Perpustakaan, Universitas Pendidikan Indonesia

Perpustakaan dan Sains Informasi UPI (Idham)

Perpustakaan dan Sains Informasi UPI (Idham)

Halo intipers! Perkenalkan aku dari jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi UPI / Ilmu Perpustakaan UPI , Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada tahun 2016 berdasarkan studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University dalam hal minat baca, Indonesia sangat kurang sekali, dan dari data 61 negara, Indonesia berada di posisi ke 60. Maka, program studi ini hadir untuk rekan-rekan dan anak-anak Indonesia agar bisa meningkatkan minat baca. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi / Ilmu Perpustakaan UPI?

Nah, secara garis besar, program studi ini mengolah atau mengatur suatu perpustakaan, atau mengelola suatu informasi. Dalam mengelola informasi itu, ada bidang pelayanan, pengadaan, pengelolaaan, dan juga adanya koleksi preservasi, konservasi, dan restorasi, maksudnya kita harus merawat koleksi perpustakaan tersebut. Tak hanya itu, di jurusan ini juga ada bimbingan minat baca untuk meningkatkan literasi membaca masyarakat Indonesia.

Adakah Mitos atau stereotip di jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi UPI / Ilmu Perpustakaan UPI?

Seorang mahasiswa atau penggiat tentang ilmu perpustakaan adalah kutu buku, tetapi nyatanya tidak semuanya, karena aku pun sebenarnya tidak terlalu menyukai buku namun, ketika kita sudah masuk ke jurusan ini, mau tidak mau harus memahami isi buku dan menyukai buku. Banyak pertanyaan bahwa seorang mahasiswa ilmu perpustakaan atau pustakawan, hanya bekerja sebagai penjaga perpustakaan, Jawabannya tentu tidak. Karena kita akan mengelola informasi, memberikan pelayanan, atau biasa disebut dengan pemustaka.

Slide3

Tugas kuliahnya kayak gimana?

Tugasnya umum, teori dan praktek. Teori dalam kelas, sementara praktek langsung datang ke lab terbesar, yaitu perpustakaan. Salah satu prakteknya adalah belajar di layanan referensi, di sana, ada pemustaka yang datang mencari buku-buku tertentu dan mencari informasi, nah, kita sebagai mahasiswa perpustakaan harus merekomendasikan buku-buku tertentu dan memberikan informasi-informasi terkait.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Di antara banyaknya mata kuliah, favoritku adalah mata kuliah media cetak, perencanaan dan perancangan perpustakaan dan sains informasi. Karena saya menyukai bidang grafis, saya di sana diberikan materi bagaimana mengelola informasi baik cetak ataupun tidak. di sana juga mempelajari tentang membuat brosur yang memberikan informasi tentang perpustakaan, OPEK atau Open Public Akses, atau penerapan teknologi digital untuk memudahkan pengunjung perpustakaan agar bisa melihat informasi buku dan kode buku yang ingin dicari dengan menggunakan computer. Nah, kalau dosen favoritku itu ada dua, yaitu Pak Angga, beliau tegas, disiplin dalam tugas, dan bisa diajak diskusi tentang perpustakaan. Dan Pak Gema, ketika di kelas, beliau sangat fun, meskipun ada bercanda, tetapi kita diberikan pengetahuan yang lebih.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Ada dua; konsentrasi manajerial, fokusnya yaitu bagaimana cara mengelola perpustakaan dan dibekali dengan kepemimpinan-kepemimpinan tentang bagaimana memimpin suatu perpustakaan. Yang kedua, konsentrasi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), kita diberikan materi tentang TIK untuk di perpustakaan, contohnya bagaimana caranya digital asset management atau mengelola suatu aset digital di perpustakaan.

Prospek kerja Ilmu Perpustakaan UPI / alumni kerja dimana aja?

Pastinya mereka banyaknya menjad pustakawan. Ada juga yang tidak bekerja di perpustakaan, tapi seperti di bidang informasi, tidak akan jauh dari lembaga informasi. Tujuh orang alumni kemarin juga berhasil mendapakan pekerjaan sebagai PNS di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Harapan aku setelah lulus

Cita-cita pertama seorang pustakawan yang bisa berkontribusi untuk negeri dan meningkatkan minat baca yang ada di Indonesia, namun jika tidak bekerja di perpustakaan, saya ingin bekerja di tempat yang sesuai passion saya sendiri.

Kode Konten: Y138

Komen dibawah! 2

  1. Jihan Nadhilah

    kaa jurusan perpustakaan dan sains informasi itu buat saintek aja apa soshum juga bisa? tolong di jawab yaa kaa pliss

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *