nantinya. Atauu mau jadi dosen? Boleh banget, mulia sekali bukan menjadi tenaga pendidik bangsa. Mau kerja di perusahaan ternama juga bisa lho!

HARAPAN SAYA SETELAH LULUS

Mohon doanya ya mentemen semua. Rencana saya setelah lulus ingin belajar bisnis perikanan skala kecil dahulu untuk mengaplikasikan ilmu saya. Saya berharap nantinya dapat membangun bisnis budidaya perikanan lebih besar supaya dapat menyerap tenaga kerja di Indonesia. Selain itu, saya berencana untuk melanjutkan sekolah program master di Jepang. Saya ingin mempelajari lebih jauh bagaimana teknologi yang dipakai negara tersebut dalam bidang perikanan? Supaya dapat dikembangkan di Indonesia kelak. Dan saya juga berencana menjadi sociopreneur ini adalah goals saya. Saya berharap bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bukan hanya pengusaha yang fokus pada profit semata tapi juga peka terhadap kondisi sosial dan lingkungan. Mohon doanya teman-teman. SEMANGAT!

Kode Konten: X208

Komen dibawah! 5

  1. Amelia

    Halo kak, berhubung saya tertarik dengan perikanan saya boleh minta di jelaskan lebih lanjut ga kak soal kegiatan magang yang kakak lakukak di pangandaran itu seperti apa ya lebih jelasnya? Terimakasib

    • lutfiarahmannisa

      Halo. Ameliaa.
      Waah kereen. Semangaat buat kejar Perikanan! Aku yakin kamu bisa 😊.

      Nah, waktu di Pangandaran, aku ber-10. Nanti disana dibagi perkomoditasnya.
      Ada bidang kerang abalon, bandeng, dan udang (kayaknya kalau sekarang sudah nambah komoditasnya). Jadi, 1 komoditas kita bertiga. Aku ambil yang bandeng. Nah, di bandeng aku belajar banyak tentang ikan bandeng, kebetulan pas aku ke sana bandengnya lagi memijah (masa perkawinannya), aku belajar dari awal banget, mulai dari diajarin kuras kolam, teknis kolam keseluruhan, cara bedain bandeng yang mau memijah sama yang enggak, bikin pakan ikan bandeng, liat telur-telur gemashnya ikan bandeng, dan dikasih tahu teknis budidaya serta biaya produksinya. Bapaknya juga baik banget, mau ngajarin detail ke kita yang waktu itu masih awal tahu dunia perikanan (aku masih semester 3). Sejak magang aku jadi tahu nih, tentang bandeng dari A-X (karena sampai sekarang masih terus belajar 😊).
      Oh ya, enaknya disana kita gak kerja terus-menerus. Ada jamnya dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Selebihnya bebas kita mau ngapain. Biasanya aku dan temen-temenku main badminton bareng bapak-bapak balainya. Asik banget, friendly pokoknya.
      Semoga terjawab Amelia. Kalau mau tanya-tanya lagi boleeh banget. Aku senang dan sangat terbuka 😊. Semangaat Amelia

  2. Baqir

    Keren ya kak kuliah di perikanan hehe

  3. Soraya

    Aku perikanan unpad 2020 ni kak jadi makin semangat buat kuliah ✨

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *