Peternakan, Universitas Andalas

Peternakan Universitas Andalas (Fidella)

Peternakan Universitas Andalas (Fidella)

Hello Bello! Dalam bahasa spanyol, bello itu berarti keindahan. Diawal ini aku cuma mau bilang kalau kita semua itu indah dan kita bisa semakin indah dengan berani bermimpi. Perkenalkan nama aku Fidella Ivana sekarang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Peternakan Universitas Andalas semester 8. Temen temen bisa panggil aku fi atau fide yaa. Biar lebih akrab aja gitu.

Aku anak pertama dari 4 bersaudara, keluarga ku hanya keluarga kecil yang hidup dari sebuah kesederhanaan. Bekerja hari ini, untuk biaya makan besok. Bekerja besok, untuk biaya makan lusa. Tapi, keterbasan itu membuatku mengerti arti bersyukur. Aku punya ayah yang punya pundak sangat kuat untuk berjuang agar putri putrinya bisa menempuh pendidikan setinggi mungkin dan sosok ibu yang membimbing kami dengan penuh kasih dan cinta. Sekarang aku mau berbagi ceritaku sebagai seorang mahasiswa, dibaca yaaa^^

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

PETERNAKAN? KENAPA HARUS KULIAH?

Banyak banget yang berasumsi seperti ini terhadap jurusan peternakan, tapi tak apa. Mungkin karena banyak yang belum tau aja. Oke temen temen, jadi ternyata selama ini peternakan yang kita ketahui itu adalah jenis peternakan konvensional / masih menggunakan cara manual. Contohnya itu kayak beternak 2-3 ekor sapi dan hanya dilepaskan saja dipadang rumput atau memelihara 5-6 ekor ayam kampung danhanya diberikan nasi sisa. ya, kalau begitu ga heran lama besarnya kan hehehe.

Jangankan untuk dijual, untuk makan sendiri aja harus nunggu ayamnya lama banget sampai besar. Sedangkan ketika kita mempelajari ilmu peternakan maka kita akan bisa menjadikan ayam atau sapi tadi sebagai sebuah bisnis, ada untungnya. Uhh siapa sih yang ga suka uang? Hahaha. Da tegline peternakan yang paling aku suka sih, “Peternakan sampai mati” karena bahkan sampai mati pun pasti orang akan memakan hasil dari peternakan seperti daging, telur, susu dan hasil ikutan lainnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

PEMINATAN DI PETERNAKAN?

Fakultas Peternakan Universitas Andalas terdiri atas 4 peminatan. Peminatan tersebut terdiri atas Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Pembangunan Bisnis Peternakan, Ilmu dan Teknologi Ternak serta Teknologi Hasil Ternak.Kita ulas satu satu yukk! Kita mulai dari Ilmu Nutisi dulu ya temen temen soalnya itu peminatan aku sekarang. Peminatan Nutrisi lebih ke penyusunan pakan yang baik, biasanya tuh kita penelitian dilaboratorium untuk mengukur kadar protein, serat, air, lignin, selosa, hemiselulosa dan banyak lain. Tujuannya itu semua diketahui adalah biar kita bisa menyusun pakan yang seimbang buat hewan ternak. Jadi, ternak kita ga kurus kurus lagi dehh, ditambah lagi dinutrisi biasanya kita juga bisa menghitung biaya pakan dimana biaya pakan ini penyumbang 60% dari total biaya produksi.

Pembangunan Bisnis Peternakan, kalau peminatan ini lebih ke pengaruh sosial dan ekonomi dari suatu usaha peternakan seperti menganalisis bagaimana suatu usaha ternak dapat maju dan memperoleh keuntungan yang besar. Ilmu dan Teknologi Ternak biasanya lebih ke sisitem pemeliharan tapi pemuliaa ternak juga di peminatan ini, pemuliaan itu proses perubahan genetik hewan sehingga nanti dihasilkan keturunan yang lebih baik. Teknologi Hasil Ternak, seru nih peminatannya karena biasanya pratikumnya masak masak dan boleh dimakan juga karena nanti sebelum suatu produk dapat dipasarkan maka perlu diuji kelayakannya dulu mulai dari warna, rasa hingga standar HACCP. Nah, seru kan kuliah di fakultas peternakan.

METAMORFOSA MIMPI

Fakultas ini penuh dengan kejutan, selama kuliah disini aku memperoleh 3 Juara ditingkat Nasional yakni Juara 2 Lomba Debat Nasional Fastweek, Juara 3 Lomba Debat Nasional UIN Sumatera Utara dan Juara 1 Lomba Bisnis Plan Nasional Universitas Udaya. Aku juga pernah tayang di Padang TV untuk membahas isu peternakan di sumatera barat serta beberapa kali aku jalan jalan ke luar provinsi menggunakan pesawat dengan menggunakan uang kampus (dikasih uang buat beli tiket pesawatnya, bukan uang pribadi). Kok bisa? Jawabannya sederhana, karena mimpiku sudah bermetamorfosa. Kamu boleh saja sedih karena tidak berhasil pada ujian pekan lalu atau bahkan gagal mendapatkan kampus impian seperti ku. Tapi kamu juga harus percaya akan ada mimpi baru yang membuatmu bercahaya.

TIPS SUKSES KULIAH DI PETERNAKAN UNIVERSITAS ANDALAS

Pertama, Ikut Organisasi

Ketika awal masuk kuliah yang paling aku kejar itu ikut organisasi. Kenapa? Karena organisasi banyak menawarkan peningkatan softskill yang bakal kamu perluin banget. Softsill itu sebuah kemampuan yang temen temen perlukan untuk bisa beradaptasi dengan tantangan kedepannya. Contoh softskill itu kayak kemampuan public speaking / berbicara di depan umum, nah loh siapa yang masih suka gemetar kalau ngomong depan banyak orang? Lewat organisasi kamu bisa buat mengembangkan kemampuan itu. Ada banyak lagi sih contoh softskill yang bisa diperoleh dari organisasi tapi kalau aku uraiin satu satu kayaknya ga bakalan cukup deh disini.

Kedua, Jangan Takut Gagal

Dulu waktu pertama kali belajar public speaking, aku diminta buat jadi MC di salah satu evet yang diselenggarakan oleh organisasi di Fakultas. Awalnya aku ga berani, tapi aku coba aja karena kita ga bakal tau kalau ga mencoba. Alhasil aku belajar 2 hari lebih buat bisa menghapal teks mc dengan baik, tapi ternyata waktu hari acara dan aku membuka acara. Aku malu banget, Aku salah menyebutkan nama pimpinan fakultas dan terpaksa aku diam sejenak lalu mengulanginya lagi. Aku gagal, aku malu tapi anehnya orang sekitarku tidak memarahiku malahan mengucapkan terimakasih karena aku sudah mau meluangkan waktu untuk menjadi MC. Dan mereka bilang kalau salah itu bisa yang penting jangan diulangi lagi.

Sejak saat itu aku tidak mau lagi mengulangi kesalahan yang sama, aku berusaha lebih keras hingga sampailah hari ini ketika ada kegiatan aku sering dipercayakan menjadi MC bahkan banyak menerima pujian dari banyak orang. Pokoknya kalau udah jadi mahasiswa, jangan takut mencoba.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

PROSPEK KERJA PETERNAKAN UNIVERSITAS ANDALAS

Pada umumnya mahasiswa fakultas peternakan didik bukan untuk menjadi seorang pekerja naun menjadi seorang wirausaha. Peternakan bagaikan sebuah peluang bisnis yang besar karena permintaan produk peternakan selalu meningkat seiring dengan pertambahan penduduk. Namun disamping itu masih ada peluang pekerjaan lain bagi alumni peternakan seperti bekerja di perusahaan peternakan, pernah denger brand japfa? Itu yang nugget, sosis dan produk lainnya yang sering kalian beli di supermarket. Japfa termasuk salah satu perusahan peternakan di Indonesia. Kita bisa bekerja di peruahaan peternakan di berbagai profesi seperti manager bagian produksi da pembibitan, tim pemasaran dan konsultan bisnis serta bagian analisis nutrsi dan penyusunan ransum. Pada bidangpemerintahan, kita bisa menjadi bagian Dinas Peternakan Daerah/Provinsi. Dan banyak lapangan pekerjaan lainnya yang saling bersingungan seperti ekonomi, kuliner dan lain lain.

HARAPAN SETELAH LULUS PETERNAKAN

Setelah taman kuliah saya ingin mendedikasikan diri saya untuk dapat bekerja sebagai seorang konsultan bisnis di salah satu perusahaan peternakan. Saat ini perusahan yang menjadi incaran saya yakni Great Giant Foods. Perusahaan ini memiliki banyak produk dari bahan dasar pertanian dan peternakan serta yang paling mnarik bagi saya dalah value dari perusahaan ini yakni mengembangkan masyarakat sekitar tempat kerja sebagi bentuk pertangungjawaban sosial kepada masyarakat. Selain bisnis, ada nilai sosial yang dibangun.

Mengenai cita cita saya, saya menyukai konsultas bisnis adalah karena saya menyukai komunikasi dan berinterkasi dengan banyak orang ditambah saya memiliki kemampuan dalam membaca puang maka saya rasa ini adalah profesi yang tidak hanya kan memberikan profit tetapi juga tantangan dan kebahagian bagi saya. Jikalau masih diberi kesempatan juga, saya ingin melanjutkan mimpi yang ayah saya titipkan pada saya, yakni melanjutkan pendidikan kejenjang S2. Kampus pilihan saya adalah Wagwningen University. Kampus ini berada di daerah Wageningen, belanda dan saya membaca beberapa tulisan bahwa culture di belanda tidak jauh berbeda dengan indonesia. Rasa saya itu hal yang menarik, dan wagneningan juga termasuk kampus ternama di bidang agriculture di dunia.

Kalau mau tanya tanya boleh banget, yuk dikolom komentar^^

Kode konten: X481

Komen dibawah! 1

  1. Zikri Indra Diarta

    keren kak, sangat menginspirasi, saya masih rada pesimis gitu, apalagi pandangan 1mata orang² terhadap jurusan peternakan, yang ujung-ujungnya saya mutar pikiran atau kata lainnya menyesal, tapi setelah membaca artikel yang kakak buat saya semakin yakin bahwa jalan yang saya pilih tidaklah salah ataupun miring, ini benar tergantung sudut pandang dan pemanfaatannya, terimakasih kak, hmm saya ada pertanyaan buat kakak nih, tolong jawab ya kak, dari keempat peminatan tadi mana yang peluangnya kerja di instansi pemerintahan kak?beserta alasannya ya kak, salam zikri dari Padang

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *